5 Tips Anti Ribet Maksimalkan Bunga Tabungan

Menabung dengan bunga maksimal



Menabung menjadi salah satu hal sulit untuk dilakukan bila tidak memiliki tujuan serta niat yang jelas. Lebih-lebih ada berbagai macam hal yang harus dibeli ketika menabung seperti tetap harus memenuhi kebutuhan hingga harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menutupi biaya yang tidak terduga. 


Jika sudah menjadi sebuah kebiasaan, menabung bisa menjadi hal yang sangat mudah. Bahkan, dengan menyiapkan strategi serta rencana yang pas, kamu bisa memaksimalkan bunga tabungan yang diperoleh sekaligus memenuhi semua keinginan. 


Kesalahan Mengelola Bunga Tabungan Bank



Mungkin kamu sering merasa jika bunga tabungan yang diperoleh tidak bisa maksimal. Bahkan muncul perasaan jika uang tabungan tidak pernah terkumpul, malah bunga terus berkurang dan akhirnya habis.


Sebenarnya, ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan saat seseorang mengelola tabungan, seperti:

1. Hanya mengandalkan uang sisa


Bila kamu terlalu mengandalkan uang sisa penghasilan untuk ditabung, ini berarti kamu tidak mempunyai perencanaan yang baik saat mengelola tabungan. Biasanya, kasus ini dialami oleh mereka yang menerima penghasilan dengan bentuk tunai. 

Orang yang membawa uang dalam jumlah banyak dengan bentuk tunai akan mudah tergoda membelanjakannya. Oleh sebab itu hindari membawa banyak uang tunai, setelah kamu menerima gaji tunai, kamu bisa langsung memasukkannya dalam tabungan. 

2. Hanya mengandalkan satu rekening


Mempunyai satu rekening dan mencampurkan uang simpanan untuk memenuhi seluruh kebutuhan bukanlah hal yang baik. Jika hal ini dilakukan, kamu akan sulit membedakan mana uang yang boleh dibelanjakan dan mana uang yang tidak boleh dibelanjakan. 

Jika hal ini dilakukan, kamu bisa mengeluarkan uang tanpa sadar dan akhirnya bunga tabungan yang akan merangkak naik malah terus mengalami penurunan. Sebenarnya tidak ada salahnya memiliki 2 atau 3 rekening tabungan. 

3. Menggunakan kartu kredit secara asal


Kartu kredit adalah metode pembayaran yang umum dipergunakan sebagian orang. Dengan menggunakan kartu kredit, kita tidak perlu repot membawa uang tunai. Sayangnya tidak sedikit orang yang menjadikan kartu ini sebagai metode pembayaran utama.

Tidak bisa mengelola kartu kredit dengan bijak hingga akhirnya tagihan menjadi membengkak. Kebiasaan ini akan menguras tabungan yang kamu miliki. Akan lebih baik jika menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak. 


Tips Agar Bunga Tabungan Lebih Maksimal



Agar bunga dari tabungan yang kamu dapatkan lebih maksimal, tentu saja dana di dalam tabunganmu juga harus ditingkatkan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tabungan menjadi lebih maksimal, antara lain:

- Tentukan tujuan serta prioritas menabung


Setiap orang memiliki tujuan menabung yang berbeda-beda. 
Ada orang yang ingin menabung untuk memenuhi biaya pernikahan, membeli rumah, biaya pendidikan dan yang lainnya. Jika kamu bisa menentukan tujuan awal, kamu dapat mengukur waktu serta jumlah dana yang harus disisihkan. 


Nominal yang harus kamu sisihkan juga harus sesuai dengan pendapatan yang kamu miliki setiap bulannya, sehingga dana tersebut dapat dibagi dengan porsi sesuai. Selain itu tujuan menabung juga bisa kamu bagi dalam beberapa kategori yakni jangka pendek, menengah serta panjang. 


- Batasi pengeluaran yang dilakukan


Agar bunga tabungan bisa lebih maksimal lagi, kamu juga harus membatasi pengeluaran yang dilakukan. Pasti ada waktu ketika kamu ingin membeli sesuatu namun bukan dilakukan karena kebutuhan, tetapi karena keinginan. 


Sebenarnya, hal ini tidak masalah, hitung-hitung dilakukan sebagai self reward, tetapi jika dilakukan secara terus menerus, malah akan menjadi boomerang dan akan membuatmu menjadi lebih boros. Bila pengeluaran jauh lebih besar dibandingkan dengan pemasukan, kamu tidak bisa menabung namun malah berhutang. 

- Gunakan sistem autodebet


Salah satu cara untuk memaksimalkan tabungan ialah membuka tabungan dengan sistem autodebet. Sehingga tabungan akan secara otomatis disetorkan dari rekening induk. Dengan cara ini, kamu bisa menabung dengan disiplin. 

- Beri hadiah kecil pada diri sendiri ketika bisa menabung



Apakah kamu terlalu sulit menyisihkan uang? Jika demikian, kamu bisa memberi hadiah kecil untuk dirimu ketika sudah bisa menabung. Contohnya saja selama satu bulan kamu menghemat uang makan dengan membawa bekal ke kantor. 

Kamu bisa menjadikannya sebagai kebiasaan, uang hasil berhemat ini sebagian bisa ditabung sebagian bisa kamu belikan keinginanmu seperti skincare atau baju baru. 

- Pisahkan rekening tabungan serta pengeluaran


Memisahkan rekening serta pengeluaran menjadi hal yang wajib dilakukan. Dengan cara ini, kamu juga bisa memprediksi sebenarnya berapa uang yang keluar. Kamu juga bisa mengetahui dengan baik uang tersebut digunakan untuk apa saja. 


Buka Tabungan Mudah Hanya Menggunakan Sidik Jari



Jika sekarang ini kamu hanya memiliki satu tabungan, kamu dapat buka rekening bank online untuk memisahkan pengeluaranmu. Salah satu rekomendasi tabungan yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan adalah Tabungan digibank by DBS. 


Aplikasi digibank by DBS bukan hanya memberikan bunga tabungan yang kompetitif, berikut berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan, seperti:

- Buka rekening tanpa perlu pergi ke bank


- Buka rekening bank online tanpa perlu mengantri panjang serta mengisi dokumen yang berlembar-lembar. Kamu hanya perlu men-download Aplikasi digibank by DBS, kemudian mengisi data diri serta verifikasi sidik jari. Lima menit proses, kamu sudah bisa mendapatkan rekening tabungan baru yang diinginkan. 

- Hanya membutuhkan e-KTP serta sidik jari


Karena buka rekening bank online, proses pembukaan rekening bank hanya memerlukan e-KTP serta sidik jari, kamu tidak perlu menyiapkan data apapun lagi.

- Gratis transfer serta tarik tunai


Tidak perlu antri serta repot memilih ATM untuk mengambil uang, kamu dapat memilih tarik tunai dari ATM bank mana saja hanya dengan minimal saldo rata-rata 1 juta rupiah per bulan. 


Dengan berbagai keuntungan di atas, bunga tabungan yang akan kamu dapatkan bisa menjadi semakin maksimal. Tunggu apalagi? Install Aplikasi digibank by DBS sekarang juga dan nikmati keuntungannya!

Post a Comment

0 Comments

Promo Tour Bali Murah