MASIGNASUKAv102
1370936496007230995

Peran Pemuda Sebagai Generasi Penerus Bangsa

Peran Pemuda Sebagai Generasi Penerus Bangsa
Add Comments
3/16/2021
Peran Pemuda Generasi Penerus Bangsa

Sudah menjadi hal yang lumrah, bahwa sejak masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, peranan pemuda sangat berpengaruh dalam meningkatkan semangat juang mengusir penjajah, serta mampu dalam mencapai cita-cita kemerdekaan bangsa. Karena, pemuda merupakan generasi yang berperan sebagai penerus bangsa. Melalui berbagai prestasi yang diraih dalam berbagai bidang. Seakan menjadi kunci sukses untuk membawa nama harum Indonesia dikancah internasional.

Hal ini mengingatkan kita bahwa tanpa peran pemuda dimasa perjuangan dulu, Indonesia tidak akan kokoh pada masa ini. Sedikit flash back ke masa sejarah kemerdekaan Indonesia dulu, terutama saat adanya pergerakan Budi Utomo di tahun 1908. Kemudian, menyusul peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928 dan menghasilkan ikrar Sumpah pemuda. Dimana semangat pemuda pada saat itu sangat membara dan berkobar. 

Hal itu lantas dilanjutkan lagi pada masa proklamasi tahun 1945, yang memang banyak didukung oleh kaum muda. Tak sampai disitu, pemuda kemudian bergerak lagi pada tahun 1998 dan berhasil meruntuhkan kekuasaan orde baru, hingga menghantarkan bangsa Indonesia menuju masa reformasi.

Dari sejarah-sejarah yang terjadi di masa lampau bangsa Indonesia, pemuda Indonesia memang sangat mendominasi perjuangan. Selain itu, para pemuda juga harus bertanggung jawab terhadap identitas bangsa, terutama di mata dunia. Para pemuda juga harus mampu menerapkan nilai-nilai perjuangan pemuda masa dulu dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu, dalam hal ini, pemuda memang harus selalu dilibatkan dalam pembangunan negeri, baik nasional maupun daerah. Semua ini berhubungan karena memang segala sesuatu yang dibawa oleh kaum muda seperti kondisi yang kuat, memiliki banyak pengetahuan baru, kreatif, dan inovatif.

Peran Pemuda Sebagai Generasi Penerus Bangsa

Dari berbagai penjelasan di atas, ada 4 peran penting yang harus dimiliki kaum muda di zaman sekarang, antara lain:

Tertanam Semangat Juang Tinggi

Sebagai generasi penerus bangsa, pemuda yang siap berjuang harus memiliki semangat yang tinggi. Namun, bukan sekadar ikut-ikutan berjuang, namun rasa ingin berjuang harus tertanam dalam hati. Mulai bangkit dan berusaha untuk mencapai prestasi yang membanggakan.

Menjadikan tindakan pejuang pemuda zaman dulu sebagai contoh nyata, yang selalu bisa menyemangati dalam berkarya dan mencapai prestasi di masa datang. Kuncinya adalah, jangan takut gagal, karena kegagalan merupakan bagian dari perjuangan itu sendiri.

Memajukan Pendidikan

Tak dapat dipungkiri, pendidikan memang menjadi salah satu hal terpenting dalam jiwa kaum muda. Apalagi di zaman dulu, pendidikan termasuk hal yang sulit untuk didapat, karena masa penjajahan yang cukup kejam saat itu.

Maka dari itu, sangat diharapkan peran kaum muda dalam mendukung dunia pendidikan Indonesia. Butuh kesadaran cukup besar untuk turut andil dalam memberikan pengetahuan kepada peserta didik zaman teknologi ini.

Kuncinya adalah dengan penyampaian materi-materi yang kreatif serta inovatif. Supaya peserta didik tidak mudah menyerah, dan ingin terus belajar. Terlebih untuk kaum muda yang terjun langsung ke pelosok-pelosok negeri untuk memberikan ilmu yang bermanfaat. Hal ini patut diacungi jempol.

Melakukan Pembaharuan

Berani melakukan pembaharuan, hal ini bermakna, pemuda yang lahir zaman millenial ini harus mampu untuk dapat menganalisa segala perubahan yang terjadi dan memberi pengaruh besar terhadap kemajuan bangsa. Melihat dengan benar perubahan seperti apa yang harus dilakukan atau bagian mana yang harus dipertahankan. Tentunya semua mengarah kepada hal yang lebih baik.

Misalnya pada zaman teknologi ini, kaum muda harus bisa mempertahankan identitas bangsa di tengah kebudayaan asing yang masuk melalui internet. Ini merupakan tantangan yang sangat bisa diatasi oleh kaum muda.

Aktif dalam Pembangunan Bangsa

Pemuda juga berperan penting dalam pembangunan sebagai penerus bangsa. Memiliki karakter yang kuat dalam bertanggung jawab dan mengupayakan kelancaran pembangunan di berbagai bidang, baik daerah maupun nasional.

Pertanyaannya, bagaimana bisa pemuda berperan dalam pembangunan Indonesia? Karena, pemuda identik dengan rasa semangat yang tinggi, seolah menjadi simbol untuk menjaga eksistensi bangsa. Misalnya, mengenalkan berbagai kebudayaan bangsa kepada dunia, bangga memakai produk buatan Indonesia, dan lain sebagainya.

Mengembangkan potensi terhadap sesama pemuda juga termasuk poin dalam peran ini. Karena, setiap pemuda pasti memiliki keahliannya masing-masing. Tujuannya adalah agar dapat berbagi dan berkembang bersama demi mencapai pembangunan bangsa masa sekarang dan akan datang.

Melakukan Perubahan

Pemuda merupakan generasi yang diharapkan mampu melakukan banyak perubahan untuk bangsa. Perubahan yang dimaksud adalah, perubahan-perubahan yang dimulai dari hal kecil, mulai dari lingkungan masyarakat daerah hingga perubahan dalam lingkup nasional.

Mungkin akan terdengar sulit untuk dilakukan, karena akan ada banyak tantangan yang menghampiri, misalnya perbedaan pendapat atau semacamnya. Namun, dengan adanya kerjasama, rasa saling menghargai dan mendukung antar sesama pemuda untuk menyusun strategi dalam melakukan perubahan-perubahan positif. yang sesuai dengan asas kebhinekaan.

Dari keempat peran pemuda di atas, setidaknya setiap pemuda harus memiliki satu peran, dan kemudian dapat berkolaborasi dengan pemuda lainnya. Mengungkapkan berbagai gagasan cemerlang yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Semoga artikel ini memberi gambaran bahwa begitu besar peran pemuda sebagai penerus bangsa. Silakan berbagi ke media sosial jika bermanfaat.

<a href="https://www.bayupradana.com/" title="Bayu Pradana" rel="nofollow">Bayu Pradana</a>
Bayu Pradana

Blogger Indonesia | Personal Blogger Bali | Bisnis: bayumediadigital@gmail.com

Yuk! Kasih komentar menarik tentang artikel ini, lalu bagikan ke media sosialmu dan jangan lupa kembali lagi ya.. (No Spam)