Ciri-Ciri Orang Sukses yang Perlu Anda Miliki


BAYUPRADANA.COMCiri-Ciri Orang Sukses yang Perlu Anda Miliki - Bagi sebagian besar dari kita, dalam cara pandang orang awam, cenderung akan melihat bahwa tidak ada hal yang berbeda antara satu individu dengan lainnya, selain ciri fisik dan yang kita sebut dengan istilah "hoki/keberuntungan".

Orang sukses memiliki semua hal yang orang awam miliki, namun orang awam belum tentu memiliki apa yang menjadi spesial dari orang sukses miliki, yaitu: Attitude Sukses dan beberapa hal lainnya sebagai berikut:
  • Keinginan,
  • Komitmen,
  • Tanggung Jawab,
  • Kerja keras,
  • Karakter,
  • Ketekunan,
  • Kebanggaan..

Keinginan
Tanpa keinginan yang menjadi api semangat dalam diri, sangatlah mustahil seseorang bisa menunjukkan kinerja yang baik sehingga memiliki prestasi yang baik. Bagaimana seseorang bisa berhasil jika dalam dirinya terdapat gejolak tidak menyukai apa yang sedang ia lakukan atau perjuangkan?

Contoh:
"Seperti koki Anda sedang memasak di dapur rumah dengan menggunakan api yang sangat kecil. Tentunya apa yang koki tersebut masak akan sulit dan lama untuk matang, atau bahkan masakan tersebut masih ada yang belum matang.

Bisakah Anda bayangkan apa jadinya jika Anda sedang lapar dan masih harus menunggu lama untuk masakan tersebut?"

Prinsip yang sama seperti kondisi dalam aktivitas di dalam pekerjaan Anda. Api kecil seperti halnya keinginan yang lemah tidak akan memberikan hasil yang besar.

Pertanyaannya: Bagaimana dengan Anda? Apa yang menjadi passion Anda?

Komitmen
Ingat! Keberhasilan bukanlah suatu kebetulan ataupun keberuntungan sesaat. Keberhasilan mustahil bisa dicapai tanpa adanya sikap (Attitude) dan tekad untuk maju menghadapi tantangan. Pikiran dan keputusan harus sejalan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Tanggung Jawab
Keberanian dan inisiatif untuk mengambil keputusan penting dan bertanggung jawab sepenuhnya atas segala resiko yang mungkin muncul sebagai akibat dari keputusan dan aksi akan menjadi kunci utama bagi Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari Customer/Rekan bisnis Anda.

Kerja Keras
"No Pain No Gain" Istilah yang tidak asing bagi kita, mudah diucapkan namun dalam pelaksanaannya banyak orang gagal menerapkannya. Mengapa bisa demikian?

Terkadang dari kebanyakan orang sudah cukup berani dalam mengambil keputusan, namun hanya dalam persentase yang kecil sekali sebagian orang berani memberikan pengorbanan yang pantas untuk memperjuangkan hal yang diinginkan. Kerja keras merupakan kata yang mudah diucapkan daripada dilakukan dan hanya orang yang berkemauan kuat yang mampu membayarnya sebagai harga dari suatu kesuksesan.

Karakter
Pribadi yang berkarakter kuat tidak akan membiarkan kritikan kecil mempengaruhi semangat juang dirinya. Pengenalan karakter sangatlah mudah, hal ini bisa dilihat dari tingkah laku dan tindakan dalam keseharian aktivitasnya. Menjadikan diri kita untuk berkarakter akan menjadi tantangan tersendiri. Menjadi diri sendiri dan berlaku jujur terhadap diri akan menjadi perbedaan antara karakter satu pribadi dengan pribadi lainnya.

Ketekunan
Keteguhan hati dalam melihat segala hambatan menjadi suatu tantangan diri sangatlah penting. Hindarilah pemikiran bahwa kesulitan yang dihadapi adalah suatu kemunduran. Sebaliknya, kesulitan dan hambatan haruslah dilihat sebagai kesempatan untuk belajar dan untuk maju menjadi lebih baik.

Kebanggaan
Pada akhirnya, buah dari Kesuksesan akan membawa suatu kebanggaan tersendiri atas pencapaian diri. Namun, haruslah berhati-hati terhadap rasa bangga yang berlebihan justru akan mengotakkan diri untuk tidak berkembang dan menjadi "takabur" untuk melihat segala sesuatunya dengan lebih obyektif.



Sumber/Referensi:
Catatan penulis saat mengikuti pelatihan pengembangan diri.