Tips Memilih Web Hosting Bagi Pemula, Jangan Asal Murah!

Tips Memilih Web Hosting, Web Hosting Murah, Web Hosting Terbaik


Tips memilih web hosting bagi pemula, sebenarnya tidak sulit dan bukan sekadar memilih yang murah, namun juga yang memberikan pelayanan terbaik. Karena terkadang, para pemula belum mengetahui tips tepat memilih web hosting murah.

Memilih web hosting murah harus sesuai dan memiliki kriteria seperti layanan terbaik, kecepatan, skalabilitas dan keamanan. Tips memilih web hosting berikut ini bisa dijadikan refernsi, agar tidak menyesal kemudian.

Tips Memilih Web Hosting Bagi Pemula

Memilih web hosting murah namun tidak murahan, karena memiliki kriteria yang tepat merupakan satu kunci terbaik bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis atau ingin membangun personal branding, berikut tips yang bisa Anda terapkan, antara lain:

1. Tentukan Jenis Website yang Sesuai

Memilih hosting yang tepat dan bukan hanya sekadar murah, namun juga harus sesuai dengan kebutuhan. Pastikan terlebih dahulu website seperti apa yang ingin Anda pilih. Misalnya, untuk personal, komunitas, perusahaan, bisnis, toko online, dan sebagainya.

Pada poin ini, Anda harus memikirkannya secara matang, sekaligus menentukan tujuan dibuatnya website tersebut. Karena, perlu Anda ketahui, bahwa masing-masing hosting memiliki karakter yang tidak sama antara satu dengan yang lain.

2. Menentukan Platform

Setelah memilih jenis website, langkah selanjutnya adalah menentukan platform yang akan digunakan. Misalnya saja ingin digunakan untuk ngeblog, Anda dapat memilih plarform yang umum digunakan blogger, yaitu WordPress.

Saat memilih platform, hosting dapat saja menyesuaikan. Namun, akan lebih baik jika hosting yang dipilih sudah termasuk dengan platformnya, agar performanya lebih maksimal.

3. Potensi Traffic Tinggi

Selanjutnya, pastikan potensi traffic yang dihasilkan tinggi, karena hal ini sangat penting untuk meningkatkan performa website Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan resource yang besar dan cepat, supaya website tidak mudah down.

Namun, Anda dapat menggunakan shared hosting dengan kapasitas kecil atau menengah, yang hanya digunakan sebagai penyimpanan protofolio, blog atau sekadar dokumentasi pribadi.

4. Membuat Konten Website dan Fitur yang Sesuai

Tips berikutnya, pastikan konten website dan fiturnya sesuai. Misalnya saja, apabila website hanya digunakan untuk dokementasi pribadi, lebih baik menggunakan fitur yang tidak terlalu banyak, namun juga tambahkan gambar, video, atau animasi, akan terlihat semakin menarik.

Sedangkan, jika website dibuat khusus untuk perusahaan, segala fiturnya harus lebih lengkap supaya mudah diakses dan tentunya menarik.

5. Pastikan Performa Hosting

Bukan hanya menyesuaikan konten dan fitur, memilih web hosting juga perlu memperhatikan kualitas performanya. Melalui langkah ini, Anda dapat memastikan fitur apa saja yang mendukung performa atau kinerja website Anda supaya lebih baik.

Bukan saja memastikan seberapa kecepatan serta sebaik apa keamanannya, akan tetapi memilih web hosting juga memerlukan performanya secara menyeluruh melalui semua aspek yang dimiliki. Misalnya saja jika Anda membuat website di Indonesia, maka lokasi servernya pun lebih baik berada di Indonesia pula.

Spesifikasi servernya pun jangan sampai terlewat. Pastikan semuanya terdapat pada data centre pada penyedia layanan tersebut. Anda juga dapat menghubungi customer service atau mail hosting, supaya mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap.

6. Sesuaikan Budget

Faktor lain terkaithosting adalah harganya. Pastikan memilih web hostin yang sesuai dengan budget Anda. Namun begitu, saat ini banyaknya paket web hosting murah yang tetap memberikan layanan terbaiknya.

Beberapa web hosting bahkan menawarkan promo. Segera cek dan ricek saja pada penyedia layanan web hosting yang telah Anda pilih. 

7. Cek Review Pengguna

Seperti pada e-Commerce, memilih layanan web hosting juga perlu melihat review pengguna atau pelanggan. Selain melihat langsung review pengguna pada layanan penyedia web hostingnya secara langsung, Anda juga dapat melihatnya dari Google My Business.

Tips memilih web hosting ternyata tidak sulit, kan? Anda bisa mencoba ke-tujuh tips di atas, supaya tidak salah pilih web hosting dan lebih efektif menjalankan website Anda ke depannya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments