Peran Pemuda Sebagai Generasi Penerus Bangsa

Peran Pemuda Generasi Penerus Bangsa


Sudah menjadi hal yang lumrah, bahwa sejak masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, peran pemuda sangat berpengaruh dalam meningkatkan semangat juang mengusir penjajah. Selain itu, karena pemuda adalah generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu membawa nama baik Indonesia dikancah internasional melalui berbagai prestasi yang diraih dalam berbagai bidang.


Hal ini mengingatkan kita bahwa tanpa peran pemuda pada masa perjuangan dulu, Indonesia tidak akan berdiri kokoh hingga saat ini. Sedikit flash back ke masa sejarah kemerdekaan Indonesia bertahun-tahun silam, tercatat sejarah gerakan yang digagas oleh pemuda Indonesia, yaitu Budi Utomo di tahun 1908 dan disusul diikrarkannya Sumpah Pemuda tahun 1928. Teringat jelas, bahwa semangat perjuangan pada saat itu sangat membara.


Berlanjut pada masa proklamasi 1945, yang tentunya sudah kita ketahui sangat didukung banyak pemuda. Bertahun-tahun setelahnya pun, pemuda kembali tampil pada masa orde baru di tahun 1998, yang kemudian menghantarkan bangsa Indonesia menuju masa reformasi.


Melalui catatan sejarah gerakan pemuda pada masa lampau, pemuda Indonesia sangat mendominasi perjuangan. Karena, dari sanalah pemuda berani mengemukakan pendapatnya, dan sangat peduli terhadap masa depan bangsa.


Peran Pemuda Sebagai Generasi Penerus Bangsa

Dari penjelasan di atas, maka tersimpul 4 peran penting yang wajib dimiliki kaum muda pada masa sekarang, yaitu:


Semangat Juang Tinggi

Tanpa memiliki semangat juang tinggi, maka keberanian pun tidak akan muncul. Semangat juang tinggi harus tertanam dalam diri, dan bukan sekadar ikut-ikutan berjuang. Mulailah bangkit dan berusaha sekuat tenaga, agar dapat membanggakan diri serta meraih prestasi yang gemilang.


Perjuangan pemuda masa dulu sangat layak dijadikan contoh nyata untuk pemuda masa sekarang sekaligus menularkan semangat juang dalam berkarya dan berprestasi. Satu kunci sukses untuk hal tersebut adalah, jangan pernah takut gagal dan berani untuk kembali mencoba.


Memajukan Pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu hal terpenting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini pulalah yang mendasari dan harus ada dalam jiwa kaum muda. Peran pemuda dalam mendukung pendidikan di Indonesia diharapkan mampu memberikan angin segar bagi para peserta didik.


Terlebih zaman teknologi yang semakin berkembang saat ini, pengetahuan akan hal itu pun harus dimiliki. Menyampaikan ide-ide keatif dan inovatif. Selain itu, memiliki keberanian dan kesiapan mental yang kuat dan luar biasa, agar suatu saat siap terjun langsung membantu memajukan pendidikan hingga ke pelosok negeri.

Melakukan Pembaharuan

Menjadi yang terdepan untuk melakukan pembaharuan. Sebagai kaum muda yang lahir dizaman milenial yang serba canggih ini, pemuda juga harus mampu menganalisa segala bentuk perubahan yang akan terjadi dan yang memberi pengaruh besar dalam kemajuan negeri.


Pemuda juga harus memahami mana yang sekiranya baik untuk dipertahankan, dirubah, atau dikembangkan. Sebagai contoh, yang menjadi tantangan dalam perubahan yang perlu dipantau adalah, budaya asing yang masuk melalui internet.


Aktif dalam Pembangunan Negeri

Pembangunan negeri juga perlu melibatkan peran kaum muda. Dibutuhkan pemuda yang memiliki karekter yang kuat untuk bertanggungjawab terhadap berbagai upaya kelancaran pembangunan negeri, baik dalam cakupan daerah maupun nasional.


Kaum muda harus mampu mempertahankan identitas dan simbol-simbol eksistensi bangsa, serta memperlihatkan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia, dan bangga menggunakan produk-produk buatan Indonesia.


Setiap pemuda pasti memiliki keahliannya masing-masing, maka harus dapat dilihat pula potensi-potensi yang ada. Agar tujuan untuk berkembang bersama dapat tercapai dan semakin memajukan negeri pada masa yang akan datang.


Setiap pemuda setidaknya harus bisa memiliki satu peran yang nantinya berani untuk dikolaborasikan dengan pemuda lainnya. Mengungkapkan gagasan-gagasan cemerlang yang memiliki manfaat besar bagi bangsa.


Semoga artikel ini memberi manfaat dan pengetahuan mengenai pentingnya peran pemuda sebagai penerus bangsa.

0 Comments

Yuk! Kasih komentar menarik tentang artikel ini, lalu bagikan ke media sosialmu dan jangan lupa kembali lagi ya.. (No Spam)