Personal Branding yang Perlu Anda Ciptakan


BAYUPRADANA.COM: Personal Branding yang Perlu Anda Ciptakan - Saat kita bicara tentang branding, Terdapat dua hal yang harus di maintain, yaitu branding terhadap produk yang Anda jual jika Anda seorang penjual (Pedagang) dan branding terhadap diri Anda sendiri (Personal branding)

Branding yang perlu Anda ciptakan untuk diri sendiri, dimana saat seseorang menyebut nama Anda, Apa yang akan terlintas dalam benak mereka?

Jadi branding yang perlu Anda ciptakan adalah:

➤ Branding Paket: Anda harus memiliki keunikan, seperti apa yang anda harapkan dari orang lain untuk mengingatkannya, tentang siapa dan apa diri Anda.

➤ Branding personality: Kepribadian dan gaya Anda yang mencuat dan disadari oleh orang lain. Contoh: Keramahan Anda, tutur kata yang sopan dan lain-lain.

Personal branding sendiri tidak akan bisa Anda bangun apabila Anda tidak bisa melihat diri sendiri seperti orang lain melihat Anda.

"Personal branding membuat anda bisa mengatur bagaimana persepsi orang lain terhadap Anda... Anda memberitahu kepada mereka apa yang Anda yakini..."

WHO AM I?

Dalam menciptakan branding bagi diri Anda, harus diperhatikan beberapa hal berikut ini yaitu:

  • Values; Nilai harus menjadi hal yang paling fundamental bagi Anda dalam menciptakan branding diri.
  • Attitude; Branding yang Anda ciptakan akan menjadi sia-sia jikalau Anda tidak menunjukkannya juga melalui sikap hidup Anda. Ingat! Orang akan cenderung menilai dari apa yang terlihat dahulu.
  • Passion; Wujudkanlah branding Anda dalam wujud nyata. Selaraskan dan kerjarlah hal yang Anda suka. Do What You Level!, dengan begitu Anda akan semakin mencuatkan diri dan menunjukkan bahwa branding yang Anda lakukan bukan hanya sekedar branding belaka tapi tanpa isi.
  • Purpose; Ketahuilah dengan jelas tujuan dari branding diri yang anda lakukan. Rencanakanlah masa depan Anda dan selaraskan branding Anda dengan tujuan hidup yang Anda tuju.
  • Six Words: Tunjukkan bahwa Anda memahami diri Anda sendiri. Gunakan 6 kata singkat yang memiliki makna yang kuat untuk menggambarkan/mewakili penjelasan diri Anda. Misal: Tegas, Berani, Semangat, Gesit, Smart, Jujur.

Kemajuan teknologi dan jaringan saat ini, bisa dimanfaatkan untuk membentuk persepsi dari branding dengan sedemikian mudah dan cepatnya. Beberapa fasilitas sosial media sudah tersedia untuk digunakan, yaitu: Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, dan lain sebagainya.

Sebagai tips untuk Anda, beberapa hal berikut ini yang harus benar Anda perhatikan saat menggunakan sosial media sebagai media branding diri Anda, yaitu:

Pastikan foto dan profil up-to-date, dilakukan update profil secara berkala.

Pisahkan antara pribadi dan profesional, hati-hatilah dalam berbagi konten. Anda harus bisa bedakan mana yang untuk kepentingan pribadi dengan sahabat-sahabat ataupun keluarga dekat dan sifatnya pencitraan diri bagi komunitas bisnis Anda.

➤ Tunjukkan apa yang Anda kerjakan saat ini, update secara singkat terkait dengan apa yang Anda lakukan. Hindari informasi yang bertele-tele.

Masukkan kontak (alamat, situs web, blog dan lain-lain) pastikan dalam komunitas Anda di jaringan sosial media mengetahui bagaimana menghubungi Anda disaat mereka membutuhkan hal yang menjadi expertise Anda.

Visual menarik dan sesuai, pastikan Anda memberikan tampilan yang penuh impresi bagi orang lain yang melihatnya, sehingga mereka dapat ingat selalu. Ingat! Pastikan visual dengan content branding Anda sejalan.

Masukkan pernyataan branding, dari semua hal, pastikan Anda berikan pernyataan branding yang singkat padat dan menarik yang bisa memberikan gambaran singkat tentang siapa dan apa diri Anda.

Bergabunglah dengan grup dan berikan kontribusi. Tidaklah ada gunanya jika Anda membuat akun pada media, jika Anda tidak join dalam komunitas tertentu. Jika begitu, maka itu berarti tujuan Anda melakukan branding akan sia-sia.

Create topik menarik dan tanggapi komentar yang diberikan. Pilihlah topik yang Anda sukai, berikan tanggapan komentar yang Smart dan lakukan dengan tulus untuk memberikan informasi yang berguna bagi komunitas di sosial media tersebut. Gunakan bahasa yang sederhana dan edukatif.

Membangun kredibilitas. Berhati-hatilah terhadap pencitraan yang Anda ingin ciptakan dengan segala tindakan ataupun komentar Anda dalam akun sosial media haruslah sejalan dan lakukan dengan konsisten. Dengan begitu, kredibilitas Anda akan terbentuk dengan sendirinya.

"Anda adalah orang yang bercerita mengenai hidup Anda dan anda bisa menCIPTAKAN LEGENDA Anda sendiri maupun tidak."



Sumber/Referensi:
Catatan penulis saat mengikuti pelatihan pengembangan diri.