Ketahui Jenis-jenis Asuransi Perjalanan Serta Syarat yang Harus Dipenuhi

Asuransi Perjalanan
Jenis-jenis Asuransi Perjalanan Serta Syarat yang Harus Dipenuhi

Jenis asuransi perjalanan menjadi satu hal penting yang harus diketahui traveler. Bukan hanya itu, asuransi perjalanan bahkan sama pentingnya dengan itinerary, pemesanan tiket hingga penginapan.

Dengan memiliki asuransi perjalanan, bukan hanya kenyamanan yang didapat, tetapi juga keamanan selama liburan akan terjamin, terlebih saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Meski begitu, masih ada saja traveller yang mengabaikan pentingnya asuransi perjalanan ini. Padahal, memiliki asuransi perjalanan merupakan hal yang wajib bagi traveller sebagai syarat kelengkapan dalam pengajuan pembuatan visa.

Baca juga: Berapa Biaya Pasang Behel di Yogyakarta?

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan

Sebelum memutuskan untuk liburan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis asuransi perjalanan yang disesuaikan dengan perjalananmu, yakni:

1. Asuransi Perjalanan Haji dan Umrah

Melakukan perjalanan haji atau umrah ngggak cukup hanya bermodalkan sehat jasmani dan rohani saja. Sebelum melakukan perjalanan haji atau umrah, ada baiknya terlebih dahulu memiliki asuransi perjalanan haji atau umrah. Dengan begitu, segala ibadah dapat dilakukan dengan khusyuk dan nyaman.

2. Student Assist

Sesuai namanya, jenis asuransi perjalanan ini ditujukan kepada para pelajar atau mahasiswa. Khususnya bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Misalnya ke Inggris, Belanda, Malaysia, dan negara bagian lainnya.

Student assist umumnya terdiri dari asuransi jangka pendek kurang dari 4 bulan dan jangka panjang minimal 6 - 12 bulan. Sementara batasan usia yang berlaku adalah 12 - 17 tahun untuk jangka pendek dan 12 - 45 tahun untuk jangka panjang.

3. Asuransi Perjalanan Menurut Tujuannya Melakukan Perjalanan

Tujuan perjalanan setiap orang pasti berbeda-beda. Mulai dari sekadar mengunjungi sanak saudara, liburan hingga perjalanan bisnis.

Jenis asuransi satu ini dapat disesuaikan dengan tujuannya melakukan perjalanan. Seberapa lamapun waktunya, asalkan tujuannya jelas, ada baiknya menggunakan asuransi perjalanan ini.

4. Asuransi Perjalanan Menurut Banyaknya Perjalanan yang Dilakukan

Jenis asuransi ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu:

- Single Trip Insurance

Sesuai dengan namanya, jenis asuransi jangka pendek ini ditujukan bagi seseorang yang melakukan perjalanan tidak rutin dalam satu tahunnya.

- Annual Travel Insurance

Sementara jenis asuransi ini ditujukan bagi seseorang yang rutin melakukan perjalanan. Umumnya digunakan untuk perjalanan bisnis yang bisa jadi dilakukan seminggu sekali.

5. Asuransi Perjalanan Sesuai Tempat Tujuan

Jenis asuransi satu ini sering digunakann oleh traveller yang melakukan perjalanan domestik  maupun perjalanan ke luar negeri.

Baca juga: Daftar Asuransi Sekarang Bisa Online?

6. Asuransi Perjalanan Menurut Jumlah Orang dalam Satu Akun

Semua jenis asuransi umummnya hanya bisa dimilliki oleh satu akun. Dalam kategori asuransi perjalanan menurut jumlah orang ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

- Individual Travel Insurance

Bagi traveller yang senang melakukan perjalanan sendiri, Individual Travel Insurance bisa menjadi pilihan yang tepat. Ini berlaku hanya bagi satu akun polis asuransi untuk satu orang dalam satu kali perjalanan. Asuransi ini sering disebut dengan asuransi pribadi.

- Group Travel Insurance

Dilihat dari namanya, jenis asuransi ini diperuntukkan bagi sekelompok atau rombongan yang ingin melakukan perjalanan. Cocok digunakan untuk perjalanan dinas atau bisnis perusahaan maupun liburan bersama keluarga.

Dengan demikian, biaya polis asuransinya akan jauh lebih hemat, karena seluruh anggota ditanggung keselamatan perjalanannya.

Syarat-syarat Membuat Asuransi Perjalanan

Sebelum memutuskan untuk membuat asuransi perjalanan, ada beberapa persyaratan penting yang harus Anda penuhi, antara lain:

- Calon pemilik polis asuransi wajib berusia minimal 12 (untuk pelajar) - 17 tahun hingga maksimal 80 tahun

- Wajib memiliki kartu identitas diri yang berlaku

- Menyertakan Kartu Keluarga (KK) khusus untuk Group Travel Insurance

- Mengisi formulir dengan data-data yang benar dan lengkap sesuai identitas diri

- Diminta untuk menuliskan tujuan dan durasi perjalanan yang hendak dilakukan

Demikian jenis-jenis asuransi perjalanan dan persyaratan mendaftarnya. Ke manapun dan berapa lama pun Anda bepergian, ingatlah bahwa perlindungan keselamatan lebih penting dari segalanya.

Selain mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin termasuk dalam menjaga kesehatan fisik, daftarkan pula diri Anda maupun keluarga dengan asuransi perjalanan, supaya perjalanan selalu aman dan nyaman. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments