Tips Belajar Bisnis untuk Pemula, No. 6 Menyenangkan!

Bisnis

Memulai sebuah bisnis bukan lah hal yang mudah. Terlebih, jika sama sekali belum memiliki wawasan dan pengalaman yang cukup, maka akan sulit menghadapi berbagai risiko.

Oleh sebab itu, pentingnya belajar bisnis mulai dari nol, termasuk bagaimana cara bertahan disituasi sulit, memahami tips dan strategi bisnis hingga memiliki sikap optimis sehingga mendapatkan solusi terbaik untuk bisnis yang sedang dijalani.

Tips Belajar Bisnis untuk Pemula

Selain memiliki jiwa kewirausahaan dan rasa optimisme yang tinggi, ada baiknya Anda juga menerapkan tips belajar bisnis yang tepat berikut ini:

1. Memiliki Wawasan Bisnis yang Luas

Di era digital ini, teknologi internet begitu sangat membantu dan mempermudah Anda untuk belajar bisnis. Karena, Anda dapat mengakses berbagai informasi seputar bisnis. Misalnya melalui website, podcast, maupun video wawancara para pebisnis sukses.

Sementara itu, bagi Anda yang senang membaca buku, beberapa pebisnis pun menulis pengalamannya dalam berbisnis. Mulai dari jatuh bangunnya hingga kiat-kiatnya mencapai kesuksesan.

Anda bisa membaca buku karya Mardigu WP berjudul Tajir Melintir, buku karya Napoleon Hill berjudul Think Rich and Grow Rich, buku karya Robert Kiyosaki berjudul Rich Dad Poor Dad, dan banyak lagi judul buku menarik tentang kisah para pebisnis ulung lainnya.

2. Memiliki Mindset Pengusaha

Mortgage Calculator, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis

Mindset atau pola pikir Anda sebagai pengusaha, merupakan sebuah kunci sukses seorang pebisnis. Mengutip dari Mindset, sebuah judul buku karya Carol Susan Dweck, terdapat dua tipe mindset, yakni:

- Fixed Mindset

Pemikiran ini cenderung akan menilai hasil akhir untuk mengukur sebuah keberhasilan yang kemudian dijadikan sebagai cerminan identitas diri. Selain itu, dikatakan bahwa keahlian dan keterampilan yang dimiliki seseorang adalah bawaan dan bersifat menetap. Oleh karenanya, tipe fixed mindset cukup sulit menerima kegagalan.

- Growth Mindset

Pemikiran yang mempercayai bahwa keahlian dan kemampuan seseorang dapat dikembangkan dengan cara bekerja keras maupun dedikasi tinggi. Tipe mindset ini akan lebih menghargai segala proses, termasuk berani menghadapi tantangan sebagai peluang mengembangkan diri dan bisnis.

Growth mindset pula dapat menjadi acuan Anda untuk menjalani bisnis dengan tujuan yang jelas dan yakin serta menjadikan kegagalan sebagai kesuksesan yang tertunda.

3. Melakukan Riset Pasar

Selanjutnya, riset pasar yang merupakan cara paling dasar untuk memantau calon konsumen pada bisnis Anda. Memproduksi produk atau menyediakan jasa yang selalu dibutuhkan masyarakat bisa menjadi peluang emas untuk konsumen.

Anda dapat melakukan riset langsung dengan turun ke lapangan maupun secara online. Dengan mengetahui pola kebiasaan masyarakat, maka Anda akan lebih mudah menetapkan teknik pemasaran hingga desain produk yang akan dipasarkan.

4. Mulai Dari Bisnis Kecil-kecilan

Salah satu cara paling awal untuk memulai bisnis adalah membuka bisnis kecil-kecilan. Ini merupakan bisnis paling nyata yang bisa Anda praktikkan. Misalnya, menjadi reseller, berjualan online, berjualan pulsa, dan lain-lain.

Dengan begitu, perlahan tapi pasti Anda akan memahami, membentuk hingga memiliki pola pikir pengusaha. Mulai dari mengelola bisnis, memahami kebutuhan pasar, dan mampu mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi.

Bukan hanya itu, Anda pun akan memahami bahwa sebuah bisnis yang dibangun tidak akan sukses secara instan. Ingatlah segala waktu dan tenaga yang Anda korbankan untuk memulai bisnis tersebut.

5. Mengikuti Seminar Kewirausahaan

Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis

Dengan mengikuti beberapa seminar kewirausahaan, maka Anda bukan hanya mendapatkan ilmu tentang berbisnis, namun juga menambah koneksi yang lebih luas dengan para pengusaha.

Anda bisa mencari tahu informasi seminar melalui sosial media, atau dari rekan sesama pebisnis. Anda juga dapat memilih sesuai waktu dan kebutuhan, karena terdapat seminar offline maupun online melalui webinar. Pastikan bahwa Anda mengikuti seminar resmi yang diselenggarakan atas nama komunitas pengusaha atau para ahli bisnis.

6. Berlatih Bisnis Melalui Game Online

Cara terakhir belajar bisnis yang paling menyenangkan adalah bermain game online. Dan salah satu penyedia gamme online terbaik tentang keuangan adalah pada website mortgagecalculator.org/money-games/. Ada banyak pilihan game online tentang bisnis yang bisa Anda coba.

Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis

Untuk menghindari kebingungan, Anda bisa mencoba rekomendasi game online seputar keuangan atau bisnis berikut ini:

1. Coffee Shop

Coffee Shop, Mortgage Calculator, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis

Bisnis coffee shop yang kian menjamur membuat para pebisnis tergiur dengan pendapatannya. Namun, sebelum memutuskan membuka kedai kopi, tidak ada salahnya Anda berangan sekaligus berlatih memiliki kedai kopi sungguhan.

Mortgage Calculator, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis

Mortgage Calculator, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis

Mortgage Calculator, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis

Melalui game Coffee Shop, Anda dapat mengetahui bagaimana cara melihat situasi pasar, seperti racikan kopi yang pas dan sangat berpengaruh dengan kondisi cuaca hingga harga kopi yang pas dikantong, agar sesuai dengan selera konsumen. Pelanggannya pun beragam, mulai dari kaum muda, pekerja kantoran hingga lanjut usia.

Dalam game ini, Anda akan dituntut untuk bisa menggunakan modal yang ada dan memaksimalkan pendapatan di setiap harinya.

2. Cooking Street

Mortgage Calculator, Cooking Street, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis

Selain kedai kopi yang jadi incaran anak tongkrongan, jajanan ekspres pinggir jalan juga tidak kalah menjamur khususnya di wilayah perkotaan. Salah satu game online untuk belajar bisnis Cooking Street bisa jadi pilihan tepat untuk Anda para pemula.

Mortgage Calculator, Cooking Street, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis
Mortgage Calculator, Cooking Street, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis
Cooking Street, Mortgage Calculator, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis


Dengan menu steak atau steik daging ala restoran, ide bisnis satu ini bisa jadi pilihan berbisnis yang unik lagi menguntungkan. Menyasar para pekerja kantoran maupun masyarakat umum yang ingin makan steik dengan harga terjangkau.

Kecepatan memasak dan ketepatan pesanan, behitu diuji dalam game ini. Untuk itu, jangan sampai Anda kehilangan satu pelanggan pun.

3. Open Restaurant

Mortgage Calculator, Open Restaurant, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis

Berbeda dari dua game online sebelumnya, Open Restaurant menjadi satu-satunya game online yang termasuk bisnis besar. Karena, game bergenre time management ini, akan menguji kemampuan kecepatan, ketelitian, sekaligus fokus Anda.
Mortgage Calculator, Open Restaurant, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis
Mortgage Calculator, Open Restaurant, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis
Mortgage Calculator, Open Restaurant, Rekomendasi Game Online untuk Belajar Bisnis

Mulai dari menerima pelanggan dari area depan, konfirmasi jumlah pelanggan, mengantarkan ke meja, menerima pesanan, mengantar pesanan,  menerima bayaran dari pelanggan hingga membersihkan meja. Terdapat waktu dan target omset yang harus terpenuhi.

Ingat! Jangan sampai kehabisan waktu. Dalam game ini, Anda akan dituntut untuk bisa memuaskan pelanggan dan menghasilkan pendapatan yang maksimal.

Itulah tadi tips belajar bisnis untuk pemula yang harus benar-benar diterapkan serta rekomendasi game online untuk belajar bisnis. Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis!


Post a Comment

0 Comments