5+ Kelebihan WordPress Untuk Membuat Blog Anda Makin Keren

Kelebihan WordPress Untuk Membuat Blog

Kelebihan Menggunakan WordPress untuk membuat blog mungkin masih banyak yang belum tahu. Meskipun WordPress merupakan platform yang sudah banyak digunakan para blogger, namun beberapa di antaranya masih kurang mengetahui apa-apa saja kelebihan WordPress sehingga sangat mudah digunakan.

Terbukti, bahwa lebih dari 30 persen situs web di dunia dibuat dengan WordPress. Lantas, kenapa harus memilih WordPress untuk membuat blog? Dan, apa saja sebenarnya kelebihan WordPress untuk membuat blog?

Kelebihan WordPress Untuk Membuat Blog Anda Makin Keren

Sebagai platform gratis yang dirancang untuk membuat blog yang padahal dari awal kemunculannya, WordPress sama sekali bukan berfungsi sebagai pengembang sistem manajemen dalam sebuah konten website. Namun, saat ini, WordPress telah beralih dan telah digunakan oleh banyak perusahaan untuk mempercayakannya sebagai pembuat website terpercaya dengan banyak kelebihan yang dimiliki.

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki WordPress untuk membuat blog, di antaranya:

1. Harga Terjangkau

WordPress tentu saja dapat digunakan secara gratis. Namun, untuk membuatnya menjadi alamat situs blog yang unik, Anda perlu tambahkan hosting dan custom nama domain sesuai dengan yang Anda inginkan yang tersedia dipenyedia domain. Banyak penyedia layanan hosting murah tercepat yang bisa Anda andalkan. Dengan harga mulai dari Rp10.000 per bulannya untuk layanan hosting, dan mulai dari Rp14.000 per bulan untuk domainnya.

2. Sangat Cepat Terpasang

Kelebihan utama dari WordPress adalah, kecepatannya untuk langsung terhubung di server hosting. Dengan kata lain, proses instalasinya hanya membutuhkan waktu di bawah lima menit saja. Jadi, sangat memudahkan Webmaster untuk segera bekerja dalam waktu yang relatif singkat. Sehingga, tak ada yang namanya menunggu berhari-hari untuk langsung terkoneksi dengan server.

Bukan hanya proses instalasinya saja yang singkat, namun juga proses pembaharuannya yang bahkan cukup dengan sekali klik. Begitu pula saat melakukan pemasangan plugin dan juga tema.

3. Mobile Friendly dan Responsif

Selain memiliki fasilitas lengkap yang mencakup banyak tema yang dikelola oleh WordPress, semua desain temanya juga sangat responsif. Serta dibuat dengan mobile friendly, sehingga benar-benar mudah untuk digunakan tanpa harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu, bahkan hal semacam ini tidak memerlukan keahlian teknis, apalagi melakukan tambahan biaya supaya website terlihat nyaman digunakan sekalipun dalam versi mobile atau sesuai dengan ukuran layar.

4. Pasang Plugin dengan Mudah

WordPress telah menyediakan lebih dari 50.000 plugin gratis pada repository-nya. Atau, pilih plugin yang ditawarkan banyak developer-developer pihak ketiga, ada yang gratis, ada juga yang berbayar.

5. SEO Friendly

Membangun sebuah blog tidak lengkap rasanya jika tidak menerapkan konsep SEO agar mudah ditelusuri di mesin pencari. Maka dari itu, setelah berhasil memasang plugin, sistem akan langsung merespon dan menerapkan SEO dengan cukup baik. Atau dengan mengubah permalink di halaman blog post, kemudian melengkapi alt text gambar pada website.

6. Multifungsi dan Fleksibel

Oleh karena banyaknya plugin serta tema yang disuguhkan oleh CMS (Content Management System), maka Anda bukan hanya bisa membuat blog pribadi saja, melainkan juga bisa membuat toko online sederhana, profile company, hingga website e-commerce. Itu sebabnya, WordPress dapat digunakan untuk membuat situs website diberbagai skala, baik untuk pribadi atau membangun usaha.

7. Kustomisasi Super Mudah

Silakan pilih tema dan lakukan kustom sesuai dengan keinginan Anda yang dapat disesuaikan dengan dashboard. Tanpa mengedit HTML, Anda dapat dengan mudah megelola akun yang ada, seperti mengubah jenis tulisan, warna tulisan, dan model layout-nya. Melalui beberapa pengaturan, Anda juga dapat mengubah jenis bahasa. Atau, ingin mengubah tampilan template dengan yang premium, Anda bisa melakukan semuanya dengan mudah.

8. Sinkronkan dengan Berbagai Layanan

WordPress tidak hanya mudah digunakan dengan fitur bawaannya, namun juga sangat mudah untuk disinkronisasikan dengan berbagai layanan di luar fiturnya. Fungsinya agar WordPress dapat memperluas integrasi layanan.

Misalnya, agar mudah mengetahui performa sebuah website, mulai dari melihat pengunjung terbanyak pada halaman mana saja, wilayah mana yang sedang mengunjungi website Anda, hingga melihat berapa banyak pengunjung yang mengakses website Anda disaat itu juga, Anda bisa menggunakan layanan Google Analytics.

Sementara itu, terdapat juga layanan MailChimp yang berfungsi untuk membuat email newsletter, dan mengirimkannya secara otomatis.

9. Relatif Aman

Sejak dikenal sebagai CMS terpopuler, banyak terdengar kabar bahwa semakin riskan WordPress terkena serangan dari hacker. Hal itu sama sekali tidak benar. Karena, WordPress relatif aman dan menjamin para penggunanya terhindar dari serangan hacker. Kalaupun sempat terjadi hal yang demikian, maka semua itu adalah kesalahan dari pengguna yang menggunakan plugin atau template dari sumber yang kurang terpercaya.

Bagaimana, cukup banyakan bukan kelebihan WordPress untuk membuat blog? Jadi, sudah siapkah Anda memilih WordPress sebagai platform untuk membuat blog? Selamat mencoba dan memanfaatkan segala kelebihan yang telah tersedia di WordPress. Semoga dapat membantu. Silakan bagikan postingan ini ke media sosial Anda melalui tombol "Bagikan" di bawah. Semoga bermanfaat. Salam.

2 Comments

  1. Oh begitu ya. Kalau dibanding Blogger, wordpress lebih bagus kalau gitu. Ada pluginnya.

    ReplyDelete
  2. Pertanyaan, kok masih pakai Blogspot? Kenapa tidak diganti ke Wordpress saja.

    Saya dulu masih memakai blogspot untuk sebagian blog yang saya punya, tetapi sejak tahun kemarin, saya memutuskan memindahkan semua ke Wordpress Self Hosted.

    Kunci katanya sih menurut saya ada pada kata potensi pengembangan. Memakai Wordpress membuka jalan untuk berkembang lebih jauh dan tidak terbatas ala Blogspot.

    Bukan berarti blogspot jelek, tetapi disana ada keterbatasan yang menghambat sekali

    ReplyDelete

Yuk! Kasih komentar menarik tentang artikel ini, lalu bagikan ke media sosialmu dan jangan lupa kembali lagi ya.. (No Spam)