Ingin Service Motor? Inilah Waktu yang Tepat, Jangan Sampai Telat!

service motor honda, service motor, waktu yang tepat service motor


Sepeda motor dipilih oleh sebagian besar masyarakat sebagai alat transportasi yang bisa mempercepat perjalanan. Karena bisa melewati jalan atau gang-gang sempit, sehingga lebih cepat sampai ketujuan. Apalagi, keadaan jalanan di kota-kota besar sering mengalami kemacetan, sepeda motor bisa jadi sangat membantu.


Oleh karena itu, bagi pengguna sepeda motor yang kerap kali menggunakan sepeda motornya kemanapun mereka pergi, harus senantiasa merawat dan menjaga performa sepeda motornya. Akan tetapi, beberapa orang tidak mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan service motor.


Mulai dari mesin hingga dalaman motor pun harus selalu terjaga, supaya kinerjanya semakin baik dan terus bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.


Ingin Service Motor? Inilah Waktu yang Tepat, Jangan Sampai Telat!

Bagi sebagian orang mungkin akan terlalu sibuk untuk service motor, atau bisa jadi tidak mementingkan hal tersebut. Padahal, melakukan service motor secara berkala akan berdampak baik bagi sepeda motor Anda, sehingga Anda pun nyaman dan merasa aman saat mengendarainya.


Berikut ini ada tiga hal yang perlu diingat supaya Anda segera melakukan service motor, di antaranya:


Cek Speedometer

Speedometer adalah salah satu komponen sepeda motor yang bisa dijadikan patokan untuk service motor. Angka pada speedometer akan menunjukkan seberapa jauh sudah jarak yang telah ditempuh. Hal ini juga berarti, bahwa mesin sepeda motor juga sudah bekerja cukup keras, sehingga dibutuhkan beberapa perawatan.


Nilai patokan untuk service motor biasanya tertera antara 2000 - 3000 km yang bisa dilihat dari speedometer. Selain itu, mengganti oli motor juga termasuk dalam rangkaian service motor. Manfaatnya adalah agar performa mesin semakin optimal kinerjanya.


Cek Sepeda Motor ke Bengkel Secara Berkala

Selain berpatokan pada speedometer, Anda juga dapat melakukan service motor pada waktu-waktu tertentu. Jadwal service sepeda motor yang baik adalah apabila sepeda motor digunakan setiap hari, maka sebaiknya Anda melakukan service setiap bulan. Namun, apabila sepeda motor jarang digunakan, maka cukup 2 - 3 bulan sekali untuk melakukan service.


Dengan begitu, Anda bisa melakukan service motor dengan lebih baik. Jika perlu, catat tanggal terakhir service motor, supaya waktu dan jadwalnya pas, jadi tidak terlewat setiap bulannya.


Segera Service Sepeda Motor Jika Bermasalah

Terkadang, setelah di service pun motor bisa saja mengalami kerusakan pada komponennya. Jika beberapa kali terdapat masalah pada sepeda motor Anda, entah itu terjadi pada filter, balon lampu, busi, atau yang lainnya, segeralah bawa motor Anda ke bengkel, supaya masalah segera tertangani, dan tidak berakibat fatal pada sepeda motor Anda.


Tips Service Motor yang Perlu Diketahui

Selain mengetahui waktu yang tepat untuk service motor, Anda juga perlu mengetahui tips service motor supaya motor mendapatkan perawatan yang baik. Salah satunya adalah, bawa sepeda motor ke bengkel resmi. Misalnya ingin melakukan service motor honda, Anda harus pergi ke bengkel resmi honda. Hal ini dilakukan agar komponen yang didapatkan original, sehingga aman.


Jadi, sudah tahu ya kapan waktu yang tepat untuk melakukan service motor dan tips saat service motor, agar motor bisa terus setia menemani perjalanan Anda tanpa terhalang kerusakan hingga waktu ke waktu.


Semoga artikel ini membawa banyak manfaat dan memberikan gambaran bahwa merawat sepeda motor itu penting. Silakan bagikan artikel ini ke media sosial favorit Anda.

0 Comments

Yuk! Kasih komentar menarik tentang artikel ini, lalu bagikan ke media sosialmu dan jangan lupa kembali lagi ya.. (No Spam)