Rincian Biaya Konversi Motor Listrik yang Harus Diketahui

Konversi Motor Listrik


Tren penggunaan kendaraan listrik terus meningkat seiring berjalannya tahun. Pemerintah Indonesia terus menggencarkan terciptanya iklim elektrifikasi. Salah satunya dengan mendorong masyarakat melakukan konversi motor bensin menjadi motor listrik. Penggunaan motor listrik dinilai lebih irit dibandingkan motor BBM. 

Namun konversi motor listrik membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan cukup menguras kantong. Banyak orang harus menunda keinginan konversi motor listrik karena terkendala biaya. Jika Anda berniat untuk konversi motor listrik segera mungkin, Anda bisa mengajukan pinjaman KTA

Pinjaman KTA adalah layanan pinjaman dana yang disediakan oleh perbankan bagi nasabah yang membutuhkan dana. Produk pinjaman ini banyak digemari karena proses pengajuan pinjaman tidak membutuhkan agunan atau jaminan seperti kredit pada umumnya. 

Anda bisa memanfaatkan pinjaman KTA agar keinginan konversi motor listrik bisa terwujud secepatnya. Namun sebelum melakukannya, Anda perlu perlu tahu rincian biaya dan tempat konversi motor listrik.

Kelebihan Menggunakan Motor Listrik

Motor listrik banyak digemari karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan motor BBM. Ada sejumlah manfaat yang akan Anda rasakan ketika menggunakan motor listrik. Berikut beberapa hal yang membuat banyak orang ingin segera memiliki motor listrik.

1. Suara Tidak Bising

Motor listrik memiliki suara yang lebih halus dibandingkan motor BBM. Motor listrik tidak tidak mengalami proses internal yang bisa menimbulkan kebisingan. Saat memakai motor listrik, Anda tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang. Apalagi saat melewati gang-gang sempit di pemukiman pada penduduk.

2. Lebih Efisien

Motor listrik dinilai tiga kali lipat lebih efisien dibanding motor BBM. Tingkat efisiensi motor listrik dapat mencapai 90%. Angka tersebut terpaut jauh dibandingkan motor konvensional yang efisiensinya hanya 30%.

3. Lebih Ramah Lingkungan

Motor listrik juga disebut lebih ramah lingkungan dibandingkan motor yang menggunakan BBM. Motor listrik tidak mengeluarkan asap, sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara dari karbondioksida dan karbonmonoksida.

4. Perawatan Lebih Mudah

Banyak orang yang mencemaskan kebutuhan untuk perawatan motor listrik. Ternyata perawatan motor listrik lebih mudah karena komponennya relatif lebih minim dibanding motor BBM. Motor listrik tidak perlu pemeliharaan mesin dan ganti oli terlalu sering. Komponen yang perlu diperhatikan perawatannya, yakni di bagian kampas rem, minyak rem, dan ban.

5. Pengisian Daya Lebih Murah

Motor Listrik


Pengisian daya yang lebih murah juga menjadi kelebihan dari motor listrik. Kebutuhan isi daya motor listrik relatif lebih murah dibanding motor BBM. Biaya charging dan tukar baterai motor listrik hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp10 ribuan. Dengan pengeluaran sekecil itu, Anda sudah bisa mengendarai motor listrik ke berbagai tempat. Bandingkan dengan biaya bahan bakar jika Anda memakai motor konvensional untuk berkeliling.

Rincian Biaya Konversi Motor Listrik

Berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk konversi motor listrik? Sebelum melakukan konversi motor listrik, Anda perlu tahu besaran biaya yang dibutuhkan supaya bisa menyiapkan dana yang cukup. 

Konversi motor listrik matic dengan non matic dikenakan biaya yang berbeda. Biaya untuk konversi motor listrik matic dipatok sebesar Rp14.1 juta. Sementara untuk konversi motor listrik non matic membutuhkan biaya Rp15 juta. 

Selain biaya tersebut, Anda juga perlu menyiapkan uang untuk biaya pengujian motor listrik konversi. Badan Pengujian Laik Jalan & Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) akan melakukan pengujian tersebut. Biaya pengujiannya yakni sebesar Rp430.000. 

Anda juga perlu membayar biaya administrasi lainnya, seperti biaya pengurusan cek fisik nomor mesin lama, nomor rangka, nomor motor listrik, STNK, BPKB, dan TNKB. Semua urusan administrasi tersebut memerlukan total biaya Rp500.000. 

Biaya jasa motor listrik konversi ke bengkel bersertifikasi, yakni sejumlah Rp1.2 juta. Biaya tersebut di luar biaya penggantian komponen konvensional atau sparepart motor. Kemudian untuk penerbitan SUT dan SRUT di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersifat gratis atau tidak dikenakan biaya sama sekali. 

Jadi total keseluruhan biaya konversi motor listrik dan tambahan-tambahan lainnya bisa mencapai sekitar Rp16.23 juta untuk motor matic. Sementara biaya konversi motor listrik non matic memerlukan budget kisaran Rp17.13 juta.

Tempat Konversi Motor Listrik

Setelah mengetahui rincian biaya konversi motor listrik, pastinya Anda bertanya-tanya di mana tempat untuk melakukan konversi. Konversi motor listrik bisa dilakukan di bengkel konversi yang telah tersertifikasi Kemenhub. 

Berikut rekomendasi bengkel untuk konversi motor listrik:

- Litbang ESDM: Jl. Pendidikan, Pengasihan, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

- PT Nagara Sains Konversi: Treasury Tower Lantai 7, District 8, SCBD, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan.

- Elders Garage: Jl. Pangeran Antasari No. 36, Jakarta Selatan.

- PT Handhika Garda Parama: Jl. Raya Mabes Hankam No. 28, Setu, Cipayung, Jakarta Timur.

- Juara Bike (Selis): Jl. Raya Serang Km 14,2, Pasir Gadung, Cikupa, Tangerang, Banten.

- Bintang Racing Team (BRT), PT Tri Mentari Niaga: Jl. Raya Sirkuit Sentul No.84, Sentul, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810.

- PT Braja Elektrik Motor: Jl. Keputih Tegal No. 28, Keputih, Sukolilo, Surabaya

- Kampus ITS Surabaya.

- PT Percik Daya Nusantara: Jl. Dewi Sri No.5, Legian, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361.

- Electric Wheel, PT Roda Elektrik Gemilang: Jl Antasura No 50, Peguyangan Kangin, Denpasar, Bali.

Setelah mengetahui biaya dan tempat konversi motor listrik, pastinya Anda sudah tidak sabar untuk segera melakukan konversi. Soal biaya, Anda tidak perlu bingung karena ada layanan pinjaman KTA dari perbankan yang bisa dimanfaatkan. Salah satu pinjaman KTA cepat cair yang cocok untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah PermataKTA.

Mengajukan Pinjaman KTA untuk Konversi Motor Listrik

PermataKTA merupakan layanan pinjaman tanpa agunan yang disediakan oleh PermataBank. Layanan KTA ini menyediakan dana pinjaman yang besar mencapai Rp300 juta, sehingga sangat cocok untuk kebutuhan konversi motor listrik.

Dengan memanfaatkan PermataKTA, Anda bisa mewujudkan keinginan memiliki motor listrik tanpa perlu mengganggu kondisi keuangan. 

Anda bisa mengajukan PermataKTA secara online melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Anda akan menikmati banyak keuntungan ketika menggunakan PermataKTA.

Selain pinjaman dana hingga Rp300 juta, sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda nikmati di antaranya tenor hingga 5 tahun, bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, serta syarat dan cara pengajuannya yang mudah. 

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta

Post a Comment

0 Comments