Ukuran Standar Pintu Rumah dan Cara Tepat Mengukurnya


Ukuran Standar Pintu Rumah, Cara Mengukur Pintu Rumah, Pintu Rumah Ideal

Berapa ukuran standar pintu rumah? Pertanyaan demikian sering kali ke luar dari benak kita, bukan? Karena memang, masih banyak yang belum memahami hal tersebut.

Ukuran standar pintu rumah tidak bisa sembarang ukur. Akan tetapi, semuanya harus diperhitungkan dengan benar dan tepat, agar pintu rumah dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Ukuran Standar Pintu Rumah: Cara Mengukur dan Menentukan Tinggi Pintu Rumah

Ukuran pintu rumah harus sesuai standar. Tidak boleh asal pasang saja. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum membangun rumah. Terutama memperhitungkan lebar dan tinggi ukuran standar pintu rumah, yang bukan hanya diukur dari tinggi para penghuninya saja, namun juga memperkirakan tinggi rata-rata tamu yang akan berkunjung ke rumah serta ukuran standar furniture, seperti tempat tidur, lemari, meja, dsb.

Dilansir dari laman citrakayon.co.id yang sekaligus merupakan perusahaan perkayuan yang berlokasi di Jakarta, Indonesia, PT Intisurya Citratama mejelaskan, bahwa standar ukuran pintu rumah ideal di Indonesia harus disesuaikan dengan tinggi badan masyarakat di wilayah Asia pada umumnya.

Hal tersebut juga tentunya akan jauh berbeda dan tidak bisa disamakan dengan ukuran standar pintu rumah di wilayah Eropa. Karena, mayoritas penduduknya pun memiliki tinggi badan di atas rata-rata.

Misalnya saja, jika tinggi masyarakat lokal Eropa lebih dari 180 cm, maka ukuran tinggi pintu bisa mencapai 250 cm dengan lebar sekitar 90 cm.

Sementara itu, untuk dapat memastikan berapa ukuran standar pintu rumah di Indonesia, ada baiknya perkirakan terlebih dahulu lebar dan tinggi badan orang-orang yang akan melewatinya. Mengambil ukuran tinggi rata-rata orang Indonesia yakni sekitar 160 cm - 180 cm. Maka baiknya, membuat kusen pintu melebihi ukuran tersebut.

Umumnya, ukuran standar pintu rumah mencapai 210 cm, ditambah ketebalan kusen 6 cm, maka total ukuran pintu rumah menjadi 216 cm. Sementara untuk ukuran lebarnya sekitar 60 cm - 80 cm.

Kecuali pintu kamar mandi yang bisa dibuat lebih kecil sekitar 70 cm - 80 cm, ukuran pintu kamar, pintu dapur dan pintu gudang, lebar dan tingginya bisa disamakan dengan ukuran pintu utama atau ruang tamu. Bukan hanya difungsikan sebagai penghubung satu ruangan ke ruangan lain, namun supaya mempermudah memasukkan segala jenis perabot yang diperlukan.

Seperti terdapat tempat tidur atau spring bed yang memiliki ukuran hingga 2 m. Untuk memasukkannya ke dalam ruang tidur, Anda dapat menggunakan cara dengan memiringkannya terlebih dahulu, sehingga bisa melewati pintu dengan leluasa.

Lalu, berapakah ukuran standar pintu rumah 2 pintu? Pintu utama dengan dua daun pintu umumnya memiliki dua kali lipat ukuran pintu rumah tunggal, yakni mencapai tinggi 210 cm dan lebar 120 cm.

Ukuran pintu rumah tersebut sudah cukup ideal untuk sebuah hunian di area komplek perumahan, rumah mewah hingga model rumah minimalis.

Itu lah tadi pembahasan tentang ukuran standar pintu rumah yang bisa menjadi panduan untuk Anda sebelum membangun rumah.

Selain mengetahui hal penting di atas, pastikan pula untuk memilih pintu rumah yang terbuat dari bahan kayu berkualitas, sehingga tahan lebih lama dan menjadikan hunian terasa lebih aman dan nyaman.

Bersama Citra Kayon yang sudah berpengalaman di dunia perkayuan spesialisasi ekspor bahan bangunan kayu berat sekaligus distribusi grosir selama hampir 20 tahun. Dikenal dengan nama Citra Parquet, perdagangan ini pun sudah bertaraf internasional.

Menggunakan berbagai jenis kayu berkualitas dan tahan lama, seperti pohon merbau, pohon jati hingga pohon sungkai yang meruoakan jenis kayu tropis eksotis yang terbaik.


Post a Comment

0 Comments