Alasan Investasi Obligasi Pemerintah Cocok untuk Generasi Sandwich


Alasan Investasi Obligasi Pemerintah Cocok untuk Generasi Sandwich


Berinvestasi dengan Obligasi Pemerintah sangat cocok dipilih oleh generasi sandwich saat ini. Karena generasi sandwich seringkali menemukan banyak tantangan yang berkaitan dengan keuangan.

Sebagaimana bentuk dan tampilan roti sandwich pada umumnya, hampir semua generasi millenial terhimpit keadaan finansial keluarga dan pribadi. Sehingga kebutuhan dan pengeluaran semakin meningkat bahkan mendekati dua kali lipat lebih besar dari biasanya.

Bahkan, dampak negatif yang sering terjadi pada generasi sandwich seperti halnya terlilit utang bahkan hingga mengalami defisit keuangan. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah keuangan pada generasi sandwich bisa diatasi dengan cara berinvestasi menggunakan Obligasi Pemerintah.

Alasan Mengapa Generasi Sandwich Lebih Cocok Investasi Obligasi Negara

Ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui mengenai alasan mengapa generasi sandwich lebih cocok investasi SBN. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja alasan yang melatarbelakangi penggunaan investasi SBN (surat berharga negara) ataupun Obligasi Pemerintah.

1. Sebagai Bentuk Kontribusi dalam Pembangunan Negara

Alasan pertama penggunaan investasi Obligasi Pemerintah untuk generasi sandwich yaitu sebagai salah satu bentuk kontribusi dalam pembangunan negara. Sehingga pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan maupun program khusus.

Bahkan, semakin banyak investasi Obligasi Pemerintah yang diberikan oleh investor maka pemerintah bisa dengan memulihkan perekonomian masyarakat. Apalagi setelah negara mengalami ketidakstabilan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

2. Investasi dengan Risiko yang Relatif Rendah

Alasan kedua yang juga membuat investasi SBN cocok untuk generasi sandwich karena memiliki risiko yang relatif rendah. Hal tersebut terjadi karena investasi Obligasi memiliki pembayaran pokok serta kupon Obligasi yang dijamin oleh negara.

Ketentuan investasi SBN diatur pada Undang-undang nomor 24 tahun 2022 terkait surat utang negara. Sehingga setiap transaksi ketika berinvestasi lebih terjamin keamanannya. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan imbal hasil secara rutin setiap bulannya sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam kupon saat masa penawaran.

3. Fluktuasi Pasar yang Aman

Selanjutnya, alasan penggunaan investasi SBN untuk generasi sandwich dianggap cocok karena memiliki fluktuasi pasar yang aman. Kelebihan dari fluktuasi pasar yang aman akan membuat Anda terhindar dari risiko kerugian ataupun capital loss.

Oleh karena itu, generasi sandwich sangat cocok berinvestasi menggunakan SBN. Anda juga bisa melakukan hold terhadap kepemilikan SBN hingga waktu jatuh tempo tiba untuk menghindari risiko fluktuasi pasar.

4. Memiliki Penawaran Imbal Hasil yang Menarik

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan investasi Obligasi Pemerintah untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih menarik. Bahkan, imbal hasil investasi Obligasi relatif lebih tinggi daripada investasi deposito.

Tidak hanya itu, berinvestasi menggunakan Obligasi juga akan memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dengan besaran tertentu. Sesuai dengan besaran kupon Obligasi dari setiap seri produk SBN. Nilai kupon (bunga) yang bisa Anda dapatkan juga disesuaikan dengan suku bunga Bank Indonesia (BI).

5. Memiliki Nilai Pajak yang Lebih Rendah

Alasan terakhir dari penggunaan investasi Obligasi karena memiliki nilai pajak yang lebih rendah. Besar nilai pajak yang perlu Anda bayarkan hanya sebesar 10 persen dari nilai kupon yang Anda terima.

Keunggulan Investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa generasi sandwich cocok berinvestasi SBN, Anda juga perlu mengetahui kelebihan investasi SBN di DBS Treasures. Berikut ini beberapa keunggulan DBS Treasures sebagai priority banking yang menyediakan investasi SBN.

1. Investasi yang Diterbitkan oleh Pemerintah

Keunggulan pertama yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi SBN di DBS Treasures yaitu lebih terpercaya dan terjamin keamanannya karena pilihan produk Obligasi diterbitkan oleh pemerintah. Bahkan, investasi yang satu ini dijamin dalam undang-undang.

2. Memiliki Beragam Pilihan dalam Berinvestasi

Selanjutnya, investasi SBN di DBS Treasures juga memiliki beragam pilihan yang dapat menyesuaikan keinginan dan kebutuhan Anda. Mulai dari jangka waktu investasi sampai jenis mata uang investasi seperti IDR dan USD.

3. Tersedia Kupon Reguler

Keunggulan ketiga yang juga bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi SBN di DBS Treasures yaitu ketersediaan kupon reguler. Anda bisa mendapatkan pendapatan reguler yang akan diberikan secara berkala oleh pihak penerbit investasi.

4. Memiliki Potensi Capital Gain

Keunggulan lain yang juga bisa Anda dapatkan yaitu potensi capital gain dalam berinvestasi. Hal tersebut berlaku saat Anda menjual Obligasi yang dimiliki sebelum masa jatuh tempo. Keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan ketika terjadi kenaikan harga Obligasi.

5. Menyediakan Kupon yang Kompetitif

Selanjutnya, Anda juga bisa menemukan ketersediaan kupon kompetitif dengan investasi SBN di DBS Treasures. Bahkan, tingkat kupon kompetitif memiliki nilai relatif di atas rata-rata investasi deposito berjangka.

6. Tidak Ada Biaya Tambahan dalam Investasi SBN

Kemudian, Anda juga bisa berinvestasi tanpa perlu membayar biaya tambahan lainnya. Sehingga Anda hanya akan menemukan selisih harga jual dan beli aset SBN atau seringkali disebut sebagai bid dan offer.

7. Transaksi Seharian Penuh selama 24/7

Terakhir, Anda juga bisa melakukan investasi seharian penuh selama 24/7 dengan menggunakan DBS Treasures. Hal tersebut terjadi karena Anda bisa melakukan transaksi jual beli di Aplikasi digibank by DBS.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menggunakan investasi SBN untuk menghindari beberapa masalah finansial yang seringkali terjadi pada generasi sandwich? Demikian ulasan singkat mengenai alasan agar yakin berinvestasi Obligasi Pemerintah dengan DBS Treasures untuk generasi sandwich, semoga bermanfaat.


Post a Comment

2 Comments

Silahkan Berikan komentar Anda pada artikel ini!