Manfaat Bermain Game Online yang Sering Dianggap Remeh

Game Online

Bermain game seringkali dicap sebagai aktivitas yang tidak memiliki manfaat, terlebih bagi anak-anak, sehingga harus sangat dihindari. Padahal, anggapan itu tidaklah benar.

Karena sesungguhnya, bermain game online bisa sangat bermanfaat jika bijak memilih dan mengelola waktu bermainnya. Lantas, apa saja manfaat yang didapat dari bermain game online? Berikut penjelasannya.

Manfaat Bermain Game Online yang Sering Dianggap Remeh

Menurut data laporan dari Digital 2022 Global Statshot Report, bersama rilisan dari We Are Social dan Hootsuite, Indonesia berada diperingkat kedua dari 44 negara sebagai pengguna internet dengan kategori bermain game sebanyak 95,4% di berbagai perangkat seperti PC, VR, konsol serta streaming.

Berikut manfaat bermain game yang harus diketahui, antara lain:

1. Meningkatkan Keterampilan Membaca

Anak-anak dapat terdorong untuk meningkatkan kemampuan membacanya. Hal ini tentunya dapat menjadi motivasi bagi mereka dengan kesulitan membaca.

Saat bermain game, akan ada instruksi teks yang harus dibaca. Ini akan melatih keterampilan membaca dengan cara yang lebih menyenangkan.

2. Meningkatkan Keterampilan Visual-Spasial

Beberapa game dirancang dengan bentuk dunia virtual 3D. Hal tersebut mengharuskan anak-anak menavigasi tanpa petunjuk dari GPS.

Sama halnya saat meningkatkan kemampuan membaca, manfaat ini dapat meningkatkan keterampilan visual-spasial anak. Sehingga anak akan memiliki kemampuan dasar tentang pemahaman jarak dan ruang.

3. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Setiap game memiliki tantangan yang berbeda-beda. Seperti pada genre game puzzle bertema misteri, teka-teki atau membangun dan mengelola wilayah secara virtual.

Game tersebut akan membuat anak berkesempatan menghadapi masalah sekaligus mencari solusi sendiri. Beberapa penelitian pun mengungkap bahwa, genre game ini berkaitan erat dengan organisasi, perencanaan serta pemikiran fleksibel.

Walaupun demikian, masih belum ada fakta bahwa anak dengan kemampuan tersebut dapat mengaplikasikannya di dunia nyata.

4. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Dikehidupan nyata, beberapa anak tampak mengalami kesulitan saat menyesuaikan diri. Namun, melalui game, anak akan bisa dengan mudah mengenal dan terhubung bahkan menjadikanya tempat yang aman melalui cara-cara yang positif, kemudian menerapkannya ke dunia nyata.

Misalnya, menjadikannya sebagai topik awal saat berkenalan dengan teman sekolahnya. Sehingga hal tersebut dapat membuat daya tarik tersendiri bagi si anak dan dapat mengatasi permasalahan sosialisasi.

5. Menciptakan Kreativitas dan Imajinasi

Saat usia di bawah 5 tahun, anak akan senang berimajinasi melalui berbagai permainan yang dimiliki, seperti lego, atau mainan lainnya yang dapat menciptakan imajinasi dan kreativitas mereka.

Namun, saat usia remaja, anak tidak begitu berminat lagi dengan mainan tersebut. Sehingga, game online dapat menjadi alternatif untuk melanjutkan sekaligus semakin mengasah imajinasi dan kreativitasnya.

Hal ini pun dikuatkan dengan adanya penelitian, bahwa bermain game jenis ini dapat mendorong kreativitas anak, di mana anak akan menunjukkan keingintahuannya tentang apa pun.

Seperti mengajukan pertanyaan, menggambar bercerita hingga membuat semacam prediksi tentang suatu hal.

6. Meningkatkan Rasa Keberanian

Dalam beberapa genre game, seperti Toto Adventure pada situsnya https://totoadventuregames.online/, yang merupakan jenis game petualangan, di mana pemain akan menghadapi setiap tantangan yang muncul hingga akhirnya mendapatkan hadiah berupa harta karun.

Ini dapat diartikan bahwa game adventure dapat meningkatkan keberanian anak menghadapi tantangan di dunia nyata.

Klik disini untuk bermain game online Toto Adventure sebagai bagian dari upaya meningkatkan keberanian anak.

7. Peluang Karir di Dunia Game

Kalau dulu, seringkali orang tua melarang anak-anaknya bermain game online, apalagi sampai membuat anak lupa waktu dan mengabaikan apa pun di dunia ntyata.

Memang tidak salah, karena dulu masih belum ada wadah untuk gamers mengasah kemampuan gamingnya. Namun sekarang, gamers begitu dielu-elukan karena kemampuannya bermain game begitu dipuji banyak orang dan telah muncul banyak wadah bagi gamers hingga peluang karir yang bagus.

Dengan begitu, gamers dapat lebih terlihat profesional dan produktif, bahkan dapat menjadikannya sebagai profesi yang menjanjikan.

Manfaat bermain game online tentunya akan sangat membantu perkembangan potensi anak, sehingga anak dapat lebih berkembang dengan baik. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments