Tips untuk Pembeli dan Penjual dalam Bertransaksi di Dunia Maya Supaya Aman


BAYUPRADANA.COMTips untuk Pembeli dan Penjual dalam Bertransaksi di Dunia Maya - Transaksi di dunia maya merupakan transaksi yang mudah dilakukan sekaligus paling rentan terhadap penipuan. Mudah karena dengan hanya mentransfer beberapa uang yang bisa dilakukan via internet atau SMS banking, kita sudah bisa membeli barang yang kita inginkan.

Namun transaksi ini rentan penipuan, karena kita tidak mengetahui barangnya secara nyata. Yang bisa kita lakukan hanya melihat barangnya di dalam website si penjual. Pembeli dan penjual tidak bisa saling berkomunikasi secara nyata. Karena itu keduanya bisa terkena target penipuan bila tidak berhati-hati.

Transaksi di dunia maya sangat mudah dan bisa dilakukan dimana saja kapan saja asal terhubung dengan internet. Namun transaksi di dunia maya juga rentan terhadap tindak kejahatan dan penipuan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diwaspadai ketika bertransaksi di dunia maya, baik sebagai penjual maupun pembeli.
  • Untuk Pembeli
1.  Pastikan bahwa dalam website atau akun media sosial penjual terdapat alamat yang jelas dan lengkap beserta nomor telepon yang bisa dihubungi. Jika terdapat toko offlinenya, pastikan tertera alamat dengan jelas dan dapat dibuktikan.

2. Jangan memesan barang dengan kuantitas yang banyak sekaligus, terlebih bila kita sama sekali belum mengetahui seberapa baik kualitasnya. Sebaiknya coba membeli 1 atau 2 item terlebih dahulu untuk memastikan keaslian produk dan kualitasnya.

3. Jangan membeli sesuatu pada penjual yang tidak jelas. Banyak toko online, baik via website dan media sosial mengatasnamakan toko-toko tertentu.

4. Referensi dari teman yang pernah membeli pada website atau akun media sosial yang sama bisa dijadikan pertimbangan. Hal itu sangat penting agar tidak menjadi korban penipuan orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Untuk penjual
1. Karena selain menjual produk, penjual juga menjual kepercayaan. Pastikan bahwa konsumen tidak akan mengalami kerugian ketika membeli barang di toko online Anda. Tunjukkan bukti dan kredibilitas toko Anda.

2. Banyaknya pembeli 'nakal' yang bertebaran di mana-mana, membuat kita gamang untuk mengirim barang. Untuk itu pastikan bahwa pembeli sudah transfer uangnya kepada kita. Jangan sekali-kali mengirimkan barang yang uangnya belum di transfer, kecuali bila kita sudah sangat mengenal pembeli tersebut. Lakukan validasi transaksi dengan cermat.

3. Dari sekian banyak pembeli yang menjadi pelanggan kita, buatlah daftar pembeli 'nakal' dan yang tidak. Untuk mempererat hubungan dengan pembeli yang baik, kita bisa memberikan tambahan produk dalam (hadiah) di akhir waktu untuk mengapresiasi kebaikan mereka. Hal ini bisa mendatangkan referensi dan memberikan testimoni positif mengenai toko Anda ke orang terdekatnya.

Itu tadi tips aman bagi pembeli dan penjual ketika ingin bertransaksi di dunia maya.

Akhir-akhir ini banyak sekali toko online bermunculan didunia maya dengan menggunakan berbagai platform media sosial. Bagi Anda yang gemar berbelanja online di media sosial, agar berhati-hati, jangan mudah tergiur dengan penawaran promo yang ditawarkan tanpa mengetahui secara jelas lokasi toko offline dan kredibilitas toko online tersebut.

Banyak yang menawarkan suatu produk dengan harga dibawah pasaran, ada juga yang menyebutkan barang murah dengan istilah black-market atau pasar gelap. Sebagai pembeli yang cerdas, Anda perlu berhati-hati dalam menyikapi penawaran tersebut. Jangan sampai keinginan membeli barang bagus yang diinginkan dengan harga murah tau-tau Anda menjadi korban penipuan. Jadilah pembeli yang cerdas.

Bagi penjual, agar berhati-hati pula, sering sekali muncul toko yang mengatasnama toko aslinya. Agar selalu mengingat ke pembelinya bahwa toko yang dimiliki hanya, misal toko A dan B saja. Dan menghimbau kecalon pembelinya untuk berhati-hati, misal dengan menyebutkan "Jika terdapat toko lain yang mengatasnamakannya, sudah pasti toko tersebut palsu dan menipu."

Semoga informasi ini bermanfaat. Bagikan artikel ini kemedia sosial agar lebih banyak yang mengetahui tips aman dalam membeli dan menjual produk secara online. Terima kasih, salam.


Sumber/Referensi;
Miyosi Ariefiansyah, Strategi Gila Menjadi Sales No 1, Penerbit Laskar Aksara, Jabar