Ciri-ciri Rumah Tidak Sehat yang Wajib Diketahui

Ciri-ciri Rumah Tidak Sehat yang Wajib Diketahui

Ciri-ciri rumah tidak sehat sudah sepatutnya Anda ketahui dengan baik. Karena, rumah yang tidak sehat tentu saja akan membuat tidak nyaman. Untuk itu, setiap hunian wajib mendapat perhatian untuk selalu dirawat segala sisinya, baik dari luar maupun dalam.

Ciri-ciri rumah yang tidak sehat juga menjadi faktor utama penyebab kualitas kesehatan penghuninya menurun. Jika rumah dalam keadaan kotor atau berbagai hal yang mengganggu, jangan sampai dibiarkan terlalu lama, karena akan semakin mengancam kesehatan diri dan juga keluarga.


Ciri-ciri Rumah Tidak Sehat yang Wajib Diketahui

Untuk menghindari hal tersebut, maka sebelum Anda memilih hunian yang tepat atau apabila sudah terlanjur menempati sebuah rumah, ada baiknya Anda perlu mengetahui ciri-ciri rumah tidak sehat berikut ini, antara lain:


1. Lingkungan sekitar buruk

Perhatikan keadaan lingkungan sekitar rumah Anda. Pastikan kondisinya bersih, dan jauh dari pabrik, atau tempat pembuangan limbah. Hal ini bisa sangat mempengaruhi tingkat kesehatan rumah dan anggota keluarga. Pilihlah lokasi rumah yang sehat dengan cukup penghijauan dan sanitasi yang baik.


2. Ukuran rumah terlalu sempit

Membangun rumah di atas lahan yang sempit, tentu saja akan membentuk ruang-ruang yang sempit pula. Inilah yang menjadikan salah satu alasan rumah tampak tidak sehat, karena ruang gerak jadi terbatas, kurangnya cahaya masuk, dan sirkulasi udara yang tidak berganti.

Sebenarnya tidak jadi masalah jika ukuran rumah sempit, asalkan jangan terlalu, rajin dibersihkan, minim barang, dan memiliki cukup jendela untuk cahaya masuk dan ventilasi untuk sirkulasi udara.


3. Pola sanitasi dan elektrikal yang buruk

Ciri-ciri rumah tidak sehat terkadang memiliki aroma air yang tidak sedap, air tidak bening cenderung berwarna coklat atau hitam, atau malah mengeluarkan kotoran seperti tanah dan hewan-hewan kecil.

Penting untuk selalu memastikan bahwa jalur sanitasi air bersih dan air kotor terpisah dan tertata. Hal ini dilakukan agar air bersih tidak tercemar dan air kotor mengalir dengan lancar serta tidak tersumbat, sehingga tidak menjadi sumber penyakit.


4. Sampah dan limbah tidak dikelola dengan baik

Setiap hunian pasti memiliki tempat pembuangan sampah dan limbah. Anda harus memastikan tempat pembuangan tersebut baik serta tidak mengganggu atau mencemari rumah dan lingkungan sekitar.


5. Bahan bangunan tidak aman dan kuat

Setiap bahan bangunan pasti memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang berbeda-beda, bahkan beberapa di antaranya mengandung racun. Cobalah untuk terlebih dahulu konsultasikan kepada ahlinya untuk memilih bahan bangunan yang aman dan tahan lama.


6. Terdapat sarang hama

Berkaitan dengan poin ke 5, bahwa bahan bangunan harus memiliki daya tahan yang kuat agar tahan lama. Termasuk menghindarkannya dari segala jenis hama, seperti rayap, yang bisa merusak material kayu. Tikus atau curut, yang bisa membuat kotor disegala sudut rumah. Atau bahkan atap yang bisa menjadi sarang kelelawar, maka dari itu Anda harus segera mengetahui cara untuk mengusir kelelawar di rumah. Segera lakukan tindakan pembasmian, agar hama tidak kembali lagi dan rumah pun menjadi lebih sehat dan nyaman untuk ditinggali.

Itulah tadi ciri-ciri rumah tidak sehat yang wajib Anda ketahui. Jadi, sebelum memilih rumah, cek terlebih dulu kondisi rumah dan sekitar. Dan jagalah selalu kebersihan rumah, agar senantiasa tampak bersih dan nyaman untuk ditinggali. Semoga bermanfaat dan silakan berbagi ke media sosial.


0 Comments

Yuk! Kasih komentar menarik tentang artikel ini, lalu bagikan ke media sosialmu dan jangan lupa kembali lagi ya.. (No Spam)