5+ Poin yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Sewa Apartemen, Sewa Apartemen, Sewa Apartemen di Bawah 2 juta, Sewa Apartemen 1 Juta Per Bulan

Mencari sewa apartemen murah di Jakarta 1 juta per bulan, saat ini bukanlah sebuah hal sulit. Banyaknya agen properti yang hadir untuk membantu Anda dalam memilih apartemen murah yang terjangkau. Namun, banyak hal yang harus diperhatikan saat ingin sewa apartemen tersebut.


Bukan hanya memilih yang sekadar murah, akan tetapi, Anda juga harus mengetahui informasi yang akurat seputar sewa apartemen murah di Jakarta 1 juta per bulan. Beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat ingin sewa apartemen akan kita bahas di sini, supaya Anda tidak salah pilih dan menghindari rasa menyesal di kemudian hari.


Hal penting dan harus diperhatikan saat ingin sewa apartemen seperti apa saja isi perjanjian kontrak sewa-menyewa apartemen, seperti apa fasilitas yang diberikan, bagaimana kondisi apartemennya apakah layak huini atau tidak, dan lain sebagainya, juga sangat perlu Anda ketahui dengan pasti.


Jangan sekalipun mengabaikan kenyamanan dalam memilih tempat tinggal, walaupun hanya sementara, tetapi rumah adalah tempat ternyaman untuk Anda melakukan banyak hal.


5+ Poin yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Sewa Apartemen

Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus Anda perhatikan saat berencana menyewa apartemen murah, di antaranya:


1. Cek Fungsi Fasilitas Apartemen

Walaupun Anda menyewa dengan harga lebih murah, tapi bukan berarti Anda menerima begitu saja segala fasilitas yang telah tersedia. Sebelum memutuskan untuk memilih menyewa apartemen tersebut, ada baiknya agar Anda mengecek terlebih dulu semua fasilitas dalam apartemen apakah berfungsi dengan baik atau ada yang butuh perbaikan.


Sempatkan untuk survey ke lokasi apartemen, agar Anda dapat memastikan dengan benar semua fasilitas yang tersedia. Mulai dari hal besar seperti pada furniture disetiap ruangan, dan hal kecil seperti stop kontak, keran air, keadaan langit-langit dan lantainya, dan sebagainya.


2. Mengatur Ulang Ruang Apartemen

Anda pasti ingin menata sendiri ruangan apartemen yang akan menjadi hunian Anda. Namun, tidak semua pengelola apartemen memperbolehkan ruangan apartemennya diatur ulang. Misalnya saja pada furniture yang sudah tersedia. Suka tidak suka, mau tidak mau, Anda harus menerimanya. 


Atau hal lain seperti peletakan beberapa tanaman hias dalam rumah. Sebelum Anda mengatur tanaman hias sedemikian rupa, ada baiknya meminta izin terlebih dulu pada pengelola apartemen.


3. Pastikan Anggaran Cukup

Memiliki anggaran yang cukup untuk menyewa sebuah apartemen adalah salah satu hal terpenting. Anggaran ini bermakna bukan hanya untuk membayar biaya sewa apartemen secara bulanan atau tahunan saja, akan tetapi anggaran untuk jangka panjang saat Anda memutuskan untuk menghuni sebuah apartemen.


Selain itu, hindari memilih apartemen yang terlalu mewah. Cobalah untuk menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Hal ini penting untuk diingat supaya uang bulanan untuk sewa apartemen tetap aman dan sesuai kemampuan. Faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah kebersihan, kenyamanan, dan keamanan. Tapi kebanyakan apartemen pasti memiliki fasilitas yang baik dan layak, kok.


4. Area Parkir Cukup Luas

Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi, apartemen dengan area parkir cukup luas juga tak kalah penting dalam memilih sewa apartemen, sehingga Anda dan para penghuni lainnya tidak perlu berebut saat ingin memarkirkan kendaraan.


Selain area parkir yang luas, tingkat keamanannya pun juga wajib dijaga selama 24 jam. Pastikan bahwa terdapat CCTV dibeberapa sudut area parkir. Hal ini akan sangat membantu Anda dan penghuni apartemen lain agar tidak was-was saat meninggalkan kendaraannya.


5. Cek Sinyal atau Jaringan Handphone

Memilih tempat tinggal yang aman dan nyaman tidak akan cukup tanpa kekuatan sinyal yang memadai. Mungkin beberapa orang akan membutuhkan koneksi internet untuk melanjutkan pekerjaannya. Walaupun biasanya apartemen menyediakan Wifi, tapi tetap saja jika jaringannya tidak stabil, maka tingkat kecepatan saat browsing tidak akan lancar.


Semewah dan seluas apapun bangunan apartemennya tidak akan terlihat bagus jika beberapa sudut ruangannya susah menangkap sinyal internet. Sangat disayangkan kalau hal ini sampai terjadi.


6. Pahami Isi Perjanjian Kontrak Sewa Apartemen

Poin terakhir seputar sewa apartemen murah adalah perhatikan dan pahami isi perjanjian kontrak sewa apartemen. Teliti dan cermati dengan sebaik mungkin, supaya tidak menyesal kemudian, maka jangan sampai ada yang terlewat.


Baca dengan benar bagian masa sewa, biaya sewa dan fasilitas sudah termasuk apa saja, bagaimana jika terjadi kerusakan, bagaimana jika melakukan deposit, apa saja hak dan kewajiban penyewa, dan segala peraturan lainnya. Jangan sampai nantinya berdampak pada kerugian karena terdapat poin yang ternyata tidak sesuai dengan apa yang didapatkan.


Selain itu, jika terdapat hal yang kurang4 jelas tentang isi perjanjian kontrak sewa apartemen, jangan ragu atau bimbang untuk menanyakannya kepada pihak mengelola, supaya bisa dijelaskan dari awal, dan menghindari kesalahpahaman kemudian.


Karena ini adalah merupakan kerjasama antara Anda dengan pihak penyewa yang seharusnya akan memberikan keuntungan bersama. Hati-hati pula terhadap segala jenis penipuan. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, maka datanglah bersama pendamping yang mengerti mengenai sewa-menyewa apartemen.


Itulah tadi 6 poin penting yang harus diperhatikan saat ingin sewa apartemen. Berpikirlah terlebih dulu, jangan terlalu cepat mengambil keputusan apalagi ini masalah pencarian tempat tinggal dan mengeluarkan uang.


Lebih baik membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan sewa apartemen murah dengan harga di bawah 2 juta, serta memiliki keamanan, kebersihan dan kenyamanan yang terjamin, dari pada harus tergesa-gesa dalam memilih dan berakir dengan kekecewaan.


Semoga artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan hunian apartemen yang sesuai dengan anggaran dan hal penting lainnya. Silakan berbagi ke media sosial.