Water Blow Nusa Dua Bali, Wisata Langka di Pulau Dewata

September 08, 2019


Water Blow Nusa Dua Bali - Walau sudah tidak asing lagi dengan wisata alam water blow di Nusa Dua Bali namun sepertinya belum begitu banyak orang tau kali ya ? Wisata di Bali selain karena budayanya terkenal dengan pantainya seperti pantai Kuta sang pemilik sunset, pantai Sanur sang pemilik sunrise dan masih banyak lagi pantai lainnya yang memesona mata.

Water blow Nusa Dua letaknya ya di Nusa Dua, wilayah paling selatan pulau Bali, didalam komplek Bali Tourism Development Corporation (BTDC) tempat dimana hotel mewah berbintang berdiri tegak dan sering kali acara semacam pertemuan antar kepala negara dan delegasinya diadakan disini, pasti semua pada tau ya ?.

Jadi ceritanya pagi hari, minggu, 8 September, aku dan keluarga kecilku, berencana jalan-jalan, rencana ini sudah terucap sejak tadi malam sebelum kami memutuskan hari ini untuk jalan-jalan ke Nusa Dua.

Tujuan utama kami memang ingin berkunjung ke water blow Nusa Dua. Wisata alam langka di pulau Dewata. Menempuh jarak 21 km atau 31 menit dari Denpasar, kami mengendarai sepeda motor melintasi tol Bali Mandara, tol yang berdiri diatas laut bukan ditengah laut, karena terdengar wah gitu ya, sebenarnya berdiri di pesisir laut. Tol laut ini memiliki dua tujuan, yakni menuju Ngurah Rai dan sekitarnya dan menuju Benoa, Nusa Dua jika kita melaju dari arah Denpasar.

Setelah keluar Tol, ambil jalan kiri terus sampai ketemu traffic light, kita bisa ambil jalan arah lurus atau belok arah kiri, bisa juga belok arah kanan. Ketiga jalan ini mengarah ke BTDC. Kalau kami ambil jalan arah kiri nanti akan ketemu bundaran, kami ambil arah luruh agak mengkol (belok) kanan bukan yang beluk arah kanan. Singkat cerita sampailah kami di tempat tujuan.

Panas yang terik tak menyurutkan kami menuju water blow. Dari parkiran motor menuju pantai dan lokasi water blow jaraknya sekitar kurang lebih 200 meter. Berjalanlah kami sambil melihat pemandangan sekitar. Kita bisa menjumpai seperti taman untuk bersantai, toko atau warung makanan dan kanan atau kirinya ada pantai sebelum sampai di tangga gapura atau gerbang menuju water blow. Di depan gerbang masuk menuju water blow, kita akan melihat batu bertuliskan Nusa Dua Peninsula Island, The Garden of Hope.

Ternyata banyak juga pengunjung yang datang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Kebanyakan dari mereka membawa papan seluncur, karena ombak di Pantai Mengiat yang sangat bagus untuk bersurfing ria. Sementara wisatawan lokal seperti kami membawa makanan dan minuman, bekal kami sambil menikmati water blow.

Mungkin belum banyak yang tau ya kalau water blow itu bukan pantai, melainkan batu yang di hempas oleh ombak laut. Kalau nama pantainya itu ada Pantai Geger, Pantai Mengiat, Pantai Samuh, dsb. Pantai yang letaknya di kanan atau kiri jalan menuju water blow tadi.

Sebelum masuk ke kawasan water blow, kita akan berjalan memasuki layaknya gerbang selamat datang. Lalu di dalamnya terdapat padang rumput luas dan beberapa pepohonan, yang di tengahnya terdapat patung Arjuna Krisna dan sekelilingnya terdapat jalur untuk pejalan kaki ataupun mobil khusus bak terbuka untuk mengantar pengunjung berpindah dari satu tempat ke tempat lain, sepertinya itu fasilitas hotel setempat kali ya ?.

Tibalah kami di pintu masuk water blow. Untuk sekarang ini belum ada tiket masuk alias free entry. Setelah masuk, pemandangan water blow akan kita nikmati segera. Kita harus bersabar menunggu momen saat ombak menerjang bebatuan yang akan menciptakan cipratan air ke udara. Karena tidak sering dan tidak setiap cipratannya tinggi menjulang, lebih sering sedang saat kami berada disana. Sambil menunggu water blow, kita bisa menikmati pemandangan sekitar, tidak jauh pantai yang kita lalui menuju water blow tadi terlihat indah dengan pasir putihnya yang bersih dan terjaga. Ya, terjaga, pantai ini berada di bagian belakang hotel, tentu kebersihannya terjaga 24 jam kali ya ?.

Kita juga dapat menikmati water blow dan pantai di sekitarnya dari ketinggian. Ada semacam bangunan yang menyerupai bukit kecil yang dibangung memang untuk tempat melihat keindahan sekitar dari ketinggian. Ya, tidak terlau tinggi namun cukup baik posisi kita memandang keindahan yang terbentang disana.

Oya di pintu masuk dan keluar tadi yang letaknya bersebelahan akan kita dapati mesin minum otomatis. Kita bisa membeli minuman yang tersedia dengan memasukkan sejumlah uang kertas yang rapi yaa. Kita harus mencoba beberapa kali untuk memasukan uang kertas, karena kerapian uang akan memudahkan kita untuk berhasil memasukan uangnya dan bebas memilih air minum yang tinggal pencet akan jatuh dibawah tempat pengambilannya. Jadi sebelum dan sesudah nonton water blow sambil panas-panasan, kita bisa sambil menikmati minuman dingin nan segar.

Jadi, kalau kalian sedang liburan di Bali, sempatkan mampir ke water blow di Nusa Dua ya. Paling tidak penasaran kalian akan terobati dengan sendirinya paska menginjakkan kaki di lokasi water blow dan sekitarnya. Selamat berlibur ya.. Salam.

You Might Also Like

0 Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya. Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya.

I AM

bayu pradana
Blogger Bungsu.

SHARING BLOGGING

Email: bayumedia17@gmail.com