3 Tips Merawat Kucing yang Baik, Agar Sehat dan Bersih!

3 Tips Merawat Kucing yang Baik, Agar Sehat dan Bersih!


Agar dapat tumbuh dengan sehat, Anda harus merawat peliharaan dengan tepat. Khususnya pada kucing, karena hewan satu ini memiliki cara perawatan yang cukup sulit.

Karena itu, Anda harus tahu apa saja tips merawat kucing yang bisa membuatnya tampak sehat. Mari simak tipsnya di bawah ini!

3 Tips Merawat Kucing Kesayangan

Meski sering menjilati tubuh sendiri, namun Anda juga harus membersihkan tubuh kucing secara rutin. Sehingga, kucing kesayangan akan selalu sehat dan bersih. Berikut ini beberapa tips merawat kucing yang bisa Anda terapkan:

1. Perhatikan Kandungan Gizi Makanannya

Makanan Kucing


Sebagai pemilik, Anda harus mengerti bagaimana karakter yang kucing miliki. Sehingga, secara otomatis Anda akan memahami kebutuhan makanan mereka. Anda sebaiknya memiliki makanan berkualitas dengan nutrisi dan kandungan gizi yang lengkap.

Pastikan makanan tersebut memiliki kandungan asam amino dan taurin. Karena kucing membutuhkannya untuk menjaga kesehatan jantung dan mata. Kucing adalah hewan penyuka daging. Jadi, Anda bisa memberinya daging ayam atau ikan.

Jika Anda merasa takaran gizinya kurang efektif, maka belilah produk makanan kucing di petshop. Baik itu yang basah maupun kering, lihat dulu kandungannya di bagian belakang kemasan.

Anda sebaiknya menghindari coklat, kismis, bawang putih, bawang merah, anggur, xylitol, kacang macadamia, dan alkohol. Karena kandungan atau produk tersebut dapat menyebabkan keracunan pada kucing.

2. Rutin Memandikan

Memandikan Kucing


Grooming adalah salah satu tips merawat kucing yang harus Anda perhatikan. Meski kucing kerap melakukan grooming sendiri, di mana ia akan menggunakan lidah untuk membersihkan tubuhnya. Namun, agar terjamin kebersihannya, ada kalanya Anda harus memandikan kucing secara rutin.

Karena ketika kucing sudah dalam keadaan yang kotor, mereka bisa mengalami kondisi kulit yang kurang sehat. Seperti munculnya jamur atau kutu. Jika kucing Anda terserang jamur dan kutu, sebaiknya mandikan seminggu satu kali dengan memakai shampo khusus jamur dan kutu.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memandikan kucing:

- Sebaiknya Anda memandikan kucing dalam kondisi sehat dan tenang.

- Pastikan Anda menggunakan air hangat untuk memandikannya. Karena ada beberapa kucing yang kedinginan saat dimandikan dengan air bersuhu normal.

- Siram air ke kucing dengan perlahan, ini bertujuan agar kucing tidak kaget dan memberontak. Jangan lupa untuk menghindari bagian tertentu, seperti wajah, telinga, hidung, dan mata.

- Pakai shampo khusus untuk kucing. Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi kulit dan bulu si kucing. Jika kucing sedang jamuran, sebaiknya pakai shampo anti jamur terlebih dahulu.

- Sikat dan pijat bulu kucing dengan lembut, lalu bilas menggunakan air bersih.

- Pakai handuk untuk mengeringkannya, lalu gunakan alat pengering.

- Anda harus memastikan bahwa bulu kucing sudah kering sempurna. Sehingga bisa menghindari jamur yang tumbuh kembali di kulit kucing.

3. Vaksinasi Kucing

Vaksinasi Kucing


Secara umum, anak kucing dapat divaksinasi di usia 6 hingga 16 minggu. Setelah itu, kucing harus melakukan booster setahun kemudian. Sedangkankan untuk kucing dewasa, biasanya hanya akan mendapatkan vaksinasi setiap tahun atau tiga tahun sekali.

Setiap hewan akan memiliki sistem kekebalan tubuh, termasuk kucing yang akan bereaksi terhadap infeksi mikroorganisme. Oleh sebab itu, Anda wajib memberikan vaksinasi dan obat cacing secara teratur untuk kucing. Penggunaan obat cacing bisa Anda lakukan selama 1 hingga 3 bulan sekali.

Sudah Tahu Tips Merawat Kucing yang Baik?

Itulah beberapa tips merawat kucing yang baik. Selain menerapkan tips di atas, Anda sebaiknya juga memiliki asuransi untuk kucing. Karena asuransi dapat menjamin kehidupan kucing secara penuh. Salah satu asuransi yang bisa Anda gunakan adalah Pet Insurtech dari Simas.

Asuransi Simas Insurtech adalah penyedia jasa asuransi hewan yang akan membantu memfasilitasi kucing Anda. Karena itu, mari jaga kucing Anda dengan memberikan asuransi dari Simas!

Post a Comment

0 Comments