14 Wisata Danau di Sumatera Utara yang Memesona


BAYUPRADANA.COM14 Wisata Danau di Sumatera Utara yang Memesona - Menurut wikipedia danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas berbentuk cekung di permukaan bumi, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air yang dikelilingi oleh daratan. (Resume)

Di Sumatera Utara terdapat setidaknya 14 danau yang salah satunya adalah danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia yaitu Danau Toba. Danau Toba dikenal sebagai tempat Wisata kebanggaan Sumatera Utara. Luasnya danau yang terbentang dikelilingi pepohonan nan hijau menjadikan keindahan yang memesona wisatawan dari berbagai belahan dunia tidak hanya wisatawan lokal.

Selain pesona danau Toba, Anda juga perlu mengunjungi danau yang tidak kalah indahnya dengan danau Toba. Berikut ini daftar wisata Danau di Sumatera Utara yang patut Anda kunjungi saat berwisata ke Sumatera Utara.

Daftar 14 wisata danau di Sumatera Utara yang memesona, diantaranya:

1. Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau tekto-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.
Luas : 436 mi²
Panjang : 62,14 mil
Ketinggian Permukaan : 2.969 ft
Lebar : 18,64 mil
Volume : 57,58 mil kubik
Pulau : Pulau Samosir

2. Danau Siais

Danau ini dinobatkan sebagai danau terluas kedua di Sumatera Utara setelah Danau Toba  mencapai 4500 hektar. Terletak di 40 Km dari kota Padangsidimpuan.Tapanuli Selatan.

3. Danau Tasik

Danau Tasik jadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Suaka Marga Satwa Barumun di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Danau itu merupakan danau buatan. Luasnya 23 hektar. Kalau musim kemarau airnya surut. Tapi, danau itu tampak sangat luas bila waktu memasuki musim hujan.

4. Danau Siombak

Danau Siombak adalah sebuah danau buatan dengan luas sekitar 40 hektare, Diameter sekitar 1000 meter,dan kedalaman kurang lebih 12 meter. Danau ini terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan, Sumatera Utara.

5. Danau Sidihoni

Danau Sidihoni berjarak 8 kilometer dari Pangururan ini cukup indah. Pemandangan di sekitar danau bisa dipantulkan oleh air danau. Dikelilingi oleh bukit landai berwarna hijau muda dan deretan pohon pinus, semakin menambah keindahan.

Danau Sidihoni bukan satu-satunya danau di Pulau Samosir, ada sebuah danau lagi yang lebih kecil dari Danau Sidihoni di pulau ini yang bernama Danau Aek Natonang.

6. Danau Sicike-cike

Secara administratif Taman Wisata Alam Sicike-cike termasuk Desa Pancar Nuli, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Propinsi Sumatera Utara. Pada umumnya keadaan topografi lapangan TWA Sicike-cike sebagian bergelombang berat dan sebagian bergelombang sedang dan ringan, dengan ketinggian antara 1.500-2.000 m dpl.

Keadaan vegetasi di TWA Sicike-cike merupakan hutan hujan tropis pegunungan dengan jenis-jenis tumbuhan antara lain : Samponus bunga (Dacrydium junghuhnii), Kemenyan (Styrax benzoin), Kecing (Quercus sp) dan Haundolok (Eugenia sp). Beberapa jenis satwa yang dapat dijumpai antara lain Beruang madu, Kambing hutan, Harimau, Babi hutan dan Rusa.

Di samping keadaan alamnya sendiri yang potensial sebagai tempat wisata juga terdapat beberapa obyek yang dapat dinikmati, antara lain : keindahan danau, gejala alam dan lain sebagainya. Beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain adalah lintas alam, berkemah serta foto hunting. Hutan Wisata Sicike-cike, dengan potensi flora dan fauna yang dapat dijadikan sebagai laboratorium penelitian hutan. Keberadaan kawasan ini juga memberikan manfaat bagi penduduk sebagai sumber air resapan, bila dikembangkan akan menjai obyek wisata yang potensial pada masa mendatang. Kawasan ini juga mempunyai 3 buah danau saling berdekatan dan keadaan airnya yang tetap stabil.

7. Danau Megoto

Megoto adalah satu-satunya danau di semua destinasi tempat wisata di Kepulauan Nias Utara bahkan Nias, terletak di Kab. Nias Utara. Danau indah ini bisa anda kunjungi di Desa Ononamolo Tumula, Kec. Alasa, Kab. Nias Utara. Megoto dikenal dengan air danaunya yang jernih dan bening, namun ada keunikan tersendiri pada danau Megoto ini yaitu saat-saat tertentu warna air danau Megoto dapat berubah warna. Selain itu, danau ini juga bisa di gunakan untuk berenang serta media perikanan ikan tawar. Meski untuk menuju ke danau Megoto ini anda harus menempuh jalur yang susah namun akan terbayar oleh keindahan destinasi wisata danau Magoto di Nias Utara satu ini.

8. Danau Marsabut

Kabupaten Tapanuli Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Utara, Indonesia. Ibu kotanya ialah Sipirok. Kabupaten ini awalnya merupakan kabupaten yang amat besar dan beribukota di Padang Sidempuan. Daerah-daerah yang telah berpisah dari Kabupaten Tapanuli Selatan adalah Mandailing Natal, Kota Padang Sidempuan, Padang Lawas Utara dan Padang Lawas Selatan. Setelah pemekaran, ibukota kabupaten ini pindah ke Sipirok.

Letaknya di atas gunung yang di beri nama Dolok Sipipisan. Danau ini memiliki keunikan tersendiri, dimana kalau pagi hari di permukaan air danau ditutupi kabut putih. Dengan luas yang hanya sekitar 3000 Km2 atau 3 hektare danau ini punya kelebihan tersendiri. Danau ini mempunyai luas yang hanya sekitar 3000 Km2 atau 3 hektare danau ini punya kelebihan tersendiri. Disekeliling danau merupakan hutan yang lebat. Tentu saja ini menambah keasrian danau.

9. Danau Marambe

Danau Marambe terletak di Desa Sirambas, Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara (Sumut). Danau ini sangat indah, hijau dan asri dengan luas genangan ± 20 hektar.

10. Danau Linting

Danau Linting adalah salah satu pesona wisata yang ada di Sumut. Danau ini terletak di tiga desa yakni Desa Sibunga-Bunga, Desa Gunung Manumpak dan Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deliserdang.

11. Danau Lau Tador

Danau Laut Tador yang terletak di Desa Laut Tador, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara.

12. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar, adalah satu danau yang berada di berada di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran (dulu Kecamatan Simpang Empat), di bawah kaki gunung berapi Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

14. Danau Aek Natonang

Danau Aek Natonang terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Sumatera Utara. Kalau Pulau Samosir dikatakan sebagai "pulau di atas pulau", Danau Aek Natonang yang berada di Pulau Samosir ini bisa dikatakan sebagai "danau di atas danau" (di atas Danau Toba).

Danau Aek Natonang bukan satu-satunya danau di Pulau Samosir, ada sebuah danau lagi yang lebih besar dari Danau Aek Natonang di pulau ini yang bernama Danau Sidihoni.


Sumber/Referensi:
Disbudpar Provsu https://bit.ly/2O7aJsM