Jangan Biarkan Forklift Elektrik Anda Menggunakan Baterai Selain Baterai Enelore Lithium Ion

Jangan Biarkan Forklift Elektrik Anda Menggunakan Baterai Selain Baterai Enelore Lithium Ion


Seberapa penting sebenarnya penggunaan baterai enelore lithium ion untuk forklift elektrik? Sepanjang pengalaman saya, forklift elektrik membutuhkan baterai lithium-ion untuk kegiatan operasi berukuran sedang hingga besar. Terlebih jika forklift tersebut harus menjalankan beberapa shift. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa harga baterai jenis ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan baterai timbal-asam. Namun, jenis baterai ini menawarkan banyak manfaat, terutama penghematan biaya dalam jangka panjang.

Manfaat Baterai Enelore Lithium Ion Untuk Forklift Elektrik

Manfaat utama dari jenis baterai ini adalah durabilitasnya yang mencapai kurang lebih 36 bulan. Terlebih penggunaannya 40% lebih hemat energi dibandingkan baterai timbal-asam. Yang tak kalah penting adalah efisiensinya yang jauh di atas diesel. Intinya, jenis baterai ini didesain untuk bertahan lebih lama, dimana hal ini menjadikannya sebagai alternatif.

Seringnya mengganti baterai tentunya tidak hemat biaya dan membuang waktu operator atau teknisi. Selain itu, baterai enelore lithium ion untuk forklift elektrik dapat menahan suhu yang sangat rendah tanpa gagal. Maka tak heran, jika baterai ini sangat ideal untuk aplikasi di luar ruangan.

Saya sudah sering sekali mengamati kinerja baterai asam timbal yang sebelumnya menjadi jenis baterai yang paling umum digunakan. Teknologi ini sudah ada sejak abad 19 dan disebut wet cell battery. Beberapa forklift juga menggunakan baterai asam timbal, karena harganya relatif murah.

Baterai Enelore Lithium Ion

Baterai asam timbal ini terdiri dari pelat timbal yang direndam dalam larutan elektrolit dan menghasilkan listrik melalui reaksi elektrokimia antara pelat timbal dan campuran asam sulfat 30 hingga 50% dan air suling.

Pengisian daya juga cenderung lebih lama, yaitu 6 hingga 8 jam, di mana pengisian manual dilakukan setelah shift terakhir dengan arus rendah hingga terisi 100%. Pengisian daya yang lama ini masih harus diikuti dengan pendinginan selama 6 hingga 8 jam sebelum baterai digunakan kembali. Hal ini tentu tidak efisien dan sangat membuang waktu. Terlebih, baterai forklift asam timbal ini memiliki umur yang lebih pendek yakni tidak lebih dari 5 tahun.

Berbeda dengan baterai enelore lithium ion yang kini telah menjadi pilihan utama para manufaktur forklift modern. Baterai jenis ini semakin banyak digunakan secara luas di perangkat elektronik konsumen dalam beberapa dekade terakhir.

Baterai lithium-ion terdiri dari katoda, elektrolit (lithium), anoda, pemisah, dan 2 pengumpul arus (positif dan negatif). Berbagai bahan kimia terjadi pada baterai lithium-ion, di mana yang paling populer untuk forklift adalah lithium besi fosfat untuk menghasilkan energi listrik. Sementara anoda dan katoda menyimpan lithium.

Ketika baterai lithium-ion habis, elektrolit bergerak dari anoda ke katoda melalui pemisah yang membawa ion lithium bermuatan positif dari anoda ke katoda. Saat baterai sedang diisi, cairan elektrolit bergerak dari katoda ke anoda melalui pemisah, membawa ion lithium bermuatan negatif. Baterai lithium-ion mudah diisi melalui pengisian daya karena pengisiannya cepat. Pengisian ini menggunakan charger khusus dengan arus tinggi untuk mengisi baterai dengan cepat.

Opportunity charging dapat dilakukan berdasarkan kebutuhan atau saat yang paling nyaman, membuat baterai lithium-ion lebih efisien. Jika dirawat dengan baik, baterai forklift lithium-ion akan bertahan hingga 3.000 siklus atau 10 tahun dengan 300 hari kerja setiap tahunnya.

Forklift Listrik Perlu Baterai Enelore Berbasis Lithium-ion

Baterai Enelore Lithium Ion


Sejauh ini, saya melihat bahwa forklift listrik terbaru, terutama dari pabrikan Toyota yang sudah terkenal reputasinya itu, dapat menjamin peningkatan produktivitas. Waktu pengisian daya yang singkat tentu dapat mempercepat proses produksi. Hanya butuh waktu tak lebih dari dua jam, supaya forklift dapat langsung dipakai kembali. 

Manfaat terbesar dari baterai forklift lithium-ion adalah dapat meningkatkan runtime secara dramatis. Dibandingkan dengan kurva pelepasan linear baterai timbal-asam, kurva pelepasan baterai lithium-forklift jauh lebih datar.

Artinya, voltase pada terminal baterai berubah sangat sedikit dengan rentang pengoperasian yang luas. Dengan demikian, baterai menahan lebih banyak daya meskipun daya hampir habis.

Yang tak kalah penting adalah perawatan baterai yang tidak terlalu membuang waktu dan tenaga. Saya sempat mengalami momen dimana baterai timbal-asam pada forklift yang tidak di cek secara berkala. Saat itu, baterai mengalami sulfasi baterai, dimana air suling tidak diisi secara teratur. Hal ini tidak perlu dilakukan dengan baterai enelore lithium ion.

Baterai Enelore Lithium Ion

Mengapa demikian? Karena, jenis baterai ini dilengkapi dengan sel tertutup, sehingga pengguna tidak repot dengan proses pengisian air suling. Baterai Li-ion dapat tetap berada di dalam forklift lebih lama. Tidak hanya itu, jenis baterai ini tidak menghasilkan emisi yang berbahaya, terutama untuk jenis industri tertentu.

Gunakan Baterai Enelore Lithium-Ion untuk forklift elektrik Anda. Dapatkan seri 8FBN25 yang hanya ada di PT Traktor Nusantara. Sebagai distributor tunggal Toyota, PT Traknus menjamin keaslian jenis baterai ini sekaligus garansi resmi dari Toyota.

Jangan ragu menghubungi Traknus Contact Center di 1500-072 atau chat WA di 0815-1106-1974. Saya menjamin bahwa Anda tidak akan salah pilih dengan semua produk yang ada di PT Traktor Nusantara. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

71 Comments

  1. Banyak sekali manfaat pengunaan baterai enelore lithium ion untuk forklift elektrik ini ya, Mbak. Durasinya sampai 36 bulan. Terus chas batterainya cepat 6-8 jam. Jadi tidak bisa sekali lamngsung digunakansaat pergantian shif. Yang paling penting, baterai ini ramah lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Dan saya pun baru mengetahui bahwa forklift elektrik ini menggunakan baterai enelore lithium.

      Delete
    2. Saya Mas-mas yah, Pak, hehe.. Betul sekali, Baterai enelore lithium ion ini leboh tahan lama dibanding asam timbal. Jadi lebih hemat juga.

      Delete
  2. wah... masa pakainya sampai 3000 siklus. 10 tahun itu cukup panjang sih emang buat pemakaian baterai. Nggak salah kalau manufaktur pilih baterai ini untuk operasional forklift nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 tahun sudah satu dasawarsa. Itu masa yang cukup panjang untuk sebuah alat. Keren deh.

      Delete
    2. Yup.. Itulah keunggulan baterai enelore lithium ion ini.

      Delete
    3. Selama itu jangka pakainya dan lebih sedikit waktu pengecasan ya. Jadi bisa lebih optimal kinerjanya.

      Delete
  3. Forklift ini alat untuk mindahin barang kayak yang sering ada di supermarket itu kan? Ternyata ada yang ngidupinnya pakai batere, salah satunya jenis enelore lithium ion. Baru tahu berkat artikel ini.

    ReplyDelete
  4. Kalau sudah urusan baterai Forklift jangan sampai salah pilih. Harus ke yang ahli. Apalagi digunakan sebagai pesawat angkat angkut. Komponen baterai penting banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pilih yang memang sesuai dan rekomended ya, Mas. Termasuk tidak salah pilih jenisnya yaitu enelore lithium ion.

      Delete
    2. Benar sekali, Mas. baterai enelore lithium ion memang sudah teruji keunggulan.

      Delete
  5. Boleh juga nih saya sarankan ke perusahaan buat beli baterai Enelore Lithium Ion untuk forklif elektriknya.

    Kebetulan di tempat kerja saya ada forklift elektrik untuk angkat-angkat beban berat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap tuh, Kak. lumayan bisa hemat banyak kan. ketimbang yang kudu gonta-ganti baterai.

      Delete
    2. Silakan, Mbak. Karena keunggulan baterai enelore lithium ion untuk forklift elektrik sudah terjamin dan terpercaya dari PT Traknus.

      Delete
    3. Harus banget nih dipakai banyak perusahaan supaya efisien dan optimal.

      Delete
  6. Sebagai orang yang pernah kerja di perusahaan energi menggunakan baterai original untuk alat berat termasuk forklift memang wajib banget buat pakai yang asli, sedikit mahal tapi awet dan proses kerja tidak terganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, Mbak, karena kalau beli baterai yang murah, ujung-ujungnya boros. Bolak balik ganti.

      Delete
    2. Itu sebabnya baterai enelore lithium ion dipilih, karena langsung diproduksi oleh PT Traknus.

      Delete
  7. Wah ternyata baterai forklift lithium-ion bisa meningkatkan runtime ya. Selain itu perawatannya juga ngga membuang waktu dan tenaga. Harganya emang tinggi tapi lebih hemat kalo buat jangka panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang gak membuang waktu gini pastinya lebih praktis. Gak masalah dengan harganya yg penting bisa awet kedepannya. Setuju kak

      Delete
    2. Iya setuju kak, kalau aku prefer harga mahal tapi kualitas oke dan daya tahan lama. Daripada murah tapi cepat rusak

      Delete
    3. Sepakat! Karena kualitasnya terbaik.

      Delete
  8. aku baru tahu kalau ada forklift listrik. keren banget. ternyata emang penting ya pemilihan batre untuk forklift ini supaya bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak. Jadi lebih hemat pemakaian, namun juga harus terus dijaga perawatannya.

      Delete
  9. Wah Toyota juga, ternyata urusan seperti ini pun keren juga ya. Apalagi ada jaminan kualitas yang bagus untuk forklift ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Kak Fenni. Ternyata Toyota totalitas banget dalam dunia otomotif dan alat berat.

      Delete
    2. Bener, Mbak. Jadi orang-orang juga sudah tahu ya, hehe..

      Delete
  10. Forklift ternyata pakai baterai juga ya? Kirain full pakai listrik. Kalau baterai lithium-ion memang paling efisien dan bagus sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak aku juga baru tahuuu

      Delete
    2. Zaman teknologi sih, Mbak, jadi kudu ngikutin perkembangannya juga, hehe..

      Delete
  11. Harus direkomendasikan pada teman-teman yang sehari-harinya bekerja mengelola gudang dengan bantuan forklft untuk memindahkan palet barang. Baterainya kudu yang original.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, Mbak. Perusahaan dijamin lebih hemat pengeluaran.

      Delete
  12. Efisien bgt ya kak. Bs bertahan 36 bulan. Itu sekitar 3 thn loh. Baterainya badak bgt dah. Baru tahu loh ada namanya enelore. Kalo lithium ion sih emg udh sering denger krn sering dipake buat ponsel. Kyknya ini setingkat lagi lbh tggi dibanding li-ion deh. Emg keren nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya sih begitu ya, Kak. Tapi memang kualitasnya sudah terjamin, apalagi keluaran perusahaan Traknus ya.

      Delete
  13. Kalau sudah pake baterai lithium, pastinya sudah bisa mengurangi berat dari forklift itu sendiri. Kalau udah urusan baterai, karena sebagai sumber daya yang utama, harus mencari yahg betul-betul. Seperti enelore lithium ion yang siap menjadikan forklift bisa bekerja dengan performa yang optimal

    ReplyDelete
  14. Gilss tahannya sampe 36 bulan lhoo, itu lamaa banget dan termasuk hemat daya banget ngga sih? Aku juga baru ngeh soal enelore ini

    ReplyDelete
  15. Menggunakan batre litium ion yang disarankan, membuat mesin Forklift awet dan tahan lama juga yaaks. Apalagi daya tahannya lama. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Kak, Keunggulannya memang tiada duanya.

      Delete
  16. Ternyata alat berat begini menggunakan batere yaa..
    Sangat tidak ramah lingkungan sekali kalau cepat habis masa pakainya. Dengan mengandalkan baterai enelore lithium ion, kinerjanya makin optimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena ini yang mode elektrik, Kak. Jadi pemakaiannya pun bisa lebih hemat, asal tetap terawat.

      Delete
    2. Bener tuh Kak Lend. Jadi ikut mendukung kegiatan ramah lingkungan yah.

      Delete
  17. baterai enelore lithium ion, benar-benar baterai yang dirancang khusus dan canggih yaahh bisa lebih hemat serta banyak manfaat lainnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak, ngga heran yaa kalo pemakaiannya bisa jangka panjang.. ngga bolak balik isi daya hihi

      Delete
    2. Nggak kebayang sih kalo bi-bal isi daya, trus waktunya lama pula. Bisa berantakan kinerja alat berat.

      Delete
  18. baterai lithium banyak digunakan karena punya kelebihan ya kak, jadi lebih efisien dlm bekerja

    ReplyDelete
  19. Baterai enelore lithium ion bisa bertahan smpe 10tahun, sy kira forklift pake ada nya pake bahan bakar sollar aja loh kak. Ternyata yg pake baterai juga ada, keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengikuti perkembangan teknologi juga ini, Kak. hehe..

      Delete
    2. Sempet mikir gini juga dong akutuh. Ternyata di industri alat berat juga ada yg elektrik.

      Delete
  20. Aku baru tau nih forklift pake baterai. Udh kyk ponsel aja tuh. Emg li-ion mantap bgt buat brg elektronik. Tak terkecuali forklift. Apalagi ini sdh setingkat lbh tggu dr li-ion. Jd akan lbh aman dan ga gampang meleduk kl dicas lama2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Masa pakainya juga terbilang lebih lama dengan masa pengechargeran yang cuma sebentar.

      Delete
  21. wajib banget memang kalau pengen awet kita harus menggunakan baterai yang ori atau berkualitas apalagi untuk barang-barang yang kualitasnya bagus wajib pakai yang asli atau berkualitas apalagi alat-alat elektronik. termasuk juga alat-alat berat yang ada di perusahaan semacam forklift gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Kak. Keunggulan yang tiada duanya nih baterai enelore lithium ion.

      Delete
  22. Baru tau kakau Forklif pakai baterai Waah kalau begitu, meskipun baterainya beda harga, lebih baik pilih yang Lithium, mahal dikit tapi bisa lebih awet kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju untuk memilih batere yang awet dan bisa meningkatkan kinerja alat berat agar gak bolak-balik ganti batere. Jadi menghambat proses di dunia industri nanti.

      Delete
    2. Sebab memang sudah terpercaya dan berkualitas, Kak.

      Delete
    3. Bener., nih. Pokoknya sesuai kualitas dan udah terpercaya di industri alat berat.

      Delete
  23. Ini jenis baterai yang sering ada di barang elektronik ya. Jadi tahu banyak deh soal baterai lithium. Thanks infonya kak

    ReplyDelete
  24. Ini aman enggak sih buat mainan anak supaya awet?
    Maksudnya mainan mobil mobilan yang butuh daya banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalau itu sy juga kurang tau ya, kak. Boleh mungkin kontak PT Traknusnya, hehe..

      Delete
    2. Nah, aku sempet mikir gitu juga lho Mbak Ammah, xixixi..

      Delete
  25. Kak, mulanya saya kira Traknus tuh produksi mesin traktor aja lho atau buat support industri pertanian aja. Ternyata lini usahanya luas ya, kayak penyediaan forklift bahkan baterai forklift yang berkualitas aka tahan lama. Jadi nambah ilmu perbateraian dari sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Kak. PT Traknus mencakup penjualan alat berat dan tersedia pula baterai enelore lithium ion. Terima kasih.

      Delete
    2. Sama, nih. Ternyata juga menyediakan baterainya ya, salah satunya enelore lithium ion ini.

      Delete
  26. Iya betul, Kak. Traknus memang sudah dipercaya berbagai perusahaan alat berat.

    ReplyDelete

Silahkan Berikan komentar Anda pada artikel ini!