Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat Perlu Dicatat

Memilih Asuransi Mobil


Memilih asuransi mobil tidak kalah pentingnya dari memilih asuransi diri. Untuk itu, perlunya kesadaran melindungi kendaraan, baik dengan asuransi mobil maupun konvensional.


Hal ini tentu saja mengurangi kekhawatiran akan risiko terjadinya kecelakaan yang bisa mengancam nyawa dan kendaraan. Banyaknya pilihan perusahaan asuransi mobil dan produk yang ditawarkan, seringnya membuat Anda bingung memilih yang tepat sesuai dengan kebutuhan.


5 Hal Penting Sebelum Memilih Asuransi Mobil


Untuk mengatasi kekhawatiran Anda dalam memilih asuransi mobil yang tepat, berikut kelima tips yang bisa Anda terapkan, antara lain:


1. Perhatikan Jenis Perlindungan yang Anda Butuhkan


Umumnya, terdapat dua jenis perlindungan yang tersedia pada asuransi mobil, yaitu:


- All risk, yang memberikan perlindungan secara meyeluruh, mulai dari kerusakan ringan hingga risiko kehilangan.


- Total Lost Only (TLO), yang memberikan perlindungan lebih dari 75% kerusakan mobil, kehilangan disebabkan pencurian atau perampasan.


Kedua jenis perlindungan kendaraan di atas umumnya mendapatkan perluasan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, ketika rumah sering kali terkena banjir, maka akan sangat penting menambahkan perlindungan dari risiko tersebut. Perluasan perlindungan semacam ini, merupakan faktr penentu untuk memilih perusahaan asuransi mobil yang tepat. 


2. Pentingnya Melakukan Perhitungan Premi Asuransi Mobil


Terdapat tiga faktor penentu yang bisa mempengaruhi seberapa besar premi yang akan dibayarkan oleh nasabah, yaitu tipe perlindungan, jenis serta usia kendaraan, dan sesuai kategori lokasi kendaraan beroperasi sesuai dengan ketetapan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Umumnya kendaraan yang berusia di atas lima tahun, memiliki jumlah premi yang lebih besar. Hal ini dikarenakan adanya loading fee.


Sementara berdasarkan lokasi kendaraan beroperasi, OJK membaginya menjadi tiga wilayah, antara lain:

- Wilayah 1 untuk Sumatera dan kepulauan sekitarnya,

- Wilayah 2 untuk DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten,

- Wilayah 3 untuk wilayah di luar 1 dan 2.


3. Perhatikan Reputasi Perusahaan Asuransi


Beragam jenis produk asuransi mobil, akan memberikan pelayanan dan menawarkan besaran premi yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui dan reputasi perusahaan asuransi guna membandingkan mana yang terbaik.


Misalnya dengan melihat rasio likuiditasnya, risk based capitalnya, besaran dana jaminannya, kualitas pelayanannya hingga faktor lain yang berhubungan dengan sistem keuangan yang berjalan dalam perusahaan asuransi mobil tersesbut. Satu lagi, pastikan perusahaan asuransi telah terdaftar secara resmi pada Asosiaso Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan OJK.


Pilihan Asuransi Mobil yang Tepat Bersama Tugu Insurance


Berdiri pada 25 November 1981, Tugu Insurance sebagai perusahaan asuransi umum yang berkantor pusat di Jakarta ini, sudah banyak dipercaya banyak pihak sebagai asuransi yang tepat.


Memiliki banyak pilihan produk asuransi, asuransi mobil dari Tugu Insurance bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari asuransi kendaraan dengan berbagai keunggulannya.


Kenapa Harus Memilih Asuransi Tugu? Berikut Alasannya!


Ada banyak manfaat saat Anda memilih Asuransi Mobil Tugu, yakni, mendapatkan perlindungan jaminan Total Loss Only, pilihan premi terjangkau, memberikan pelayanan trex 24 jam yang dapat membantu Anda saat mobil mengalami kecelakaan, aki mobil habis, ban mobil bocor hingga mogok.


Asuransi Tugu juga memiliki tiga produk unggulan yang umumnya ditujukan untuk kosporasi yang tentunya jarang dimiliki perusahaan asuransi lain, di antara:

1. Asuransi Aneka

2. Asuransi Energi

3. Asuransi Rekayasa


Selain itu, terdapat pula asuransi Workmen’s Compensation Insurance yang memberikan manfaat perlindungan berupa santunan dan juga perawatan khusus karyawan yang mengalami kecelakaan selama bekerja.


Itulah tadi tips memilih asuransi mobil yang tepat. Pastikan menerapkan poin-poin di atas sebelum memilih asuransi mobil, agar tidak menyesal kemudian. Semoga bermanfaat. 

Post a Comment

0 Comments

Promo Tour Bali Murah