13 Wisata Air Terjun di Sumatera Utara Nan Eksotis


BAYUPRADANA.COM13 Wisata Air Terjun di Sumatera Utara Nan Eksotis - Menurut wikipedia "air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian".

Selain airnya yang segar dan alami, air yang jatuh dari ketinggian menampilkan keindahan tersendiri, tak jarang banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati wisata air terjun sambil main air atau sekedar berfotoria.

Di Sumatera Utara terdapat air terjun eksotik dan salah satunya yang tertinggi di Indonesia, lo.. Penasaran apa saja wisata air terjuan yang ada di Sumatera Utara? Berikut ini daftar wisata air terjun di Sumatra Utara yang patut Anda kunjungi saat berwisata ke Sumut.

13 Wisata Air Terjun di Sumatera Utara Nan Eksotis, yaitu:

1. Air Terjun Sigura-Gura

Adalah sebuah air terjun yang berada di Dusun Sigura-Gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Air Terjun Sigura-Gura memiliki ketinggian hingga 250 meter dan menjadikannya air terjun tertinggi di Indonesia.

2. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun ini merupakan salah satu objek wisata andalan Propinsi Sumatera Utara. Dan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Lokasi air terjun ini berada tidak jauh dari danau terbesar di Indonesia, yaitu Danau Toba. Air terjun yang berada pada ketinggian 800 meter ini terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo yang mengalir melalui sebuah goa disisi kawah danau Toba. Air yang keluar dari goa yang berukuran tidak begitu besar itu sangat deras apalagi jatuh pada ketinggian 120 meter, membuat air terjun ini begitu indah. Kata “piso” berarti pisau, karena memang air terjun ini bila dilihat dari jauh bentuknya seperti pisau, kecil dan panjang.

3. Air Terjun Unong Sisapa-Asahan

Air Terjun Unong Sisapa merupakan air terjun yang terletak di Desa Aek Silabat, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara.

4. Air Terjun Simonang-Monang

Air Terjun Simonang-monang terletak di perbukitan Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara. Ketinggian Air terjun Simonang-monang ini tidaklah terlampau tinggi tapi lumayan lebar berkisar seputar 20 m saja tingginya.

5. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap itulah nama air terjun yang ada di bawah Penatapan tersebut. Air Terjun ini tidak kalah indah dan menarik dari air terjun lain yang ada di Sumatera Utara. Air Terjun Sikulikap terletak di desa Doulu, kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

6. Air Terjun Sampuran Putih

Sampuran Putih atau Air Terjun Putih adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 3 m.  Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan dimana hanya satu tingkatan saja yang dapat terlihat, sisanya tertutup oleh bebatuan. Konon tinggi air terjun ini secara keseluruhan mencapai 150 m melewati tebing yang curam dan berkelok membentuk aliran sungai Lau Jabi yang banyak mengandung belerang. Pada tingkatan yang terakhir, sebelum jatuh ke tanah, air terjun ini seperti keluar dari mulut goa yang berdiameter 10 m. Saat jatuh, terjunan airnya membentuk buih berwarna putih.

7. Air Terjun Sampuran Efrata

Air Terjun Efrata merupakan salah satu Objek Wisata yang ada di Samosir. Air Terjun Ini memiliki menarik, indah dan cukup keren, tidak kalah dengan air Terjun lain yang ada di Sumatera Utara. Air Terjun Efrata berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian. Berjarak 20 km lebih dari pusat kota Kabupaten Samosir.

8. Air Terjun Ponot Asahan

Air Terjun Ponot adalah sebuah air terjun yang berada di Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Air terjun ini terletak di Desa Tangga, Sampuran Siarimo, Halado, Pintu Pohan Merant, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21274, Indonesia.

9. Air Terjun Linggahara

Air Terjun Linggahara Terletak di Rantauprapat, Rantau Utara, Lobusona, Labuhanbatu, Sumatera Utara 21411, Indonesi

10. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna terletak di Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara. Airnya berasal dari Gunung Sibayak. Ketinggian Air Terjun Dua Warna berada pada 1270 meter dpl. Kenapa dikatakan Air Terjun Dua Warna? Jawabannya adalah karena air terjun indah ini memang memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung dari pancurannya di bawah berwarna putih keabu-abuan sementara air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda. Anda akan semakin terkagum-kagum sebab di lokasi Air terjun Dua Warna, tidak hanya terdapat satu air terjun saja, melainkan tiga.

11. Air Terjun Bukit Gibeon

Air Terjun Gibeon ini berada di Desa Parsaoran Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Dinamakan Air Terjun Bukit Gibeon, karena berada di Pusat Seminari Bukit Gibeon (PSBG).

12. Air Terjun Alam Tani Asahan

Air Terjun Alam Tani terletak di kecamatan bandar pulau. air terjun ini menjadi daya tarik bagi wisatawan karena keindahannya. Berbagai macam flora dan fauna dapat anda saksikan di air terjun ini, air terjunnya yang sangat jernih akan terasa menyejukkan.

13. Air Terjun Aek Sijornih

Air terjun yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan ini memiliki dua buah air terjun mini yang saling berdekatan, air terjun ini merupakan air terjun berundak yang mempunyai ketinggian sekitar 10 meter. Nama Aek Sijornih yang mempunyai arti Air Jernih ini mempunyai air yang sangat jernih walaupun musim kemarau taupun musim penghujan dan sumber kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi.


Sumber/Referensi:
Disbudpar Provsu https://bit.ly/2O7aJsM