Tips Memilih Tempat Gadai Kendaraan Terpercaya, No Abal-abal!

Tips Memilih Tempat Gadai Kendaraan Terpercaya, No Abal-abal!


Memiliki kondisi finansial yang baik, memang tidak dimiliki semua orang. Terkadang, beberapa yang tidak beruntung, mencoba mencari solusi dengan datang ke tempat gadai BPKB motor tanpa survey.

Memang tak ada salahnya mencoba memperbaiki kondisi finansial. Apalagi, bagi Anda yang tinggal diperkotaan, misalnya Bandung, tidaklah sulit mencari tempat gadai BPKB mobil Bandung, demi menekan biaya hidup di sana.

Tips Memilih Tempat Gadai Kendaraan Terpercaya

Banyaknya tempat gadai yang bermunculan, membuat Anda harus lebih selektif dalam memilih. Sebab, semua dilakukan agar dapat meringankan beban hidup Anda.

Untuk itu, agar tidak salah pilih tempat gadai BPKB kendaraan, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips memilih yang terpercaya, antara lain:

1. Reputasinya Baik

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, tempat gadai kendaraan wajib memiliki reputasi yang baik di tengah masyarakat.

Cara mudah mengetahui apakah tempat gadai kendaraan bereputasi baik adalah dengan bertanya pada orang-orang sekitar, terlebih yang sudah pernah menggunakan jasanya.

Tanyakan saja dari awal perihal syarat-syarat yang dibutuhkan, pelayanan seperti apa yang diberikan hingga bagaimana sistem pembayarannya. Pastikan pula semuanya sesuai dengan yang diharapkan dan akan mampu meringankan beban hidup Anda.

2. Pelayanan Memuaskan

Tempat gadai BPKB kendaraan juga harus memiliki pelayanan yang baik hingga memuaskan. Poin ini sudah seharusnya satu paket dengan poin sebelumnya, karena jika sebuah lembaga pembiayaan sudah memegang reputasi baik, maka pelayanannya pun sudah pasti baik.

Para karyawan juga harus totalitas saat bekerja, artinya bukan hanya pada bagian pekerjaan tertentu saja, misalnya customer service, namun secara keseluruhan.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan bagi para nasabah untuk menggunakan jasa gadai BPKB kendaraan tersebut. Selain itu, pastikan lembaga tersebut memberikan fasilitas yang sesuai.

3. Memiliki Kantor Cabang

Jika reputasi dan pelayanan tempat gadai BPKB kendaraan sudah baik, maka tak jarang lembaga tersebut akan membuka cabang di tempat lain.

Cara ini dilakukan, agar masyarakat lebih mudah mengakses kantor cabang dan melakukan pengajuan pembiayaan secara langsung sekaligus mengetahui penawaran apa saja yang hendak diberikan.

Walau sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan secara online, akan tetapi biasanya masyarakat akan lebih puas jika datang langsung ke kantornya.

Hal inilah yang akan menguatkan tempat gadai BPKB kendaraan untuk mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak.

4. Diakui OJK dan Terdaftar APPI

Ketiga poin di atas sesungguhnya tidak akan berjalan sebagaimana mestinya tanpa mendapatkan ijin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sekaligus terdaftar APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia).

Karena, OJK dan APPI sama-sama memiliki fungsi untuk memastikan perusahaan dan lembaga pembiayaan berjalan dengan baik, termasuk menjamin keamanannya.

Bisa saja sebuah perusahaan atau lembaga pembiayaan berdiri sendiri tanpa terdaftar secara resmi di OJK dan APPI. Dengan memberikan penawaran yang tidak wajar atau hal lain yang dirasa dapat mengecoh nasabah.

Jika demikian, maka sudah bisa dipastikan bahwa hal tersebut merupakan suatu bentuk penipuan yang fatal. Belum lagi berbagai risiko lainnya yang akan lebih merugikan masyarakat.

Kalau sudah begitu, tidak akan ada yang bertanggungjawab dan lembaga pembiayaan abal-abal tersebut wajib untuk segera dilaporkan kepada pihak berwajib, supaya tidak semakin meresahkan masrayakat luas.

Ada banyak cara untuk menyelamatkan kondisi finansial Anda. Namun, tetap pikirkan semuanya dengan matang dan pastikan sesuai dengan kemampuan dan tidak merugikan diri sendiri apalagi orang lain.

Dan apabila akhirnya Anda memutuskan untuk menggadaikan BPKB kendaraan, pastikan pula menerapkan 4 tips di atas, agar tidak salah pilih tempat gadai kendaraan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments