4 Tips Packing Muat Banyak Barang dan Tersusun Rapi

Tips Packing
Tips Packing Muat Banyak Barang dan Tersusun Rapi

Salah satu hal melelahkan jika ingin bepergian jauh terletak pada bagian packing atau proses pengemasan baju ke dalam koper. Terlebih jika ingin bepergian dalam waktu yang lama dan jauh. Contohnya ketika ingin berlibur ke luar negeri, banyak orang membawa pakaian beragam supaya mendapatkan hasil memuaskan ketika berfoto. Tidak hanya pakaian, aksesoris penunjang lainnya seperti tas, sepatu, bahkan topi juga menjadi barang bawaan wajib ketika berlibur atau travelling. 

Di samping itu, pembawaan barang yang terlalu banyak tentu akan membuat koper masuk ke dalam bagasi terdaftar. Meskipun memiliki barang bawaan yang dapat masuk ke bagasi lebih banyak dari yang dapat masuk ke kabin, tetapi kamu juga harus memperhatikan aturan bagasi pada setiap maskapai penerbangan. Sebab, setiap maskapai penerbangan seperti Super Air Jet akan menerapkan peraturan terkait jumlah bagasi yang ditampung dari setiap penumpang.

4 Tips Packing Muat Banyak Barang dan Tersusun Rapi

Untuk menghindari hal ini, sebenarnya kamu dapat mengakalinya dengan menata sebaik dan serapi mungkin semua isi koper kamu. Terkadang, seseorang membutuhkan koper tambahan lantaran penyusunan barang-barang di koper dilakukan secara tidak tepat. 

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara penyusunan barang ke dalam koper supaya muat banyak. Berikut ini beberapa tips packing supaya lebih rapi dan muat banyak.

1. Mengelompokkan setiap barang

Ini adalah kesalahan yang sering terjadi ketika proses pengemasan baju ke dalam koper. Pada saat ini, kamu harus memilih mana barang yang esensial atau tidak untuk kamu bawa. Jumlah baju yang kamu bawa dapat diminimalisir pada tahap ini. Sedikit tips sederhana, kamu dapat membawa baju dengan warna netral yang lebih banyak supaya dapat dipadupadankan dengan pakaian lainnya. 

Setelah selesai berurusan dengan baju, kelompokkan jenis barang yang akan kamu bawa. Seperti pakaian, make up, sepatu, peralatan mandi, dan lain sebagainya. Khusus untuk bagian peralatan mandi, make up, dan skincare, gunakanlah kantung terpisah yang anti air.

2. Menggulung rapi semua pakaian

Dibandingkan dengan melipat baju seperti menyimpan di dalam lemari pakaian, teknik pengemasan baju dengan cara menggulung akan lebih tepat. Teknik ini akan menghemat ruang di dalam koper kamu. Gulunglah dengan rapi setiap pakaian yang akan kamu bawa. Kamu dapat menggulungnya dengan ukuran sekecil mungkin.

Teknik seperti ini juga akan menjaga baju tetap rapi. Beberapa bahan pakaian seperti katun atau linen akan mudah kusut ketika dilipat dan disusun dengan cara menumpuknya. Maka cara seperti ini akan lebih rapi.

Jika kamu membawa baju dengan bahan satin yang lebih mudah kusut, dan barang lainnya seperti tas kulit yang mudah tergores, kamu dapat mengakalinya dengan melapisi permukaannya dengan kertas tisu. Trik packing ini juga dapat diterapkan untuk membagi pengelompokan pakaian berdasarkan jenis bahannya. Nantinya kertas tisu bisa diselipkan di antara kedua jenis bahan pakaian yang berbeda.

3. Menggunakan packing cubes

Tips packing berikutnya, setelah menggulung semua pakaian adalah menggunakan kotak kemasan atau packing cubes. Beberapa ada yang menyebutnya dengan pouch traveling, travel organizer, atau travel bag storage. Sebelum memasukan baju ke koper, kamu dapat memasukan terlebih dahulu semua abwang ke packing cubes ini. Tentunya kamu juga harus menyusunnya dengan rapi.

Penggunaan pouch travelling ini akan memuat lebih banyak baju. Baju juga akan tetap tersusun rapi dan kamu tidak perlu membongkar semua satu per satu ketika ingin mencarinya. Packing cubes ini juga akan memaksimalkan semua ruang yang ada di dalam koper kamu. 

Kotak penyimpanan barang ini biasanya dapat kamu temukan di toko-toko perlengkapan travelling. Selain itu, kamu juga dapat membelinya secara online di e-commerce seperti Traveloka.

4. Menyusun secara teratur

Ketika semua barang sudah kamu pilah dan kamu rapikan, tahap selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam koper. Tahap packing ini memang terlihat mudah dan sederhana, tetapi sebenarnya tidak dapat dilakukan sembarangan. Kamu perlu memerhatikan dengan teliti setiap barang yang akan kamu masukan ke dalam koper. 

Mulai dari barang yang paling besar, tebal, kecil, memakan ruang banyak atau sedikit, sampai posisi barang tersebut di dalam koper kamu. Hal yang perlu diperhatikan adalah kamu harus menghindari penyusunan barang dengan cara menumpuk barang tersebut. Hal ini nantikan akan membuat kamu kesulitan ketika ingin menggunakannya.

Sebagai gantikan, susun lah barang secara sejajar pada koper kamu. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan semua isi koper ketika sedang mencari barang tersebut. Metode ini juga akan bermanfaat bagi kamu ketika hendak menyimpannya lagi ke dalam koper. 

Itulah 4 tips yang dapat dilakukan untuk membantu kamu ketika proses packing. Cara-cara seperti di atas akan membantu kamu membawa banyak barang, tetapi tetap muat dan rapi ketika disusun di dalam koper.

Post a Comment

0 Comments