15 Tips Rasulullah Agar Terhindar Kemiskinan


15 Tips Rasulullah Agar Terhindar Kemiskinan - DALAM banyak hadis, Rasulullah saw menyebut kiat agar Muslimin terhindar dari kemiskinan.

1. Rasulullah bersabda: Bila kalian masuk rumah hendaknya mengucapkan salam kepada penghuni rumah. Bila rumah itu kosong, hendaknya mengucapkan dan membaca surat Al Ikhlas, karena itu mencegah kemiskinan.

2. Mengulang kalimat azan bersama muazin. Ada seorang sahabat mengadukan kemiskinan yang dialaminya, kemudian Rasulullah bersabda: Tirukanlah kalimat-kalimat azan ketika muazin mengucapkannya.

3. Membasuh muka denga air mawar. Rasulullah bersabda: Sesiapa hendak keluar untuk memenuhi kebutuhannya, kemudian ia membasuh mukanya dengan air mawar, maka hajatnya akan dipenuhi dan ia tidak akan ditimpa kemiskinan.

4. Mencuci dua tangan sebelum dan sesudah makan. Rasulullah bersabda: Mencuci tangan sebelum makan mencegah kemiskinan dan mencuci sesudahnya mencegah kesumpekan.

5. Menyisir jenggot setelah berwudu. Rasulullah bersabda: Menyisir jenggot setelah berwudu mencegah kemiskinan.

6. Berperilaku hemat. Rasulullah bersabda: Aku menjamin bahwa orang yang hemat tak akan jatuh miskin.

7. Memakan makanan yang tercecer. Rasulullah bersabda: Sesiapa memungut makanan yang tercecer, lalu memakannya, maka kemiskinan akan menjauh darinya dan anak-anaknya hingga tujuh turunan.

8. Memakai cincin firuz dan akik. Rasulullah bersabda: Orang yang memakai cincin firus tidak akan jatuh miskin. Dalam riwayat lain Rasulullah Saw bersabda, bahwa cincin akik mencegah kemiskinan dan kemunafikan.

9. Membaca seratus kali setiap hari. Rasulullah Saw bersabda: Sesiapa membaca seratus kali setiap hari, maka ia akan mendapat kekayaan, menolak kemiskinan, menutup pintu neraka dan membuka pintu surga.

10. Membaca surat Al Bayyinah. Rasulullah Saw bersabda: Siapa membaca surat Al Bayyinah, tak akan dimasuki keraguan dalam agamanya dan tak akan diuji Allah dengan kemiskinan.

11. Menyisir rambut. Rasulullah bersabda: Menyisir rambut mencegah kemiskinan dan menghilangkan penyakit.

12. Membaca surat Al Waqiah setiap malam.Rasulullah bersabda: Sesiapa membaca surat Al Waqiah setiap malam, tidak akan jatuh miskin selamanya.

13. Menyapu rumah. Rasulullah bersabda: Menyapu rumah menghilangkan kemiskinan.

14. Menyalakan lampu sebelum gelap.Rasulullah bersabda: Menyalakan lampu sebelum matahari tenggelam mencegah kemiskinan.

15. Selalu menjaga wudu. Rasulullah bersabda: Wudhu sebelum dan sesudah makan mencegah kemiskinan dan menambah rezeki. [Inilah]

Demikian 15 Tips Rasulullah Agar Terhindar Kemiskinan. Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa’ala alihi wasallim.

Semoga Allah SWT mudahkan kita dalam segala urusan dunia, berproses, belajar, usaha dan dalam menuju ketaatan melaksanakan perintahNYA serta menjauhi segala laranganNYA.

Senantiasa istiqomah dijalanNYA. Semoga Allah hindarkan kita dari keburukan dunia dan akhirat. Aamiin.