5 Cara Mengkilapkan Body Motor Agar Makin Kinclong

5 Cara Mengkilapkan Body Motor Agar Makin Kinclong


Sepeda motor menjadi kendaraan sebagai mobilitas sehari-hari yang banyak ditemukan dijalan. Melewati jalanan penuh liku, menerjang hujan, hingga menempuh jarak yang cukup jauh, tak hanya membuat performa mesin motor menurun, namun juga membuat body motor menjadi kusam dan berdebu, sehingga tidak mengkilap lagi.

Hal tersebutlah yang sering kali dilupakan para pengguna sepeda motor. Padahal, motor juga perlu dirawat bukan hanya bagian dalamnya saja, namun juga bagian luarnya.

Cara Mengkilapkan Body Motor

Untuk menghindari kerusakan pada body motor akibat debu dan berbagai kotoran yang menempel, ada baiknya Anda melakukan cara-cara berikut ini:


1. Stiker Motor (Skolet)

Skolet atau stiker motor, sering kali menjadi alternatif saat kondisi body motor sudah sangat sulit untuk diperbaiki. Dengan bantuan skolet, maka body motor bisa tampak bagus lagi.

Selain dapat menjadikan body motor kembali seperti baru, kegunaan skolet juga dapat melindungi body motor Anda dari lecet. Skolet dapat Anda temukan dengan mudah di kios-kios  atau toko dipinggir jalan yang khusus menjual stiker kendaraan.

2. Body Compound

Compound merupakan komponen berupa gel atau pasta yang berfungsi sebagau penghilang goresan-goresan pada body motor.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan ke bagian body motor yang lecet, kemudian gosok perlahan dan berulang hingga bekas goresannya hilang.

3. Beeswax

Selanjutnya ada beeswax yang bermanfaat agar body motor kinclong. Anda bisa mendapatkan produk beeswax di toko online maupun offline.

Beeswax juga memiliki keunggulan, antara lain:

- Membentuk serat material agar body motor lentur kembali dan tidak rusak, kusam atau mengelupas

- Sifat water resistencenya sangat baik, sehingga dapat mengantisipasi paparan air

- Melindungi body motor dari paparan cuaca buruk yang dapat merusak

- Membantu mempertahankan hingga mengembalikan warna asli body motor

4. Rutin Mencuci Motor

Mencuci motor sudah pasti pernah Anda lakukan. Namun, seberapa rutinkah? Karena, mencuci motor secara rutin dapat membuat body motor kembali mengkilap.

Anda dapat mencuci motor dengan menggunakan sabun atau shampo khusus motor yang mudah ditemukan dibengkel. Hindari menggunakan deterjen, karena akan menyebabkan cat motor mengelupas dan warnanya semakin pudar.

Setelah memastikan semua bagian motor bersih, kemudian keringkan motor dengan lap bersih atau kanebo. Lap juga motor Anda secara rutin, supaya body motor selalu mengkilap.

Namun, jika Anda tidak sempat mencuci motor sendiri, Anda bisa membawanya ke tempat pencucian motor. Lakukan pencucian motor paling tidak seminggu sekali, atau bisa lebih sering jika kondisi motor benar-benar kotor.

5. Perhatikan Kebersihan Komponen Metal

Komponen metal bisa termasuk mesin, pelek, knalpot, dll. Pastikan semua bagian metal tidak berkarat dan selalu dirawat, karena jika tidak, maka akan menyebabkan tampilan motor tidak menarik lagi, bahkan dapat merusak performa mesin.

Selain memperhatikan kondisi body motor dan performanya, Anda juga harus memproteksi sepeda motor kesayangan dengan asuransi motor terpercaya, agar perlindungannya lebih maksimal.

Untuk berbagai pilihan asuransi terbaik, ayo segera kunjungi Cekpremi.com, karena tersedia berbagai jenis asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan motor Anda, sehingga senantiasa waspada apabila membutuhkan biaya perawatan tak terduga. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments