8 Langkah Jitu Membangun Bisnis Startup, Wajib Catat!

8 Langkah Jitu Membangun Bisnis Startup, Wajib Catat!

Tren bisnis startup beberapa tahun ini menjadi perbincangan hangat, seolah menuntut para usahawan untuk berkembang mengikuti zaman. Semua berawal dari beberapa kisah sukses startup lokal seperti Gojek, Tokopedia, BukaLapak, dll, yang statusnya sekarang sudah unicorn.


Beberapa orang sebenarnya masih rancu dengan pengertian startup. Namun yang paling benar adalah, startup merupakan sebuah istilah perusahaan rintisan yang baru didirikan atau pada fase pengembangan. Startup yang lahir dari ide brilian, di mana sang pendiri memiliki visi memberikan solusi agar bisnis semakin berkembang.


Startup biasanya dipelopori oleh anak-anak muda dengan idealisme tinggi, tapi belum berpengalaman dalam mengelola usaha. Maka dari itu, startup sering kali diremehkan bahkan dipandang sebelah mata. Padahal, jika memulainya dengan dasar-dasar yang harus dilakukan, model bisnis dan target pasar yang tepat, bisnis startup juga dapat sukses.


8 Langkah Jitu Membangun Bisnis Startup, Wajib Catat!


Berikut ini adalah langkah jitu membangun bisns startup yang bisa Anda terapkan, catat ya!


1. Memantapkan Ide


Ide bisnis bisa ditemukan kapan saja. Yang jadi permasalahan biasanya adalah proses dalam memulainya. Mencoba mengomunikasikan solusi seperti apa yang bisa menyelesaikan masalah tersebut. Setelah berhasil, maka ide bisnis yang tersebut dapat segera dieksekusi.


2. Perencanaan Bisnis


Setelah ide bisnis sudah siap dieksekusi, selanjutnya adalah menjabarkan seperti apa tujuan yang akan dicapai, serta tahapan waktu hingga ke depannya. Berusahalah agar setiap rencana dijadwalkan dan dilaksanakan dengan tersusun dan rapi.


3. Riset Pasar


Dalam bisnis apapun, pastikan untuk selalu meriset pasar terlebih dulu. Hindari mengandalkan insting atau sekadar opini semata. Pikirkan dulu komposisi dan teliti dalam setiap potensi yang ada. Target media sosial yang tepat, sehingga Anda mengetahui apa yang pengguna inginkan.


4. Pentingnya Memiliki Wawasan Seputar Teknologi


Teknologi memang selalu dikaitkan dengan perkembangan startup. Maka dari itu, setidaknya Anda harus memiliki wawasan dasar seputar teknologi. Hal ini menjadi sifat yang mutlak, karena jika tertinggal dan belum paham teknologi, maka startup yang dirintis tidak berjalan sebagaimana mestinya.


5. Orisinalitas


Banyaknya startup yang bermunculan, membuat otak harus bekerja lebih keras supaya startup yang Anda bangun bisa terlihat unik dan beda dari yang lain. Pikirkan yang benar-benar menarik pelanggan, maka dari itu orisinalitas sangat berpengaruh bagi kemajuan bisnis startup Anda.


6. Konsistensi


Memutuskan untuk memulai bisnis startup tidak boleh dilakukan setengah-setengah. Maka pentingnya membangun konsistensi untuk bertahan dan melakukan inovasi, membangun strategi baru, dan kreatifitas yang tak terbatas. Hal ini supaya menghindari rasa jenuh terhadap pengguna.

Apa yang semakin diminati, dipertahankan, dan apa yang kurang diminati, bisa lebih ditingkatkan dari sisi lain yang dirasa memang kurang menarik. Maka pengguna akan semakin mengenali karakteristik bisnis Anda.


7. Memperluas Jaringan Bisnis


Dalam menjalani bisnis apapun, pastinya ada sebuah proses yang menjadikannya bertahan hingga sekarang. Aapabila Anda berhasil membangun bisnis startup dalam waktu 6 bulan dan mencapai progress yang cukup baik, maka waktunya Anda dan tim dapat lebih memperluas jaringan bisnis. Lakukan secara bertahap, supaya terhindar dari risiko kerugianbesar dalam waktu yang bersamaan.


8. Mencari Talenta Digital Berkualitas


Membangun bisnis starup, tidak akan berjalan mulus tanpa didukung oleh talenta-talenta digital berkualitas. Setidaknya mereka memiliki dasar-dasar pengetahuan seputar dunia digital.


Siapkan Startup Anda Untuk Scale Up Bersama Startup Indonesia

Bersama Startup Indonesia, jadikan bisnis startup Anda untuk #GoTheExtraMiles. Melalui berbagai tahapan untuk menjadikan bisnis startup fokus pada strategi produk, tim yang handal, dan teknologi mengikuti zaman, kemampuan bisnis dan pemasaran yang maksimal.

Mengapa harus memilih Startup Indonesia?

Karena Startup Indonesia memiliki manfaat yang tidak main-main, di antaranya:

1. Coaching dan mentoring yang akan didapatkan secara daring selama tiga bulan.

2. Akses pembelajaran langsung dari para pakar produk, serta tech engineers handal di Indonesia.

3. Kurikulum mentoring yang didapatkan terkait pengemnangan strategi produk, teknologi, tim, serta keahlian bisnis yang handal dan siap scale up.

4. Terdapat 17 sesi mentoring secara bertahap untuk startup yang telah berpartisipasi.

5. Bebas dukungan ekuitas (equity-free).

6. Mendapatkan dukungan teknis dari para pakar industri serta mentoring personal.

Startup Indonesia telah diinisiasikan dalam dapat menjawab berbagai permasalahan sulit untuk mendapatkan sumber daya berkualitas guna memperoleh pengetahuan seputar pengembangan bisnis startup Anda. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Yuk! Kasih komentar menarik tentang artikel ini, lalu bagikan ke media sosialmu dan jangan lupa kembali lagi ya.. (No Spam)