MASIGNASUKAv102
1370936496007230995

Apa Itu SEO? Pengertian SEO, Tujuan dan Cara Penerapannya

SEO adalah, apa itu SEO

Apa itu SEO? Pengertian SEO, tujuan dan cara penerapannya masih dan akan terus menjadi bahan diskusi yang tidak pernah ada habisnya. Sebab, SEO dinamis karena algoritma mesin pencari google terus melakukan perubahan dan penyempurnaan. Sehingga, SEO optimizer (pelaku SEO) harus mengikuti update terbarunya.

Bagi orang-orang yang baru akan memulai membuat website atau blog, SEO merupakan salah satu pertanyaan yang sering diajukan. Karena SEO memang harus diketahui, dipahami dan diterapkan pada website atau blognya.

Lantas..

Apa itu SEO, Pengertian SEO, Tujuan dan Cara Penerapannya?

Saya akan menjelaskannya dengan singkat namun padat. Baca sampai selesai ya.

Sebelum lebih lanjut jangan lewatkan artikel tentang "5 + Alasan Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Website?"

SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization" atau dengan kata lain yaitu pengoptimalan mesin telusur. Sebuah strategi atau tindakan dengan teknik dan tahapan yang sesuai dengan kaidah per-SEO-an untuk mengoptimalkan keberadaan website atau blognya. Optimasi yang dimaksud adalah, memaksimalkan website atau blog muncul dimesin pencari, dan memungkinkannya berada pada halaman 1 google.

Menepatkan sasaran yang dituju oleh website Anda adalah termasuk pengertian SEO. Menargetkannya pada orang-orang yang memang membutuhkan informasi yang jelas dari website yang Anda buat.

Tujuan SEO

Berada diranking 1 dalam mesin pencari, maka akan berpeluang besar untuk meningkatkan traffic website Anda. Disisi lain, website Anda akan dengan cepat berkembang, dan lebih dikenal oleh banyak pengguna internet. Itulah tujuan utama dari optimasi SEO.

Penggunaan keyword atau kata kunci, adalah hal penting dalam pengoptimalan SEO. Hal ini akan memudahkan para pengguna internet untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Selain itu, ada tiga manfaat utama yang diberikan selama proses optimasi, yakni, menjadikan mesin pencari sebagai sumber informasi yang utama, meningkatkan lebih banyak pengunjung organik, dan tentunya memberikan informasi yang lebih relevan.

Pengerjaan SEO website bukan hanya satu kali saja, melainkan harus terus dioptimasi secara terus-menerus, agar hasilnya juga selalu tampak dalam mesin pencari, dan meletakkannya pada halaman 1 google. Bisa dikatakan bahwa proses SEO berkesinambungan.

Pernah mendengar aturan algoritma dalam SEO? Ini adalah salah satu aturan dalam SEO, yang bertujuan agar kualitas hasil pencarian lebih terjamin, dan para pengguna internet mendapatkan informasi dari sumber terpercaya.

Penerapan SEO

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penerapan SEO. Hal ini berguna untuk menjamin kualitas dalam mesin pencarian, karena seperti yang telah disebutkan dalam tujuan SEO, bahwa mesin pencari menggunakan aturan atau rule yang disebut dengan algoritma.

Google merupakan mesin pencari populer yang sering digunakan, memiliki tim yang sangat fokus sepenuhnya pada algoritma. Dengan tanggung jawab untuk meningkatan kualitas pengalaman pengguna saat menelusuri google.

Hasil pencarian terkait, tidak akan muncul seketika dalam mesin pencarian. Hal ini disebabkan karena, proses optimasi mesin pencari tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus benar-benar diperhatikan dalam menuruti pencarian sebuah permintaan. Maka dari itu mesin pencari memiliki tiga tugas penting, diantaranya:

Crawling

Crawling Adalah proses yang terjadi di tahap awal. Tugasnya mengumpulkan informasi dari seluruh website yang ada dari tiap halaman ke halaman lain, dari tiap link ke link lainnya.

Indexing

Setelah proses crawling dijalankan, web crawler akan segera menyimpannya dalam daftar entri atau indeks.

Ranking

Terakhir, tentu saja adalah hasil peringkat atau rangking di mesin pencari, yang akan ditampilkan secara berurutan berdasarkan permintaan pencarian yang paling sesuai.

Jadi, setelah Anda membuat atau memiliki sebuah website, ada baiknya jika Anda mengetahui pengetahuan dasar mengenai SEO, agar usaha yang Anda lakukan untuk mengembangkan website segera tercapai.

Butuh jasa SEO?, silahkan lihat disini: Jasa SEO di Bali spesialis dongkrak peringkat website ke halaman 1 google.

Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang apa itu SEO, pengertian SEO, tujuan dan cara penerapannya. Berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini untuk melengkapi artikel di atas. Silahkan bagikan ke media sosial Anda, agar semakin banyak yang mengetahui SEO, dan bookmark halaman ini untuk dibaca kembali dilain waktu. Terima kasih.
<a href="https://www.bayupradana.com/" rel="nofollow">Bayu Pradana</a>
Bayu Pradana

Blogger Indonesia di Bali asal Sumatera Utara.

Yuk! Kasih komentar dengan bijak, lalu bagikan ke media sosialmu dan jangan lupa kembali lagi yak! (No Spam)