Tips Memilih Cat Tembok yang Tepat Agar Rumah Semakin Nyaman

Tips Memilih Cat Tembok yang Tepat Agar Rumah Semakin Nyaman


Cat tembok menjadi daya tarik yang apik pada sebuah tempat tinggal. Pemilihan warna cat tembok pun tidak boleh sembarangan agar lebih tahan lama dan pasti aman.

Warna cat tembok biasanya mencerminkan karakter sang pemilik rumah. Oleh karenanya, agar warna cat tembok tetap awet dan jauh dari kerusakan, ada baiknya memilih cat tembok dengan komposisi yang terbaik pula.

Tips Memilih Cat Tembok

Ada ratusan hingga ribuan warna cat tembok yang ditawarkan berbagai merek cat dan bisa Anda pilih untuk mempercantik rumah. Namun sebelum memilihnya, Anda perlu mengetahui apa-apa saja yang menjadikan cat tembok pantas untuk dipilih sehingga menjadikan rumah Anda semakin menarik dan nyaman untuk ditinggali.

Berikut tips memilih cat tembok yang tepat, antara lain:

1. Karakteristik Warna

Karena setiap warna memiliki karakternya masing-masing, maka Anda harus mengetahui pula karakter dari warna cat tembok.

Menurut penelitian Color Psychology: A Critical Review oleh Whitfield TW dan Wiltshire TJ, gagasan dalam setiap warna kemungkinan besar akan memengaruhi pengalaman, nilai budaya dan konteks pada seseorang.

Sebelum memilih cat tembok dengan karakteristiknya, ada baiknya jika Anda memerhatikan arsitektur rumah Anda terlebih dulu. Sebagaimana dilansir dari The Spruce, warna populer kelak akan lebih berkesan dari masa ke masa.

2. Komposisi yang Aman

Bukan hanya pada makanan atau minuman, dalam memilih cat tembok juga dibutuhkan komposisi yang aman dan berkualitas.

Karena sebuah rumah pasti akan menjadi tempat berkumpulnya keluarga. Maka pastikan memilih cat tembok dengan komposisi tepat yang berkualitas, agar tidak cepat pudar, kusam, bahkan menimbulkan bau menyengat.

Cat tembok berkualitas baik adalah cat berbasis air yang memiliki komposisi serta kandungan seperti Volatil Organic Compound (VOC) yang rendah. Jika terlalu tinggi kandungannya, maka akan menyebabkan gangguan pernapasan, sakit kepala hingga pikun.

3. Terdapat Kandungan Anti-Chloride

Memperhatikan lokasi rumah juga penting sebelum memilih cat tembok. Jika rumah berada di area pantai, maka appstikan cat tembok mengandung anti-chloride.

Sebab, suhu daerah pantai akan terus berubah karena pengaruh udara dan air laut. Permukaan air laut yang seperti cermin, sering kali memantulkan cahaya matahari yang mengakibatkan menaiknya suhu.

Bukan hanya itu, kadar asam dan garam laut pun dapat menyebabkan tembok kusam dan mudah retak akibat zat korosif.

4. Mampu Mencegah Keretakan

Faktor usia bangunan, cuaca dan sejumlah saluran dalam tembok juga akan memengaruhi warna cat, lho. Untuk itu, pentingnya memilih cat tembok dengan kandungan yang dapat mencegah dari mudah retak dan mengelupas.

5. Formula dan Teknologi

Terakhir, perhatikan pula bagaimana formula serta teknologi yang telah digunaakan pada cat tembok. Mengingat banyaknya merek cat tembok yang hadir dipasaran, membuat konsumen bingung saat memilih. Pastikan jangan salah pilih hanya karena warnanya bagus saja.

Karena, formula dan teknologi yang digunakan masing-masing merek cat tembok sudah pasti berbeda-beda. Cukup mengingat bahwa cat tembok yang Anda pilih memberikan jaminan kualitas yang terbaik dan lebih unggul dari cat tembok merek lain.

Jadi, bukan hanya memilih lokasi bangunan tempat tinggal di daerah yang aman dan nyaman, akan tetapi, perlu juga memilih cat tembok dengan karakteristik yang sesuai dan yang terpenting memiliki warna dan komposisi sangat aman bagi keluarga tercinta. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments