10 Tempat Wisata Domestik Paling Hits, Jangan Sampai Terlewat!

Tempat Wisata Domestik

Sebagai negara kepulauan terbesar pertama di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata domestik dengan pemandangan alam yang indah dan memesona, sehingga sayang sekali jika dilewatkan.

Tempat wisata domestik memang harus selalu didukung bukan hanya dari pemerintah namun juga masyarakat Indonesia sendiri. Sebab, tempat wisata domestik merupakan salah satu sektor yang mampu membangkitkan ekonomi Indonesia.

10 Tempat Wisata Domestik Paling Hits

Bukan hanya Pulau Bali yang memiliki sejuta pesona dan menjadi incaran banyak orang, termasuk dari mancanegara, akan tetapi ada banyak pilihan tempat wisata di Indonesia yang harus kamu kunjungi, paling tidak sekali seumur hidup.

Melansir dari Ashefanews, berikut 10 daftar tempat wisata domestik paling hits, antara lain:

1. Danau Toba (Sumatra Utara)

Danau Toba, Lake Toba

Terletak di Sumatra Utara, Danau Toba menjadi tempat wisata domestik paling populer, bahkan termasuk dalam destinasi super prioritas yang sedang dikembangkan di Indonesia. Danau Toba juga diklaim sebagai danau terbesar kedua di dunia dan terluas di Asia Tenggara.

Jika berkunjung ke Danau Toba, sempatkan pula berlayar ke Pulau Samosir. Karena di sana Anda bisa mengenal sejarah suku Batak sekaligus mengunjungi situs masa lalu dan melihat boneka kayu Sigale-gale yang memiliki kisah unik dibaliknya.

2. Tanjung Kelayang (Bangka Belitung)

Tanjung Kelayang Bangka Belitung

Bangka Belitung memiliki daya tarik mulai dari wisata kultural hingga bentangan alam yang memesona. Selain bisa melihat Museum Laskar Pelangi sekaligus replika SD Muhammadiyah Gantong, Anda juga bisa mengunjungi Tanjung Kelayang.

Sebagai pantai andalan yang dimiliki Belitung, Tanjung Kelayang memiliki perairan jernih dan disaat tertentu tempat wisata domestik satu ini akan disinggahi perahu yacht mancanegara untuk memeriahkan Sail Indonesia.

3. Pantai Mandalika (Nusa Tenggara Barat)

Pantai Mandalika Lombok

Pesona Pantai Mandalika sudah sangat dikenal hingga mancanegara. Apalagi, kawasan sirkuitnya pernah dijadikan sebagai venue Balapan MotoGP. Mandalika juga menjadi salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia, lho.

Sejak saat itu, tempat wisata domestik yang terletak di Pulau Lombok ini pun semakin menjadi favorit banyak kalangan. Di Pantai Mandalika Anda mencoba olahraga selancar, karena terdapat penyewaan papan selancar. Jangan lupa pula untuk mampir membeli oleh-oleh khas Lombok yang banyak dijajakan ditoko cendera mata di sekitar Mandalika.

4. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

Wakatobi

Tak kalah indah dengan pesona wisata didarat, Anda juga harus melihat keindahan pesona bawah laut Indonesia. Seperti tempat wisata Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara, yang memiliki luas sekitar 1,4 juta hektar, yang terdiri dari 900.000 hektar aneka warna batuan koral tropis dengan jutaan spesies lautnya.

Maka tak heran, jika Wakatobi terkenal dengan ekosistem karang lautnya yang kaya sekaligus memiliki spesies ikan terbanyak di dunia.

5. Pulau Morotai (Maluku Utara)

Morotai

Mendapat julukan "Mutiara di bibir Pasifik", Pulau Morotai di Maluku Utara ini berlokasi tepat di utara Pulau Halmahera. Memiliki alam bawah laut tak kalah indah dengan Wakatobi, tempat wisata domestik di kawasan timur Indonesia ini harus masuk daftar liburan Anda.

Tak hanya wisatawan domestik, turis mancanegara pun tidak ingin melewatkan kegiatan menyelam di Pulau Morotai. Menariknya, kawasan Morotai pernah dijadikan basis pertahanan udara antara Jepang dan Amerika. Oleh sebab itulah, Morotai memiliki artefak sejarah era Perang Dunia II yang disimpan dengan apik.

6. Trio Gili (Lombok)


Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno

Memiliki pesona alam tak kalah indah dari Pulau Dewata, Trio Gili merupakan tiga pulau cantik yang berada di Lombok. Ada Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yang mampu menjadi daya tarik tak hanya wisatawan dalam negeri, namun juga mancanegara.

Dari ketiga gili tersebut, popularitas Gili Trawangan bisa dibilang lebih unggul, karena memang sudah banyak pembangunan, mulai dari penginapan, kafe hingga bar, serta memiliki ukuran lebih luas dari pada kedua gili lainnya.

Di Gili Trawangan, Anda bisa melakukan beragam kegiatan, seperti berjemur, berenang, menyelam, snorkeling hingga menyewa sepeda atau menaiki Cidomo kendaraan khas Lombok untuk mengelilingi pulau.

Sementara itu, di Gili Air dan Gili Meno, Anda juga bisa melakukan aktivitas yang sama seperti di Gili Trawangan, hanya saja suasana di kedua gili tersebut cenderung lebih sepi, sehingga sangat cocok untuk Anda yang menginginkan ketenangan dan lepas sejenak dari keramaian.

7. Raja Ampat (Papua)

Raja Ampat

Menjadi tempat wisata domestik paling hits selanjutnya ada Raja Ampat yang merupakan deretan pulau-pulau kecil di Papua, sebut saja Batanta, Misool, Waigeo dan Salawati.

Daya tarik Raja Ampat yang terkenal adalah alam bawah lautnya yang amat indah dan memesona. Bahkan, telah diklaim menjadi spot snorkeling dan menyelam terbaik di dunia. Selain itu, dilansir dari The Nature Conservancy, terdapat 75 persen biota laut dunia berada di kawasan perairan Raja Ampat. Untuk waktu menyelam terbaik di Raja Ampat adalah pada bulan Oktober dan November, karena kondisi perairan dan cuacanya ideal.

Selain menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat, Anda juga dapat menjelajah daratan di pulau-pulau tersebut dengan menggunakan jasa pemandu trekking. Anda juga bisa membeli beragam cendera mata khas Raja Ampat seperti alat musik tradisional atau patung suku Asmat.

8. Borobudur (Jawa Tengah)

Candi Borobudur

Jika berkunjung ke Jawa Tengah, Anda diwajibkan mampir ke salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1991 ini. Sebagai candi Buddha terbesar di dunia, dan juga Destinasi Super Prioritas Indonesia, Candi Borobudur tak pernah sepi pengunjung, karena memiliki daya tarik melalui stupa dan patungnya serta keindahan alam sekitar yang sayang bila dilewatkan.

Pada waktu tertentu pula, kawasan Candi Borobudur akan tampak luar biasa, karena menghadirkan rangkaian ritual umat Buddha dengan acara puncak pelepasan lampion ke udara.

9. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur)

Labuan Bajo

Menjadi satu dari lima Destinasi Super Prioritas, Labuan Bajo harus masuk daftar tempat wisata domestik selanjutnya. Terletak di sebelah barat Pulau Flores sekaligus merupakan gerbang masuk menuju Taman Nasional Komodo.

Labuan Bajo juga memiliki alam bawah laut yang indah. Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling, menyelam, berenang, berlayar, atau sekadar bersantai menikmati bentangan alam nan indah lagi memesona.

10. Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur)

Bromo Tengger Semeru

Indonesia menjadi negara kepulauan yang juga memiliki tempat wisata domestik berupa pegunungan. Untuk Anda yang hobi mendaki, Bromo Tengger Semeru jangan sampai terlewat.

Terdapat pula pemandangan Danau Ranu Kumbolo yang berada pada ketinggian 2400 mdpl. Menjadi destinasi favorit para pendaki dalam dan luar negeri, Bromo Tengger Semeru beberapa kali menutup akses, karena harus mengalami pemulihan ekosistem. Cek informasi terupdate seputar pembaruan melalui situs resminya.

Kesepuluh tempat wisata domestik paling hits di atas bisa menjadi pilihan destinasi saat musim liburan tiba atau waktu terbaik lainnya. Mulai rencanakan, kumpulkan budget, dan jadwalkan keberangkatan.

Post a Comment

1 Comments

  1. Nggak bosan bosan aku ke Danau Toba. Indah banget, plus cuacanya yang sejuk sejuk gitu.

    ReplyDelete

Silahkan Berikan komentar Anda pada artikel ini!