Tips Memilih Produk Asuransi yang Tepat

tips memilih asuransi


Memilih asuransi kesehatan sudah tentu tidak boleh sembarangan, terlebih memilih asuransi yang mahal sekalipun, tetapi tidak sesuai dengan pelayanan dan produk yang diberikan. Kesehatan itu dikenal sebagai "barang mahal" zaman sekarang. Apalagi, di masa pandemi seperti sekarang ini. Makanya, memiliki asuransi bisa jadi sangat penting.



Supaya bisa mendapatkan produk asuransi dengan manfaat yang lengkap, ada baiknya kamu ketahui dulu tips memilih asuransi berikut. Karena menjaga pola hidup sehat saja nggak cukup.


Tips Memilih Produk Asuransi yang Tepat

Terdapat poin penting sebelum memilih produk asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu, antara lain:


1. Riset Produk Asuransi Terlebih Dulu

Umumnya Indonesia memiliki 10 produk asuransi dengan manfaat yang berbeda-beda. Ada asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, asuransi rumah, asuransi perjalanan, asuransi pendidikan, asuransi kerugian, asuransi syariah dan asuransi dana pensiun.


Salah satu manfaat produk asuransi jiwa misalnya memberikan perlindungan hingga 5 sampai 10 tahun. Adapula asuransi jiwa dwiguna, di mana produk asuransi ini memberikan manfaat berupa asuransi berjangka yang sekaligus sebagai tabungan. Kemudian, asuransi jiwa UnitLink yang memberikan manfaat berupa asuransi sekaligus bisa berinvestasi.


2. Sesuaikan Produk Asuransi dengan Kebutuhan

Sebelum membeli produk asuransi, ada baiknya identifikasi terlebih dulu asuransi yang seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Jika kamu menginginkan produk asuransi yang sekaligus bisa berinvestasi, kamu bisa memilih asuransi jiwa UnitLink.


3. Tanyakan pada Konsultan Asuransi atau Agen Asuransi Berlisensi

Jika kamu masih ragu dengan pilihan produk asuransi yang akan kamu pilih, jangan khawatir, karena kamu bisa langsung tanyakan kepada konsultan asuransi, dan atau kepada agen asuransi yang berlisensi. Dengan begitu, kamu tidak salah pilih produk asuransi.


4. Pahami dengan Benar Asuransi yang Dipilih

Sebelum menandatangani Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) atau Surat Permintaan Asuransi Kesehatan (SPAK), baiknya pahami lebih dalam tentang produk asuransi yang dipilih tersebut.


Mulai dari manfaat yang didapat, bagaimana proses pencairannya, hingga premi yang dibayarkan setiap bulannya. Pastikan hal-hal penting dibaca dan dipahami dengan seksama. Agar tak menyesal kemudian.


Setelah melakukn berbagai riset produk asuransi, penting juga mengetahui track record perusahaan asuransi tersebut. Apalagi tentang besar tingkatan solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC). Karena, OJK mewajibkan perusahaan asuransi yang terdaftar memberitahukan kepada nasabahnya tentang tingkat RBC perusahaan asuransi.


Cari Asuransi yang Tepat dan Terpercaya


Kenapa harus mendapatkan asuransi yang terpercaya dan sudah dikenal baik track recordnya? Karena, ini masalah proteksi diri dan keluarga, jadi jangan sembarangan dalam memilih.


Kamu bisa memilih produk asuransi Prudential, karena terdata pada kuartal kedua 2021 lalu, saat pandemi sekalipun, tingkat RBC Prudential mencapai 428%. Hal ini adalah besaran yang cukup besar, bahkan hingga tiga kali lipat dari minimal target internal perusahaan.


Berbagai produk asuransi Prudential bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan. Ingat kembali, bahwa memilih asuransi tidak boleh terburu-buru. Pikirkan dengan baik dan matang, supaya nantinya manfaat yang didapat juga maksimal.

Post a Comment

0 Comments

Promo Tour Bali Murah