Tips Memilih Kursus Coding yang Tepat, No. 1 Sering Diabaikan!

Tips Memilih Kursus Coding yang Tepat, No. 1 Sering Diabaikan!


Kemampuan seseorang dalam mengolah komputer, akan sangat dituntut di zaman digital sekarang ini. Seperti, memahami berbagai software pada Microsoft Office, Photoshop, dan kemampuan programming lainnya.

Karena termasuk pekerjaan yang terbilang rumit, namun tetap saja banyak yang ingin berkecimpung di dalamnya. Kenapa? Sebab, pekerjaan programmer memiliki pendapatan cukup besar dan karir yang menjanjikan.

FYI, istilah programming sendiri dikenal dengan sebutan coding. Coding berarti, beragam perintah dalam komputer untuk menjalankan tugas yang sesuai.

Tips Memilih Kursus Coding yang Tepat

Selain belajar secara resmi dengan sekolah IT, atau belajar secara otodidak, ada satu cara lain agar Anda memiliki keahlian sebagai progammer yang profesional, yakni dengan mengikuti kursus coding.

Memilih kursus coding pun tidak bisa sembarangan. Walau sekarang banyak kursus semacam itu bermunculan, namun Anda tetap harus tahu manakah kursus coding, game dan pembuatan aplikasi terlengkap yang bagus.

Berikut terdapat tiga tips memilih kursus coding yang tepat dan jauh dari abal-abal, antara lain:

1. Pemahaman Dasar Teori

Kursus coding tanpa memiliki dasar teori yang kuat, maka akan membuat sulitnya memahami hingga mencari solusi dari permasalahan yang terjadi.

FYI, profesi programmer memang seringkali dihadapkan dengan berbagai masalah, terutama dalam bahasa-bahasa per-coding-an. Masalah yang dimaksud bisa jadi berupa bug, keliru saat hendak memasukkan kode-kodenya, lambatnya proses pengerjaan akibat jaringan, dan masalah-masalah eksternal atau internal lainnya.

Untuk itu, hal ini sangatlah penting diketahui, agar seorang programmer dapat dengan cepat dan mudah memecahkan masalah, bahkan dengan berbagai variasi yang diketahuinya.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah, coding merupakan ilmu praktik, oleh sebab itu, teori yang dipejalari pun tidak boleh berlebihan, karena coding sendiri bukan jenis ilmu fundamental layaknya ilmu fisika atau matematika. Ketahui berbagai teori dasar coding secara perlahan namun terus-menerus, supaya tidak hanya dipahami, tetapi juga mampu dipraktikkan dengan tepat.

2. Melakukan Praktik yang Tepat

Jika ingin menjadi programmer yang andal, Anda harus rutin melakukan praktik coding. Hal ini dilakukan, supaya semakin mengasah bahasa dan kode-kode dalam pemrograman dengan lebih baik dan dengan cara yang tepat.

Kombinasi sempurna yang dibutuhkan oleh seorang programmer adalah, 20 persen teori dan 80 persen praktik. Di luar daripada itu, akan menghasilkan programmer yang kurang matang, sehingga nantinya ia hanya akan mengandalkan teori, atau malah sebaliknya.

3. Memiliki Pengajar Profesional

Memilih kursus coding tidak cukup hanya karena biaya pendaftarannya yang terjangkau, namun juga harus terjamin memiliki pengajar yang profesional. Artinya, ia tidak hanya mampu melakukan praktik, tetapi juga harus mampu menjelaskan bahasa-bahasa coding dengan sangat baik.

Hal ini tentu saja dapat meningkatkan semangat belajar para programmer pemula, sehingga mereka mampu memahami betul apa yang diajarkan dan akan dengan lebih baik mempraktikkannya kemudian.

Kursus Coding Profesional Bersama Koding Akademi

Tidak perlu bingung mencari kursus coding yang tepat, bergabung bersama Koding Akademi saja. Koding Akademi merupakan tempat kursus Robotika dan Coding Bali Surabaya.

Berlokasi di Jl. Tukad Batanghari No.55, Denpasar, Bali, dan Jl. Ketintang Madya No.93, Ketintang, Surabaya.

Tersedia kelas Robotika Arduino beginner hingga intermediate dan Kelas Coding untuk Web Design, Game Programaming, 3D Game Programming, Roblox Education, Java Programming, Phython, Laravel, Flutter dan Basic C++.

Di Koding Akademi juga terdapat kategori usia minimal 7 tahun, kelas Online dan Onsite dengan sistem small group mau pun private. Kurikulumnya mengacu secara langsung untuk kebutuhan dunia kerja.

Itulah tadi, ke-tiga tips memilih kursus coding yang tepat dan pilihan terbaik dari Koding Akademi. Satu hal yang perlu Anda ingat, bahwa belajar coding tidak bisa terburu-buru, apalagi hanya mengandalkan pengetahuan teori dan praktik sekadarnya. Alangkah baiknya jika Anda memahaminya ecara perlahan, sehingga nantinya Anda tidak hanya jago coding, tetapi juga bisa mengajarkan melalui komunikasi coding dengan lebih baik.

Semoga artikel ini membawa banyak manfaat dan memberikan pengetahuan yang lebih. Silakan berbagi ke media sosial.

Post a Comment

1 Comments

  1. Wah saya pernah belajar Web Design di Koding Akademi, bener - bener diajarin dari 0, recommended banget kursus disini 😁

    ReplyDelete

Silahkan Berikan komentar Anda pada artikel ini!