Apa Itu Hedonisme, Dampak dan Solusinya? Cari Tahu di Sini!

Apa Itu Hedonisme, Dampak dan Solusinya? Cari Tahu di Sini!


Gaya hidup setiap orang tentu berbeda. Banyak faktor yang menyebabkannya, mulai dari kondisi kesehatan hingga finansial. Mungkin kamu juga melihat, banyak orang yang bisa bertahan dengan kehidupan yang sederhana, tetapi juga banyak yang menyukai hidup dalam kemewahan.

Ada juga orang yang mempunyai gaya hidup hedonisme. Gaya hidup seperti, terkadang membuat mereka membeli berbagai barang secara impulsif dan hanya untuk kepuasan sesaat saja. Bahkan, untuk mendukung kegiatan belanja, banyak juga yang membuat akun bank digital guna memudahkan transaksinya.

Setiap orang tentu berhak memilih gaya hidupnya masing-masing, tetapi gaya hidup hedonisme tidaklah selalu positif. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kondisi finansial Kamu, baik untuk jangka pendek maupun panjang.

Apa Itu Hedonisme?

Buat kamu yang belum tahu, hedonisme ini berasal dari kata hedone (Bahasa Yunani) yang artinya adalah kesenangan. Maka, bisa juga diartikan bahwa yang dimaksud hedonisme adalah gaya hidup yang bertujuan untuk memenuhi kesenangan atau kebahagiaan yang sifatnya sementara.

Sedangkan dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ditulis bahwa hedonisme adalah pandangan yang menganggap kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup.

Nah, dari sedikit penjelasan di atas, apakah kamu sudah menemukan benang merah soal gaya hedonisme ini? Lalu, bagaimana dampak gaya hidup hedonisme ini pada seseorang dan keuangan? Di artikel ini akan membahasnya. Pastikan kamu membacanya sampai selesai.

Dampak Gaya Hidup Hedonisme

Apa Itu Hedonisme, Dampak dan Solusinya? Berikut Penjelasannya!
Gambar: Canva


Ada berbagai dampak yang mungkin saja kamu alami ketika hidup dalam gaya hidup hedonisme, antara lain:

1. Konsumtif dan Boros

Salah satu dampak yang begitu terlihat adalah sifat yang konsumtif dan boros. Hal ini dikarenakan orang akan dengan mudah membelanjakan uangnya untuk barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Sifat konsumtif ini akan membuat orang menjadi boros, sebab mudah sekali menghambur-hamburkan uangnya.

2. Kondisi Finansial Tidak Sehat

Karena hanya ingin membeli barang-barang yang diinginkan, orang dengan hidup hedonisme biasanya memiliki kondisi finansial yang tidak sehat karena tidak ada perencanaan yang jelas. Tidak adanya prioritas yang matang, membuat uang yang didapatkan akan lebih cepat habis.

3. Mudah Berutang

Apakah kamu tahu, jika gaya hidup hedonisme membuat seseorang lebih mudah berutang? Salah satu alasannya adalah karena keinginan yang tidak pernah habis atau tidak merasa puas. Karena keuangan yang tidak stabil, maka orang akan lebih memilih berutang agar cepat mendapatkan uang dan membeli barang atau melakukan apa saja yang diinginkannya.

4. Tidak Memiliki Dana Darurat

Apa Itu Hedonisme, Dampak dan Solusinya? Cari Tahu di Sini!
Gambar: Canva

Karena tidak memiliki rencana keuangan jangka panjang, maka orang dengan hidup hedonisme juga umumnya tidak memiliki dana darurat. Karena digunakan untuk memenuhi keinginan yang sifatnya saat ini, maka tidak ada dana yang disimpan untuk jangka waktu panjang.

5. Jadi Pemalas

Ketika hanya fokus pada keinginannya untuk melakukan berbagai kesenangan, orang dengan hedonisme bisa menjadi tidak produktif. Ini disebabkan karena mereka tidak menghargai waktu yang ada dan tidak melakukan berbagai kegiatan karena fokus pada hal lain yang menurutnya lebih menyenangkan.

Solusi Mengatasi Gaya Hidup Hedonisme

Apakah gaya hidup hedonisme ini bisa diubah? Tentu saja bisa. Namun yang perlu dijadikan catatan adalah, kamu butuh kerja keras dan kesungguhan ketika ingin mengatasi gaya hidup Hedonisme tersebut. Apa saja?

1. Menabung

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hidup hedonisme ini, yang pertama adalah dengan menabung. Meskipun awalnya terasa sulit, tetapi menabung akan membantu Kamu memiliki dana cadangan dan melatih merencanakan keuangan jangka panjang.

2. Buat Skala Prioritas

Sebelum membuat skala prioritas, Kamu sebaiknya sudah apa saja yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, maka akan memudahkan pembagian uang. Memenuhi daftar kebutuhan tentu lebih utama dibandingkan dengan memenuhi keinginan. Maka, penuhi kebutuhan terlebih dahulu, baru setelah itu gunakan uang untuk memenuhi berbagai keinginan.

3. Mulailah Berinvestasi

Belum pernah berinvestasi? Jika Kamu adalah pemula, salah satu investasi yang cukup memiliki risiko kecil adalah reksadana. Namun, kembali lagi pada kemampuan dan kebutuhan Kamu terkait tujuan investasi tersebut.

Saat ini, ada berbagai bank digital yang memiliki fitur investasi. Sehingga kamu bisa menabung sekaligus berinvestasi pada akun rekening bank digital yang sama.

Sebaiknya, pilih investasi yang mudah dan minim risiko. Untuk lebih jelasnya, Kamu juga bisa bertanya pada para ahli atau meminta testimoni dari orang-orang terdekat yang sudah lebih dulu melakukan investasi.

Hedonisme
Gambar: Canva


Ubah Gaya Hidup Hedonisme, dan Mulai Kelola Keuangan

Saat ini, ada banyak bank digital yang muncul di pasaran. Sebelum kamu memilihnya untuk digunakan dalam mengatur uang, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu bagaimana rekam jejaknya selama ini.

Ketahuilah, Bank digital yang bagus, adalah bank yang dipastikan akan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, juga akan mendapatkan nilai lebih di masyarakat.

Seperti halnya digibank by DBS, merupakan bank digital di Indonesia yang namanya sudah didengar berbagai kalangan. Bahkan, sudah digunakan juga oleh banyak orang.

Keunggulan yang ditawarkan tidak main-main. Sebagaimana digibank by DBS yang sudah mendapatkan penghargaan “Safest Bank in Asia“ dari Global Finance selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009 hingga 2022.

DBS menyediakan berbagai layanan lengkap untuk nasabah, UKM, dan juga perbankan korporasi. Menariknya, mudahnya membuat rekening bank digital dari aplikasi perbankan ini, sudah bisa kamu coba mulai dari sekarang.

Proses pembuatan rekening bank digital bisa kamu lakukan dari rumah saja. Tanpa harus datang ke bank yang cukup menghabiskan waktu karena kamu harus antre berjam-jam menunggu giliran. Dengan memanfaatkan digibank by DBS, buka rekening bank digital cukup Modal e-KTP dan Selfie Wajah untuk verifikasi. Selanjutnya data lainnya akan diproses secara online.

Yang terpenting, bank digital dari digibank by DBS ini akan mengurangi dampak keuangan akibat gaya hidup Hedonisme. Kami bisa mengatur keuangan agar lebih bijak. Kondisi finansial yang stabil dan memiliki perencanaan yang matang, sedikit banyak bisa mencegah gaya hidup hedonisme.

Tunggu apa lagi? Ayo segera buka rekening bank digital di digibank by DBS dan rasakan berbagai keuntungan lainnya. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa membacanya di sini.

Post a Comment

3 Comments

  1. gaya hidup hedon kalau terus menerus diikuti yang ada malah gigit jari, sedangkan yang lain udah melanglang buana dengan prestasi, sehingga memang harus diubah ya

    ReplyDelete
  2. ternyata semudah itu ya buka rekening digibank DBS, gak ribet. auto pengen buka rekening juga.

    ReplyDelete
  3. Perilaku seperti ini yang merusak dompet dan gajih awal bulan, ingin terlihat keren taunya kere wkwk

    ReplyDelete

Silahkan Berikan komentar Anda pada artikel ini!