Sosial Media Marketing: Strategi Jitu Promosi Melalui Sosial Media

Sosial Media Marketing: Strategi Jitu Promosi Melalui Sosial Media


Sosial media marketing, bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengkonversikan bisnis Anda sebagai strategi meningkatkan traffic serta brand awareness.

Sosial media marketing sangat bisa dimanfaatkan sebagai pendongkrak bisnis sekaligus mengikuti perkembangan teknologi yang semakin masif. Sehingga, para pebisnis dapat meraih keuntungan yang lebih besar.

Apa Itu Sosial Media Marketing?

Sosial media marketing dapat diartikan sebagai strategi pemasaran digital melalui platform media sosial. Strategi ini dapat berupa konten foto, video maupun artikel.

Mengapa demikian? Karena, dasar dari sosial media marketing akan berhubungan dengan copywriting serta visual, misalnya foto dan video yang nantinya akan dibuat menjadi konten yang menarik dan berkualitas.

Manfaat melakukan pemasaran digital melalui sosial media, yakni:

1. Membangun relasi dan kepercayaan

2. Memperluas jaringan, sehingga menjangkau lebih banyak pengguna

3. Dapat diakses kapan pun dan di manapun

4. Lebih terjangkau daripada memasang iklan secara offline

5. Laporan real-time

Sementara itu, di bawah ini adalah rekomendasi platform media sosial untuk strategi pemasaran digital paling populer di dunia bisnis, antara lain:

1. YouTube

2. WhatsApp

3. Instagram

4. Facebook

5. TikTok

6. Twitter

7. LinkedIn

8. Pinterest

Strategi Jitu Promosi Melalui Sosial Media

Terdapat beberapa strategi promosi melalui sosial media. Misalnya saja cara promosi di instagram yang harus dirancang dengan matang dan bukan sekadar memposting konten saja. Selain itu, konten yang dibuat pun harus sesuai, agar target pengguna tepat sasaran.

Berikut terdapat tujuh strategi sosial media marketing yang harus pebisnis ketahui, yaitu:

1. Rencanakan Tujuan dengan Matang

Penting merancang rencana tujuan yang matang. Supaya tujuan meningkatkan brand, penjualan produk maupun engagement rate tercapai sesuai target atau bahkan lebih dari itu.

Barulah setelahnya, bisa mengatur strategi selanjutnya yang masih berhubungan dengan tujuan di awal.

2. Kenali Target Audiens

Memutuskan untuk menggunakan sosial media marketing, itu berarti Anda juga harus siap mengenali target audiens dengan tepat.

Beberapa faktor dari target audiens pun wajib diperhitungkan saat mengidentifikasinya. Seperti jenis kelamin, usia, kesukaan, dan sebagainya.

3. Memilih Platform Sosial Media

Selanjutnya, Anda dapat memilih sosial media untuk marketing yang sesuai dengan calon pengguna. Anda dapat melihat demografi masing-masing platform sosial media.

Data statista menunjukkan bahwa, jumlah rata-rata pengguna sosial media di Indonesia di tahun 2020 sebanyak 180 juta orang. Sementara itu, kelompok usia rata-ratanya adalah 25-34 tahun, serta 18-24 tahun.

Melalui hal tersebut, Anda dapat memilih platform sosial media marketing yang sesuai, sehingga memaksimalkan budget yang ada.

4. Membuat Konten Berkualitas dan Menarik

Masing-masing kelompok usia pasti memiliki preferensi serta kebiasaan yang tidak sama. Maka dari itu, pentingnya menyesuaikan konten seperti apa yang cocok, disukai dan mengetahui seperti apa cara mereka berkomunikasi.

Memulai dengan konten yang formal atau informal. Misalnya dari segi bahasa atau tulisan yang mudah dibaca dan dipahami. Pastikan memakai bahasa yang sopan, agar tidak menyinggung siapapun, supaya tidak berakibat fatal.

5. Membangun Relasi dengan Pengguna

Sering melakukan interaksi atau komunikasi dengan pelanggan bisa jadi cara terbaik untuk membangun relasi. Selain itu, hal ini akan membuat engagement rate meningkat, sehingga dapat membantu mendongkrak keberhasilan pemasaran digital bisnis Anda.

6. Pentingnya Memantau Kompetitor

Merupakan satu hal penting yakni mencari tahu atau memantau kompetitor sebagai salah satu cara untuk menjadi lebih terdepan. Bandingkan seberapa besar performa pesaing mulai dari kampanye sampai konten seperti apa yang mereka buat, kemudian lakukan evaluasi sebagai cara untuk meningkatkan strategi sosial media marketing bisnis Anda.

7. Optimasi Konten Secara Maksimal

Langkah terakhir adalah mengoptimasi konten secara maksimal dengan menggunakan iklan sosial media berbayar.

Hal ini dilakukan agar konten yang dibuat terjangkau dengan target pengguna yang sesuai, sehingga mampu menarik perhatian pengguna bahkan untuk melihat konten bisnis Anda yang lainnya.

Apapun platform sosial media yang Anda pilih sebagai strategi jitu promosi bisnis Anda, pastikan layanan yang dipilih telah sesuai dengan rencana tujuan awal.

Selain melakukan ke tujuh poin di atas, Anda juga bisa menggunakan jasa rajakomen.com untuk membantu memaksimalkan berbagai konten berkualitas yang Anda buat.

Rajakomen.com sebagai perusahaan periklanan siap mendukung pebisnis online di seluruh Indonesia. Rajakomen.com memberikan manfaat yang maksimal kepada para pemilik sosial media, terlebih yang ingin mendapatkan beragam komentar positif.

Cara ini sangat efektif untuk menarik pengguna dan membantu meningkatkan engagement rate sosial media bisnis Anda. Dengan begitu, bukan hanya konten yang disukai, tetapi akun sosial media bisnis Anda juga akan menjadi populer.

Semoga artikel tentang strategi jitu promosi melalui sosial media ini dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih baik dan sukses ke depannya.



Post a Comment

0 Comments