18 Wisata Pantai di Sumatera Utara yang Indah Tak Kalah Dengan Pantai di Bali


BAYUPRADANA.COMWisata Pantai di Sumatera Utara yang Indah Tak Kalah Dengan Pantai di Bali - Selain danau Toba dan danau lainnya sebagai tujuan wisata di Sumatera Utara, pantai di Sumut juga tak kalah menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Sumatera Utara memiliki banyak pantai yang tak kalah indah dengan pantai-pantai di Bali. Mulai dari pantai berpasir putih, pantai bebatuan dan pantai berpasir pink di Sumut pun ada.

Jika Anda sedang berada di Sumatera Utara, sedang berwisata di Sumut, wisata pantai yang sedang populer ini patut Anda kunjungi untuk melengkapi perjalanan wisata Anda selama di Sumut. Wisata pantai di Sumatera Utara ini ramai dikunjungi wisatawan lokal terutama saat akhir pekan. Berwisata di pantai memang sangat menyenangkan. Bermain dipasir, berenang atau sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan sekitar merupakan kegiatan yang dapat mehilangkan penat dari kesibukan aktivitas kerja.

Jika Anda ingin berwisata pantai yang ada di Sumut, berikut ini daftar wisata pantai di Sumatera Utara yang tak kalah indah dengan pantai-pantai di Bali.

Daftar wisata pantai di Sumatera Utara yang tak kalah indah dengan pantai di Bali, diantaranya:

1. Pantai Bali Lestari

Pantai Bali Lestari terletak di Jl. H.T. Rizal Nurdin, Pantai Cermin, Pantai Cermin Kanan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara 20987.

2. Pantai Cermin

Pantai Cermin adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Indonesia. Pantai Cermin juga merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Sergai dengan pemandangan dan pantainya yang indah.

3. Pantai Gawu Soyo

Pantai Gawu Soyo adalah satu-satunya pantai berwarna pink di pulau Sumatera. Pantai Gawu Soyo sebenarnya memiliki legenda tersendiri. Alkisah dulu kala terjadi pertumpahan darah di pantai ini jadinya pasir-pasir berwarna merah ya karena itu. Desa ini lokasinya ada di desa Ombolata yang masuk ke dalam wilayah administratif kabupaten Nias Utara kecamatan Afulu. Pantai ini boleh disebut the hidden paradise karena belum banyak orang yang ke Gawu Soyo.

4. Pantai Bebas

Pantai Bebas Danau Toba di Kelurahan Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

5. Pantai Bunga

Pantai Bunga terletak di Jl. Pariwisata Tanjung Tiram, Batu Bara, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

6. Pantai Cermin Theme Park

Pantai Cermin Theme Park terletak di Jl. H.T. Rizal Nurdin, Pantai Cermin, Pantai Cermin Kanan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara 20987.

7. Pantai Lagundri

Pantai Lagundri menjadi magnet bagi para peselancar dengan panorama keindahan laut yang memang sangat menarik dan juga ombak yang cukup besar dan ombak yang sangat baik bagi para peselancar kelas dunia. Pantai Lagundri juga sempat dijadikan tempat lomba surfing tingkat dunia karena alasan ombak yang berada di Pantai Lagundri ini tidak kalah dengan yang berada di Hawai. Pantai dengan ombak tenang pun menarik perhatian wisatawan dengan hamparan pasir putih yang landai, air laut hijau tosca semakin menambah kesan eksotik saat berada di pinggir pantai lagundri.

8. Pantai Lubuk

Pantai Lubuk adalah mempunyai kondisi alam yang berbeda dari pantai lainnya yang ada di Kabupaten Karimun yaitu terdapat batu-batu besar dan banyak dijumpai hutan mangrove di sekitarnya. Pantai Lubuk terletak di wilayah Kecamatan Kundur. Untuk dapat mencapai pantai ini dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Tanjung Batu dengan menggunakan motor atau mobil. Namun dapat juga ditempuh dari Tanjung Balai dengan menggunakan speed boat atau ferry dengan cara mencarter, dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

9. Pantai Lumban Bulbul

Pantai Lumban Bulbul, berlokasi di Desa Lumban Bulbul, Balige, Tobasamosir, Sumatera Utara.

10. Pantai Muara Indah

Pantai Muara Indah terletak di kawasan Desa Denai Kuala Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang.

11. Pantai Natal Mandailing Natal

Pantai Natal ini terletak di Kecamatan Natal. Pantai ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata bahari yang tidak kalah menariknya dengan kawasan wisata bahari di daerah lain. Pantai Natal termasuk sumber daya alam yang banyak sekali manfaatnya.

12. Pantai Pasir Putih Parbaba

Pantai Pasir Putih Parbaba ini berada di Desa Hutabolon, Kecamatan Panguruan, Kabupaten Samosir Sumatera Utara.

13. Pantai Perjuangan/ Pantai Jono

Pantai Perjuangan atau yang lebih dikenal dengan Pantai Jono, terletak di Desa Lalang, berbatasan dengan Desa Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Pantai ini berjarak 100 KM dari Kota Medan. Pantai Jono terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang membentang luas di pesisir pantai. Pesona Pantai akan terasa lebih indah jika dilihat pada sore dan senja hari. Pada siang hari ombak di pantai ini sangat memberikan ketenangan jiwa.

14. Pantai Pondok Indah Permai

Pantai Pondok Permai terletak di Kecamatan Pantai Cermin, Serdang bedagai. Pantai Pondok Permai tidak terkecuali. Pantai ini memiliki keunikan dengan menggabungkan suasana romantis dengan pernak-pernik khas laut, yakni replika sampan di atas pasir putih, diantara pondok dengan tirai kelambu bewarna.

15. Pantai Romance Bay

Pantai Romance Bay terletak di Jl. Pantai Tengah No. 20, Desa Sei Nagalawan, Perbaungan, Sei Naga Lawan, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

16. Pantai Sialang Buah

Pantai Sialang Buah, merupakan salah satu pantai di Pantai Timur Sumatera Utara. Pantai Timur Sumatera Utara. Pantai Sialang Buah terletak di Serdang Bedagai.

17. Pantai Sorake

Pantai sorake merupakan surganya bagi pecinta surfing. Pantai Sorake ini terletak di Nias. Pantai ini juga masuk dalam 10 besar tempat surfing terbaik di dunia bahkan disebut-sebut nomor 2 di dunia setelah Hawai. Dibulan Juni-Juli Pantai Sorake sangat ramai dikunjungi turis asing untuk berselancar karena ketinggian ombaknya bisa mencapai 10 m - 12 m.

18. Pantai Tureloto

Pantai ini terletak di Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Keindahannya terletak pada batu karang raksasa yang berbentuk bundar di bibir pantai. Wisatawan kerap mendokumentasikan diri di batu karang tersebut. Batunya keras dan tidak tajam, persis seperti batu raksasa yang berserakan di pinggir pantai, jika dipandang dari jauh. Batuan karang yang terhampar itu memiliki bentuk unik, ada yang menyerupai bentuk otak manusia sehingga beberapa masyarakat sekitar menyebutnya dengan Batu Otak. Pantai ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Gunung Sitoli atau 80 km dari Bandara Bhinaka.



Sumber/Referensi:
Disbudpar Provsu https://bit.ly/2O7aJsM