Mengenal Lebih Dekat Pengertian dan Kelebihan Reksadana Saham

 

Mengenal Lebih Dekat Pengertian dan Kelebihan Reksadana Saham


Popularitas Reksadana sebagai salah satu instrumen investasi kini semakin meningkat. Investasi ini terbagi menjadi beberapa jenis dan salah satunya adalah Reksadana saham yang ternyata banyak diminati sekaligus direkomendasikan.


Berbeda dari investasi saham, investor di bidang Reksadana dalam bentuk saham ini tidak akan mengelola dananya sendiri melainkan diserahkan kepada manajer investasi. 


Sesuai dengan namanya, investasi ini dalam bentuk portofolio saham. Portofolio ini nantinya akan dikelola langsung oleh manajer investasi sehingga akan menghasilkan return atau keuntungan.


Manajer investasi bisa melakukan jual beli saham untuk mendapatkan selisih transaksi yang nantinya menjadi profit bagi investor.


Kelebihan Investasi Reksadana Saham

Setiap jenis instrumen investasi pasti selalu punya kelebihan masing-masing. Inilah yang menjadi pertimbangan penting bagi kamu agar semakin yakin memilih instrumen investasi tertentu. Berikut ini adalah beberapa poin kelebihan investasi dalam bentuk Reksadana saham yang bisa jadi bahan pertimbangan untukmu:


1. Modal Investasi Kecil

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh produk investasi ini adalah modal yang dibutuhkan tergolong ringan. Saat akan memulai investasi, jelas sekali bahwa kamu harus memikirkan besar modal yang harus dikeluarkan.


Untuk jenis investasi Reksadana saham ini kamu tidak butuh modal yang besar bahkan ada yang bisa dimulai dengan angka Rp100.000,00 saja. 


2. Ada Dukungan dari Manajer Investasi

Jika kamu ingin berinvestasi dalam aset saham maka Reksadana saham ini akan jadi pilihan tepat. Apalagi jika kamu masih terbilang pemula dan belum mahir dalam berinvestasi. Dibandingkan dengan investasi saham,


Reksadana dalam bentuk aset saham ini jauh lebih direkomendasikan. Penyebabnya adalah dalam instrumen investasi ini uangmu akan dikelola langsung oleh manajer investasi. 


Kamu akan mendapatkan dukungan dari manajer investasi yang sudah berpengalaman. Otomatis dana investasi yang kamu keluarkan pasti akan dikelola secara optimal dan performanya juga akan jauh lebih memuaskan.


Dukungan dari manajer investasi ini akan mempermudah kamu yang tidak punya pengalaman sama sekali dalam dunia Reksadana saham.


3. Return Relatif Besar

Sudah jelas kamu pasti ingin mendapatkan return yang besar lewat langkah investasi yang kamu ambil. Investasi Reksadana saham ini diketahui bisa memberikan nilai return yang relatif tinggi.


Jika dibandingkan dengan investasi Reksadana dalam bentuk aset lainnya, investasi ini memang sangat menguntungkan.


Namun harus diketahui dulu bahwa investasi Reksadana dalam bentuk saham ini merupakan tipe investasi untuk jangka panjang. Artinya, dibutuhkan waktu untuk mendapatkan return yang tinggi dari program investasi ini.


Jadi memang kamu harus bersabar dan menjadikan langkah investasi ini sebagai strategi untuk meraih target atau tujuan jangka panjang di masa depan.


4. Bebas dari Pajak

Salah satu hal menarik yang membuat Reksadana saham ini banyak diminati adalah karena bebas pajak. Memang benar bahwa semua produk investasi Reksadana itu dibebaskan dari pajak.


Artinya, tidak ada potongan dana sama sekali dari return yang akan kamu terima nanti. Hanya saja kamu memang harus membayar fee kepada manajer investasi yang sudah mengelola dana modalmu di instrumen tersebut.


5. Fleksibel

Investasi Reksadana dalam produk saham ini tergolong sangat fleksibel. Kamu bisa menjual kembali produk Reksadana kapan saja diinginkan.


Sistem seperti ini cukup sulit untuk diterapkan di investasi saham karena tingkat likuiditasnya sangat bergantung kepada saham yang dibeli. Jadi pada investasi saham, ketika suatu saham sepi peminat maka sulit untuk menjualnya sehingga kurang fleksibel.


Keuntungan investasi dalam bentuk Reksadana saham bisa kamu dapatkan jika kamu mulai berinvestasi sejak dini. Semakin awal kamu memulai maka semakin besar pula keuntungan yang bisa kamu nikmati di masa depan.


Jadi jangan ragu dan segera mulai langkahmu untuk mengelola dana di instrumen investasi yang satu ini.


Investasi Reksadana Mudah bersama digibank by DBS

Semakin tertarik untuk menginvestasikan danamu dalam bentuk Reksadana saham? Tak perlu pusing dan ribet, kamu bisa langsung bergabung dengan layanan banking digibank by DBS.


DBS merupakan grup jasa keuangan terkemuka yang ada di Asia dan telah dipercaya oleh banyak orang untuk mengelola dana investasi secara optimal. Seiring dengan tingginya minat anak muda untuk berinvestasi sejak dini, DBS menghadirkan solusi investasi yang praktis dan fleksibel.


Berikut ini adalah beberapa kelebihan melakukan investasi Reksadana bersama digibank by DBS:


- Modal Ringan Mulai Rp100 ribu

Hanya dengan Rp100.000,00 kamu sudah bisa mulai Reksadana saham di digibank by DBS. Nilai modal ini tentu sangat ringan dan cocok sekali bagi kalangan anak muda yang ingin belajar investasi sejak dini.


- Pembelian Fleksibel

Prosedur pembelian Reksadana di digibank by DBS sangat fleksibel. Terasa fleksibel karena kamu bisa melakukan pembelian dengan mudah kapan saja lewat satu aplikasi mobile. Bahkan kamu juga bisa melakukan perubahan nominal investasi per bulan langsung kapan saja dibutuhkan.


- Banyak Pilihan Produk Reksadana

Ada banyak pilihan lebih dari 50 produk Reksadana yang tersedia di digibank by DBS. Kamu bisa memilih produk Reksadana yang memiliki prospek paling menguntungkan dan menghasilkan return yang besar.


- Bisa Diakses dalam Satu Aplikasi

Kamu bisa melakukan investasi dengan mudah dalam satu layanan aplikasi digibank by DBS. Mulai dari aktivitas jual, beli, dan switch investasi bisa dilakukan secara praktis kapanpun melalui satu aplikasi saja. Selain itu lewat aplikasi ini kamu juga bisa mendaftar SID yang akan dipakai untuk membeli aset investasi.

 

- 3 Pilihan Reksadana

Melalui digibank by DBS kamu bisa menentukan pilihan produk Reksadana terbaik. Ada 3 pilihan Reksadana mulai dari Reksadana dengan kinerja terbaik, paling populer, dan scoring terbaik.


Kini Reksadana saham bisa kamu jangkau dengan mudah bersama digibank by DBS. Melalui layanan bank digital ini kamu bisa dengan mudah membeli instrumen investasi dan menikmati return yang diberikan. Mulailah sedini mungkin agar kamu bisa merasakan keuntungan yang optimal di masa depan.

Post a Comment

0 Comments

Promo Tour Bali Murah