Berbagai Istilah Reksadana Pasar Uang dan Simulasinya

Berbagai Istilah Reksadana Pasar Uang dan Simulasinya


Saat ini, Reksadana pasar uang menjadi pilihan bagi banyak investor untuk mengalokasikan dananya pada instrumen investasi. Bahkan pasar uang merupakan investasi yang tengah mengalami uptrend sepanjang tahun 2021.


Kepopuleran investasi ini tidak luput dari kondisi yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Bahkan selama pandemi, pasar uang terbukti mampu memberi imbal hasil positif bagi para investor.


10 Istilah Reksadana Pasar Uang yang Wajib Diketahui

Berencana membuka rekening Reksadana pasar uang? Sebelum Anda memulai, alangkah baiknya kenali terlebih dahulu beberapa istilah yang akan sering muncul dalam investasi Reksadana. Berikut istilah-istilah tersebut.


1. Manajer Investasi

Istilah yang pertama ini akan sering muncul dalam investasi Reksadana. Manajer investasi adalah perusahaan atau lembaga keuangan yang mengelola dana investasi Reksadana.

Manajer investasi biasanya sudah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga terjamin kredibilitasnya.


2. NAB (Nilai Aktiva Bersih)

NAB merupakan jumlah dana masyarakat yang dikelola di dalam investasi Reksadana. Cara penghitungan NAB biasanya berdasarkan total harga aset dalam investasi Reksadana. Aset-aset yang dimaksud diantaranya seperti Reksadana pasar uang, obligasi, maupun saham.

Kemudian total aset tersebut akan dikurangi biaya operasional seperti biaya bank kustodian, pajak, dan lainnya.


3. UP (Unit Penyertaan)

UP merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan seorang pemilik modal dalam Reksadana. UP biasanya digunakan sebagai acuan kepemilikan seseorang atas Reksadana.


4. NAB/UP

Istilah ketiga ini juga akan sering Anda dengar ketika memiliki Reksadana. NAB/UP merupakan nilai hasil penghitungan nilai aktiva bersih dibagi jumlah unit penyertaan investasi Reksadana.

NUB/UP sewaktu-waktu bisa naik maupun turun. Investor akan mendapatkan keuntungan ketika NAB/UP mengalami kenaikan dibandingkan dengan saat pembelian. Begitu juga sebaliknya, NAB/UP yang turun akan menyebabkan kerugian.


5. FFS (Fund Fact Sheet)

Investor Reksadana pasar uang akan mendapatkan laporan bulanan secara berkala dari manajer investasi. Laporan tersebut dikenal dengan istilah FFS yang memaparkan berbagai informasi mengenai NAB, kinerja Reksadana, hingga NAB/UP.


6. Redemption

Istilah redemption biasanya digunakan untuk penjualan Reksadana. Semenara itu, penjualannya sendiri biasanya dilakukan di hari bursa.


7. Cut Off Time

Bagi yang sudah memiliki pengalaman Reksadana, mungkin sudah cukup sering mendengar istilah ini. Cut off time adalah batas waktu penjualan, pengalihan, maupun pembelian Reksadana. Biasanya cut of time ditentukan mulai dari pukul 11.00.


8. Switching Reksadana

Istilah berikutnya ini mungkin akan sering Anda dengar. Switching adalah istilah saat melakukan pengalihan unit Reksadana dari suatu unit ke unit Reksadana yang lainnya.


9. Bank Kustodian

Istilah bank kustodian merujuk pada bank umum yang memiliki peran sebagai jasa penitipan efek dan harta lainnya. Penitipannya pun meliputi bunga, dividen, dan sebagainya. 

Bank kustodian pada Reksadana pasar uang biasanya sudah mendapatkan izin dari OJK.


10. Portofolio Reksadana

Bagi yang belum punya pengalaman Reksadana, Anda wajib tahu apa itu portofolio Reksadana. Istilah ini merujuk pada berbagai sarana investasi

yang sudah disusun oleh manajer investasi dalam suatu investasi Reksadana.


Simulasi Reksadana Pasar Uang

Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan saat berencana berinvestasi Reksadana. Salah satunya adalah melakukan simulasi. Tujuan dari simulasi ini yaitu untuk menghitung keuntungannya.


Simulasi juga merupakan bagian perencanaan saat akan berinvestasi.  Berikut kami jelaskan cara mudah melakukan simulasi Reksadana untuk Anda yang ingin mulai berinvestasi.


Contoh, Pak Budi berinvestasi dengan dana sebesar Rp100.000.000 pada tanggal 1 Januari dengan NAB/UP Rp2.327. Jumlah unit penyertaan yang didapatkan oleh Pak Budi adalah = Rp100.000.000 : Rp2.327 = 42.973,786 unit.


Setelah satu tahun, NAB/UP Reksadana pendapatan tetap naik menjadi Rp5.000. Kemudian Pak Budi menjual seluruh unit penyertaan tersebut. Maka penghitungan keuntungan dalam kurun satu tahun Reksadana Pak Budi adalah sebagai berikut:


Rp5.000 x 42.973,786 unit = Rp214.868.930 (dua ratus empat belas juta delapan ratus enam puluh delapan ribu sembilan ratus tiga puluh  rupiah).

Maka keuntungan Pak Budi adalah Rp214.868.930 – Rp100.000.000 =  Rp114.868.930 (seratus empat belas juta delapan ratus enam puluh delapan ribu sembilan ratus tiga puluh  rupiah).


Saat ini simulasi juga bisa Anda lakukan dengan cara yang mudah, cepat dan instan. Karena saat ini sudah banyak platform berbasis website yang menyediakan kalkulator simulasi investasi Reksadana untuk menghitung secara cepat.

Kalkulator simulasi Reksadana ini merupakan aplikasi yang bisa menghitung keuntungan secara digital layaknya kalkulator. Artinya Anda tidak perlu menghitungnya secara manual. Hasil perhitungan kalkulator simulasi juga tergolong sangat akurat.


DBS Treasures: Mitra Investasi Reksadana Pasar Uang Tepercaya

Berencana untuk menginvestasikan dana pada Reksadana? Perbankan prioritas DBS Treasures adalah pilihan yang tepat. Produk investasi Reksadana dari DBS Treasures ini cocok untuk yang sudah punya pengalaman Reksadana maupun yang  belum berpengalaman.


Selain menawarkan imbal hasil yang kompetitif, Anda juga bisa menjalankan investasi secara mudah bersama DBS Treasure. Semua proses investasi reksadana milik Anda bisa diakses dan dipantau melalui sebuah aplikasi.


DBS Treasures juga menghadirkan ragam produk Reksadana pasar uang yang memiliki sejumlah kelebihan sebagai berikut:

- Aman dan tepercaya karena sudah terdaftar serta diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

- Investasi Reksadana investor akan dikelola oleh manajer investasi berpengalaman yang bermitra dengan DBS Treasure. 

- Imbal hasil yang ditawarkan terbilang kompetitif dan relatif besar.

- Kinerja produk lebih optimal karena manajer investasi yang bermitra dengan DBS Treasure sudah berpengalaman dan profesional.

- Investor bisa mendapatkan wawasan terkait investasi Reksadana. Pasalnya, tim ahli finansial DBS Treasure senantiasa proaktif dalam mempersonalisasi dan mengomunikasikan analisis pasar maupun peluang terkini, sehingga investor dapat yakin mengambil langkah di saat yang tepat .

- Minim risiko karena adanya diversifikasi penyebaran dana. Pasalnya di pasar uang, dana akan dialokasikan ke beberapa aset sekaligus.

- Switch investasi, beli, jual, hingga proses registrasi SID semua bisa dilakukan melalui aplikasi. 

Tertarik untuk berinvestasi Reksadana pasar uang? Daftar sekarang juga di DBS Treasures. Cara mendaftarnya sangat mudah, karena DBS Treasures menawarkan sistem pendaftaran yang efisien. 

Post a Comment

0 Comments

Promo Tour Bali Murah