Hindari Skimming! Perhatikan 5 Manfaat Kamera Pengintai di Mesin ATM



Pemasangan paket CCTV terbaik di dalam ruang ATM atau Anjungan Tunai Mandiri dapat mencegah kejahatan skimming. Skimming merupakan jenis kejahatan dengan cara mengambil data nasabah melalui informasi pada strip magnetik kartu debit maupun kredit.

Salah satu tempat yang rawan untuk pencurian adalah ketika nasabah melakukan transaksi di ATM. 

Dengan pemasangan kamera pengintai di ruang ATM maka akan mudah melakukan pengawasan siapa yang kemungkinan melakukan pencurian data ketika seseorang melakukan transaksi. Pelaku kejahatan pun akan berpikir sekian kali sebelum melakukan aksinya tersebut sehingga tingkat keamanan meningkat.

Manfaat Memasang Paket CCTV Terbaik di Mesin ATM

CCTV, Kamera Outdoor
Gambar: Pexels


Kejahatan skimming menarik perhatian banyak pihak. Sudah banyak nasabah yang mengalami kerugian sehingga dana yang tersimpan dalam tabungan hilang dengan cepat.

Pelaku skimming biasanya merupakan organisasi yang telah terlatih dan berpengalaman. Dengan memanfaatkan kelemahan manajemen bank dan pemilik rekening, mudah untuk mengambil dana. 

Potensi skimming semakin bertambah karena pada ruang ATM kurang mendapat pengawasan. Meski pengelola ATM sudah menempatkan tenaga security namun dengan alasan privacy mereka tidak dapat masuk ke dalam ruang tersebut.

Sedangkan pelaku kejahatan yang menyamar sebagai nasabah bisa berada di posisi yang sangat dekat dengan korban. 

Selain itu, tindakan skimming bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan yang super kecil sehingga tidak terlihat oleh korban maupun petugas keamanan. Ini yang menjadikan kejahatan tersebut semakin meluas pada berbagai lokasi.

Apa saja manfaat pemasangan paket CCTV terbaik di ruang ATM? Berikut ulasannya.

1. Memberi rasa aman pada nasabah

Tidak dipungkiri, dengan maraknya berita mengenai kejahatan skimming, membuat nasabah semakin was-was ketika harus bertransaksi. Khawatir ada pelaku kejahatan yang mengintai menjadikan lebih banyak nasabah yang memilih bertransaksi langsung di kantor bank.

Ini membuat load pelayanan menjadi meningkat. Dari sisi nasabah sendiri juga kurang praktis. Semua transaksi harus menunggu sampai kantor buka dan perlu datang ke bank.

Dengan pemasangan paket CCTV terbaik membuat pelaku kejahatan tidak berani lagi melakukan aksinya. Jika ada yang melakukan kejahatan, akan mudah untuk tertangkap karena ada dalam hasil pengintaian kamera pengaman.

2. Manajemen ribuan sistem CCTV secara bersamaan

Bagi pihak bank, dengan pemasangan CCTV jenis IP membuat manajemennya menjadi mudah. Semua alat dapat terekam secara realtime dan bisa dimonitor dari satu lokasi secara bersamaan. Hal ini membuat proses monitoring lebih efisien dan mudah.

Meski terdapat ribuan kamera pengintai, semua dapat diawasi dengan mudah. Dengan demikian, pihak bank bisa memberikan pelayanan dan keamanan yang prima bagi semua nasabah. Peningkatan rasa aman, akan meningkatkan kredibilitas dan tingkat kesehatan bank.

3. Melihat tayangan dari tangkapan kamera secara streaming

Untuk pengecekan tertentu, Bank dan nasabah kadang perlu untuk mengecek rekaman di ATM, termasuk mengetahui siapa yang melakukan transaksi. Seperti kasus nasabah merasa tidak menarik dana, sedangkan pada sistem tercatat ada penarikan melalui ATM.

Dengan melihat hasil tangkapan kamera, dapat diketahui siapa yang menggunakan kartu untuk bertransaksi. 

4. Meningkatkan keamanan fisik ATM

Selain skimming, tindak kejahatan yang mungkin terjadi adalah perusakan fisik ATM. Tidak sedikit kasus pembobolan ATM dengan merusak mesin tersebut, kemudian mengambil isinya. Pengawasan CCTV akan mengurangi tindak kejahatan dengan cara merusak ATM.

Hal ini secara ekonomis sangat menguntungkan bagi pengelola ATM. Apalagi harga rangkaian kamera pengintai dan pemeliharaannya cukup murah. Dengan banyaknya manfaat dari pemasangan CCTV tidak heran jika hal ini menjadi prioritas bagi bank untuk memasangnya.  

5. Menghemat waktu pengambilan gambar rekaman CCTV

Karena menggunakan CCTV jenis IP, maka semua rekaman dari masing-masing pengintai dapat ditarik dalam waktu bersamaan. Dengan demikian petugas bisa menghemat banyak waktu dan dapat melakukan pengamanan secara lebih intensif.

Ini sangat penting sebagai salah satu bentuk totalitas pelayanan perbankan kepada nasabah. Faktor keamanan saat ini merupakan pertimbangan utama nasabah dalam memilih lembaga keuangan. Dengan memasang CCTV berkualitas maka kepercayaan akan meningkat.

Paket CCTV Terbaik dari Hikvision ColorVu dan Keunggulannya

Sebagai salah satu brand kamera pengintai terpercaya, Hikvision selalu melakukan inovasi dan menghadirkan berbagai rangkaian produk CCTV kamera outdoor dan indoor terbaik. Dengan pemasangan yang benar, produk tersebut akan memberikan keamanan secara maksimal. 

Banyaknya pengguna merek Hikvision, terutama pada produk Hikvision ColorVu tidak terlepas dari kelebihannya. Teknologi ColorVu sangat powerful menangkap rekaman dalam warna yang cerah. Sehingga sekalipun objek dalam kondisi minim cahaya akan tetap terlihat jelas. 

Selain itu, gambar yang dihasilkan lebih tajam karena memiliki tipe kamera beresolusi tinggi. Tersedia pilihan sampai ukuran 4K. Large sensor dalam Hikvision ColorVu pun memiliki kecanggihan large sensor yang bisa memaksimalkan penggunaan cahaya hingga 0,0005 lux. Keren, bukan?

Apalagi Hikvision ColorVu juga didukung oleh apertur yang lebih besar, yakni F.1 Super apertur yang berfungsi untuk meningkatkan pemanfaatan cahaya, memastikan cahaya tetap cerah serta menjamin gambar penuh warna. 

Hikvision merupakan salah satu produk cctv dengan tingkat keamanan yang sudah teruji. Sehingga Anda tak perlu ragu lagi untuk segera mencoba. Apalagi rangkaian produk CCTV dari Hikvision sangat beragam jenisnya.

Jadi tidak salah jika sampai saat ini semakin banyak yang memilih hunya sebagai kamera pengintai terpercaya di rumah, tempat usaha maupun sarana umum.

Post a Comment

0 Comments