Cara Pasang Perekat Keramik di Atas Keramik dan Keuntungannya

Cara Pasang Perekat Keramik di Atas Keramik dan Keuntungannya

Ketika Anda ingin mengganti lantai lama yang sudah kusam dengan lantai baru, tidak perlu membongkar lantai keramik lama. Cukup gunakan lem atau perekat keramik yang bisa langsung Anda aplikasikan di atas keramik. Cara ini lebih praktis dan efisien untuk Anda lakukan.

Selain itu, Anda jadi hemat bahan baku dan hemat waktu pengerjaan. Untuk menggunakan lem keramik di atas keramik tersebut, Anda perlu mengikuti cara pemasangan lem yang benar. Maka dari itu, mari simak artikel ini hingga akhir untuk pembahasan lebih lengkapnya! 

Cara Memasang Perekat Keramik di Atas Keramik

Tile on tile, atau keramik di atas keramik, menjadi metode pemasangan keramik yang dapat Anda lakukan dengan mudah jika menggunakan lem keramik yang tepat.

Berikut cara-cara pemasangannya yang perlu Anda ikuti:

1. Perhatikan Kondisi Keramik Lama

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa keramik lama berada dalam kondisi yang rata dan juga datar. Sebab, ini akan memudahkan aplikasi lem keramik ketika proses pemasangan keramik baru.

Apabila Anda menemukan permukaan keramik lama yang pecah, terangkat, dan tidak rata, maka sebaiknya perbaiki terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan semen untuk mengisi area tersebut hingga rata dan sama tingginya dengan keramik lain.

Lalu, Anda wajib membersihkan keramik lama agar bebas dari kotoran seperti jamur, lumut, maupun noda minyak yang membandel. Permukaan keramik lama yang bersih mencegah risiko kerusakan akibat jamur dan sejenisnya di masa depan.

2. Aplikasikan Mortar

Selanjutnya, Anda dapat mengaplikasikan mortar atau lem keramik berkualitas yang memang dikhususkan untuk aplikasi tile on tile. 
Untuk membantu keramik melekat dengan kuat, Anda dapat menggunakan roskam yang bergerigi.

Ini akan membentuk garis-garis untuk menguatkan ikatan antara keramik baru dan mortar. Pemasangan pun jadi lebih efektif karena aplikasi mortar merata dan cukup porsinya. 

3. Pasang Keramik yang Baru

Apabila mortar telah Anda aplikasikan, maka lanjutkan dengan pemasangan keramik baru. Untuk tahap pemasangan ini, Anda perlu menerapkan teknik pemasangan berlawanan.

Lebih jelasnya, Anda harus memasang arah nat ke arah yang berlawanan dengan nat keramik lama. Kemudian, pastikan setiap nat dan sisinya tertutup dari lapisan keramik yang lama di bagian bawah.

Tidak seperti pemasangan keramik biasa yang perlu perendaman, keramik khusus metode tile on tile tidak memerlukan perendaman terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa lewati tahap ini.

Selama proses pemasangan keramik baru, pastikan bahwa ketebalannya sama rata. Untuk area tidak rata pada keramik lama, Anda perlu menggerinda permukaannya terlebih dahulu agar lapisan mortar atau lem keramiknya tetap rata.

4. Pakai Nat untuk Mengisi Sela Keramik

Setelah keramik rata, Anda bisa mengisi sela-sela pada keramik menggunakan pengisi nat khusus. Tujuan penggunaan nat adalah untuk sebagai penahan muat susut keramik.

Anda sebaiknya tidak menggunakan semen untuk mengisi sela pada keramik. Sebab, semen tidak memiliki fleksibilitas yang sama seperti nat.

Apabila aplikasi nat telah selesai, biarkan selama 24 jam agar nat dapat mengering dengan sempurna.

5. Tambahkan Expansion Joint

Untuk mengakhiri proses pemasangan keramik dengan metode tile on tile, Anda bisa menambahkan nat kembali. Nat dapat dilebarkan pada tiap luasan 6 m x 6 m maupun 8 m x 8 m.

Penambahan nat ini umumnya disebut dengan expansion joint. Tujuannya sebagai sambungan yang akan mengantisipasi dan membantu apabila struktur keramik mengalami pergeseran.

Keuntungan Memasang Perekat Keramik di Atas Keramik


Keuntungan Memakai Perekat Keramik di Atas Keramik

Apa saja keuntungan yang akan Anda rasakan ketika menggunakan lem keramik khusus untuk metode tile on tile? Berikut beberapa di antaranya: 

- Tidak Perlu Membongkar Keramik Lama

Sesuai namanya, keramik yang ditimpa di atas keramik, maka pemasangannya pun tidak memerlukan pembongkaran keramik lama. Ini membuat proses pemasangan lebih cepat dan praktis.

Permukaan keramik yang datar akan memudahkan aplikasi dan tidak memerlukan lapisan primer lagi sebagai pengikatnya. Ini menjadikan tile on tile termasuk solusi terbaik bagi Anda yang ingin renovasi lantai bangunan.

- Tidak Perlu Memakai Pasir

Bila pemasangan keramik umumnya menggunakan pasir, maka metode tile on tile tidak lagi memerlukan pasir. Proses pemasangan keramik cukup dengan lem keramik khusus untuk aplikasi keramik di atas keramik.

- Efisiensi Waktu

Keuntungan berikutnya dari menggunakan metode tile on tile adalah efisiensi waktu. Anda tidak perlu membongkar keramik dari awal, melainkan bisa langsung mengaplikasikan perekat keramik pada permukaan keramik yang lama.

- Hemat Bahan Baku

Selain tidak memerlukan pasir, proses pemasangan dengan tile on tile juga tidak perlu air untuk merendam keramik. Anda pun jadi menghemat bahan baku. Kemudian, Anda juga hemat biaya karena tidak perlu menyewa atau membeli alat khusus untuk melepas keramik.

Cara menggunakan perekat keramik untuk metode tile on tile memberikan berbagai keuntungan bagi Anda. Contohnya, hemat bahan baku, efisiensi waktu, hingga lebih praktis. Pastikan Anda menggunakan produk lem keramik khusus tile on tile yang berkualitas.

SikaCeram - 200 TA Tilefix dan SikaCeram - 255 Big Slab jadi rekomendasi lem keramik yang pas untuk pemasangan tile on tile. Daya lekat dari produk ini sangat kuat sehingga pemasangan pun lebih efektif. Anda tinggal menambahkan air ketika ingin mengaplikasikan perekat.

Lem keramik ini juga bisa Anda gunakan untuk keramik berukuran besar pada area terendam air. Jadi, produk multifungsi dan menawarkan solusi yang efisien.

SikaCeram - 200 TA Tilefix dan SikaCeram - 255 Big Slab adalah produk andalan dari Sika. Perusahaan ini telah mendominasi industri bangunan selama 113 tahun. Berbagai proyek global maupun lokal telah Sika selesaikan. Proyek MRT adalah salah satu contoh hasil kerja Sika yang membuktikan kualitasnya.

Sika berperan penting dalam industri bangunan, sebab menjadi pencetus pertama waterproofing semen di Indonesia. Jadi, percayakan proyek Anda pada Sika untuk hasil yang memuaskan! Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai layanan dan produk perekat keramik Sika, klik di sini!

Post a Comment

0 Comments