Manfaat Tanaman Porang

Manfaat Tanaman Porang Bagi Kesehatan - Tanaman porang dulunya dianggap tidak berharga. Karena memang tumbuh pada naungan pohon-pohon besar dan lebih dianggap sebagai tanaman liar tanpa manfaat. Namun sekarang, tanaman porang dikenal dan bahkan paling dicari karena memiliki berjuta manfaat bagi manusia. Seperti bahan baku pembuatan kosmetik, bahan baku barang industri, pengental makanan dan minuman, dsb.

Selain itu, tanaman porang banyak yang melirik lantaran nilai ekspornya yang tinggi. Maka tak heran, tanaman ini mulai banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Termasuk para petani di Bali, bahkan mereka mendirikan sebuah komunitas petani porang Bali. Di mana komunitas ini terbentuk dari kesadaran yang muncul untuk sama-sama mengembangkan tanaman porang agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, baik manfaatnya serta keuntungan yang didapat.

Diketahui harga porang hingga kini terus merangkank naik. Dikarekan banyaknya permintaan, khususnya dari luar negeri. Seperti Jepang, Australia, Amerika, dan yang merupakan konsumsi terbesar terdapat di Tiongkok, dengan kebutuhan mencapai 15 ton pertahunnya. Untuk porang basah segar dihargai Rp 4.000 - Rp 8.000 perkilo gram, untuk porang kering chips kualitas ekspor Rp 14.000 perkilo gram, sementara harga tepung porang kualitas ekspor mencapai Rp 40.000 - Rp 50.000 perkilo gram.

Lalu, apa saja manfaat tanaman porang bagi kesehatan? Berikut penjelasannya.

Pencegah Obesitas

Tanaman porang bersifat rendah lemak dan gula. Untuk itu, porang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena bisa menjadi pengganti nasi, dan terdapat pula olahan tepung supaya dapat digunakan sebagai campuran olahan lainnya.

Minimalisir Kolesterol

Tanaman porang berkhasiat baik untuk meredan kolesterol dalam darah. Karena kandungan glukomannannya cukup tinggi. Namun tetap harus menjaga makanan dengan gizi seimbang, dan didampingi resep dari dokter.

Mencegah Kanker Usus

Selain mengandung glukomannan, porang juga memiliki kandungan serat cukup tinggi. Sehingga mampu mencegah penyakit pada usus. Dengan mengonsumsi porang secara berkala, porang dapat menyehatkan sistem pencernaan.

Mencegah Timbulnya Penyakit Kulit

Tanaman porang ternyata juga berkhasiat untuk kesehatan kulit, lho. Seperti mencegah timbulnya jerawat, meringankan gatal-gatal, dsb.

Mengatasi Masalah Peradangan

Peradangan adalah masalah yang timbul karena respons perlindungan normal tubuh terhadap cedera atau luka. Hal ini terjadi saat sel darah putih akan melawan untuk melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, karena banyak mengandung zat anti-inflamasi, porang mampu melindungi tubuh karena virus dan bakteri.

Mencegah Penyakit Jantung

Dengan mengonsumsi porang dari berbagai olahan secara rutin, dapat membuat jantung lebih sehat, sehingga sirkulasi darah semakin lancar, terhindar dari penyumbatan pembuluh darah, dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Namun, tetap imbangi dengan makanan kaya gizi ya.

Itulah tadi manfaat tanaman porang bagi kesehatan. Ingin mencoba membudidayakan tanaman porang juga boleh. Jika bermanfaat, silakan berbagi ke media sosial.