Bersiap Hadapi New Normal, Jangan Lupakan Benda Penting Ini



New Normal Pasca Pandemic Covid19
Bersiap Hadapi New Normal | Unplash

Bayu Pradana: Bersiap Hadapi New Normal, Jangan Lupakan Benda Penting Ini - Sebagian wilayah di Indonesia kini sedang melakukan tahapan menghadapi fase "New Normal". Karena sudah lebih kurang empat bulan ini, masyarakat Indonesia menjalani banyak kegiatan yang dilakukan di rumah dan menerapkan sistem jaga jarak (social distancing) selama di luar rumah. Semua itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Meskipun belum semua wilayah di Indonesia yang melakukan tahapan fase "New Normal" dikarenakan masih banyak kasus virus corona di beberapa daerah lainnya. Berdasarkan data resmi dari situs Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yakni covid19.go.id pada halaman peta penyebaran dikutip, Minggu (5/7/2020) Pembaruan Terakhir Data Provinsi dari Kementerian Kesehatan: 2020-07-03 tercatat 10 besar wilayah dengan kasus covid terbanyak, yakni:

1. Jawa Timur
2. DKI Jakarta
3. Sulawesi Selatan
4. Jawa Tengah
5. Kalimantan Selatan
6. Jawa Barat
7. Sumatera Selatan
8. Papua
9. Sumatera Utara
10. Bali
    Sumber: https://covid19.go.id/peta-sebaran

    Upaya percepatan penanganan terus dilakukan untuk menekan angka kasus penyebarannya. Disisi lain tahapan menghadapi fase “New Normal” bertahap dilakukan. Difase "New Normal" ini keadaan akan kembali pulih. Sekolah, perkantoran, pusat perbelanjaan sampai fasilitas umum akan kembali di buka. Namun, akan ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Yaitu, tetap diberlakukannya protokol kesehatan selama berada di tempat umum.

    Selanjutnya, kita dianjurkan untuk membawa “alat perisai” diri, sebagai pelindung dari ancaman virus. Kira-kira apa aja ya barang-barang yang harus kita bawa selama fase “New Normal” berlangsung? Yuk! simak berikut ini.

    Masker Mulut

    Penyebaran virus Corona dapat menular melalui percikan air liur atau dahak penderitanya saat bersin ataupun batuk, yang lalu menempel pada permukaan berbagai macam benda. Untuk itu, menggunakan masker sangatlah penting. Masker yang digunakan haruslah sesuai standar kesehatan. Yaitu memiliki ketebalan yang pas, agar memudahkan kita untuk bernapas dan jelas menghindarkan diri dari virus.

    Namun, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan masker. Sediakan setidaknya tiga masker yang dapat digunakan bergantian saat masker yang lain harus di cuci. Bukan bergantian dengan masker bekas orang lain yaa, bahaya itu sih, hehe.. Satu lagi, sebelum menggunakan masker, ada baiknya cuci tangan terlebih dulu.

    Hand Sanitizer dan Disinfektan Semprot

    Barang kedua yang harus selalu kamu bawa adalah hand sanitizer. Benda ini adalah perisai untuk tanganmu saat kamu sedang berada di tempat umum. Beberapa orang akan sibuk dengan pekerjaannya, sehingga tidak sempat atau tidak memungkinkan untuk langsung mencuci tangan, dan akan sulit untuk menemukan tempat mencuci tangan di tempat umum. Maka dari itulah hand sanitizer ini di buat untuk memudahkanmu membersihkan dan menjaga kesehatan tangan.

    Sarung Tangan

    Sarung tangan juga akan jadi perisai untuk melindungi tanganmu. Gunakan sarung tangan berbahan lateks. Namun, tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan sembarangan menyentuh bagian wajah, atau bagian tubuh lainnya ketika menggunakan sarung tangan. Setelah selesai memakai sarung tangan, buka dengan cara menarik dari bagian pergelangan, dan buka dengan posisi terbalik. Lalu buang, dan jangan disimpan atau digunakan kembali.

    Face Shield

    Face shield biasanya digunakan petugas kesehatan sebagai pelindung diri saat menangani pasien virus Corona. Namun belakangan, face shield kini banyak digunakan oleh masyarakat saat berada di tempat umum. Bahkan, sudah ada face shiled dengan model topi Standar face shield yang dianjurkan adalah, antara face shield dengan wajah berjarak sekitar 5-7 cm (di ukur dari hidung), dan menutup sampai bagian dagu serta telinga. Jangan sampai ada celah, dan pastikan face shield layak pakai.

    Tissue Basah dan Tissue Kering

    Untuk para perempuan, benda ini pasti udah nggak asing lagi ya. Karena kedua benda ini memang harus selalu ada di tas perempuan. Tissue tentu saja sangat berguna untuk membersihkan permukaan yang kotor. Kedua benda ini bisa digunakan saat kamu berada di toilet, tempat makan, dsb.

    Multivitamin atau Suplemen

    Kamu harus selalu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu, kamu harus menyediakan multivitamin atau suplemen untuk menambah stamina dan daya tahan tubuh saat sedang berkegiatan di luar rumah. Selalu siapkan dalam tas yaa, biar nggak lupa.

    Alat Makan dan Botol Minum

    Jika kamu hendak mampir ke sebuah tempat makan atau mungkin hanya makan di kantin tempat kerja atau sekolah, ada baiknya kamu membawa sendiri alat makan dan botol minum, agar kebersihan lebih terjaga, dan mengurangi sampah plastik.

    Helm

    Jika kamu adalah pengguna setia ojek online, ada baiknya jika kamu membawa helm sendiri. Aturan ini dibuat agar driver dan penumpang tetap aman dalam berkendara serta menjaga kesehatan dan kebersihan masing-masing.

    Gimana, sudah siap untuk menjalani fase “New Normal”? Harus selalu siap ya. Semua demi keamanan, kenyamanan, dan kesehatan diri sendiri dan orang disekitar kita. Yuk bagikan ke media sosialmu. Semoga dapat bermanfaat untuk banyak orang ya. Salam.


    Post a Comment

    2 Comments

    1. Harus disiplin jaga kebersihan ya Bang. Persiapkan dengan baik alat2 yang sangat penting untuk menghalangin penularan virus Corona. Yang paling penting dan kadang suka kebiasan, jangan pegang muka sebelum cuci tangan ya kan. Semoga kita terhindar dari penularan virus corona.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ya! Jaga kebersihan diri dan lingkungan ya. #Stayhealthy

        Delete

    Yuk! Kasih komentar dengan bijak, bertanggung jawab dan jangan sungkan dibagikan yak