Begini Proses Membuat Disinfektan dengan Mudah di Rumah

Cara Membuat Disinfektan


Disinfektan, merupakan cairan berbahan kimia yang digunakan untuk menghancurkan mikroorganisme yang terdapat pada permukaan benda mati. Namun, tidak semua mikroorganisme dapat dihancurkan dengan disinfektan, karena beberapa kebal terhadapnya.

Banyak yang telah mengetahui bahwa disinfektan mampu mencegah perkembangbiakan virus Covid-19, namun beberapa masih belum mengetahui bahwa disinfektan sebenarnya bisa di buat dengan mudah di rumah dengan bahan-bahan pembersih yang biasanya Anda gunakan untuk membersihkan area dalam dan juga luar rumah.

Selain dapat membersihkan dan memberi kenyamanan, Anda juga pasti dapat menghemat lebih banyak uang. Hal ini sangat berbeda dibeberapa tahun ke belakang disaat pandemi baru mewabah, disinfektan sangat sulit didapatkan, bahkan bisa dijual dengan harga yang cukup mahal.

Namun saat ini, Anda justru bisa membuat disinfektan sendiri. Pastikan ventilasi berjalan baik jika Anda membuat disinfektan di dalam rumah, dan akan lebih baik lagi jika proses pembuatan disinfektan dilakukan di luar ruangan, supaya lebih aman. Begini proses membuat disinfektan dengan benar dan tepat, agar Anda bisa langsung mempraktekannya di rumah untuk kenyamanan dan keamanan keluarga, antara lain:

- Cairan pemutih pakaian dituang dalam botol semprot

- Campurkan dengan air bersih

- Tutup rapat botol semprot, kemudian kocok perlahan hingga tercampur

- Disinfektan siap digunakan!

Setelah selesai membuat disinfektan secara mandiri, sekarang Anda pun perlu mengetahui cara penggunaan disinfektan yang tepat, berikut yang patut dicatat:

- Gunakan sarung tangan sekali pakai, hal ini dilakukan agar terhindar dari iritasi pada kulit

- Bersihkan terlebih dahulu permukaan benda mati yang sering kali disentuh, seperti gagang pintu, meja, sakelar lampu, dll, dengan sabun dan air bersih, kemudian semprot disinfektan

- Setelah semuanya sudah bersih, lepaskan sarung tangan dan buang ditempat yang benar, kemudian cuci bersih tangan dengan sabun pada air mengalir setidaknya selama 20 detik

Lakukan langkah-langkah pembersihan secara rutin di dalam dan di luar rumah supaya terhindar dari penularan virus.

Fungsi disinfektan yang dapat mencegah penyebaran virus, namun bukan berarti Anda dapat menggunakannya dengan bebas. Ada beberapa hal penting yang tidak boleh dilakukan saat atau setelah menggunakan disinfektan, antara lain:

- Hindari cairan disinfektan mengenai area kulit dan bagian yang terbuka seperti pada mata, hidung dan mulut

- Jauhkan dari jangkauan anak-anak, segalka jenis makanan dan minuman

- Simpan disinfektan pada suhu ruangan antara 20-22°C

- Beberapa kuman dapat kebal dari disinfektan, sebaiknya tetap waspada dan rutin membersihkan diri, terlebih sesaat setelah dari luar rumah.

Membiasakan diri untuk membersihkan segala sesuatu, memang sudah sepatutnya dimulai dari diri sendiri, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir serta memperhatikan kebersihan permukaan benda mati yang sering kali disentuh.

Sekalipun masa pandemi ini sudah diperbolehkan melepas masker dan beraktivitas secara normal, tetap saja Anda harus menjaga kebersihan diri serta waspada terhadap berbagai penyakit yang mungkin menyerang. Karena, ada banyak jenis virus yang dapat mengancam kesehatan diri yang tidak hanya berasal dari ruang terbuka saja, namun dapatpula bersumber dari ruangan tertutup.

Silakan berbagi informasi ini kepada siapa saja, baik di  media sosial atau di mananpun, agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui bahwa membuat disinfektan itu sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat. Salam sehat selalu.



Post a Comment

0 Comments